Cara Efektif Membangun Loyalitas Pelanggan Pada Toko Online Anda

Sudah berapa banyak produk yang berhasil anda jual di toko online anda? Jika produk yang terjual di toko online anda sudah cukup banyak, maka selamat, anda sudah selangkah lebih maju.

Namun pertanyaan selanjutnya, berapa banyak konsumen lama yang kembali membeli produk di toko online anda?

Banyak sekali orang yang langsung merasa senang ketika berhasil menjual produk secara online. Namun sayangnya, mereka lupa membina konsumen-konsumen yang sudah pernah membeli produk di toko onlinenya.

Ya, anda memang wajib membangun loyalitas pelanggan karena dengan memiliki pelanggan yang loyal, anda akan lebih mudah memasarkan produk-produk anda di kemudian hari.

Dengan membangun loyalitas pelanggan, anda tidak perlu bingung mencari konsumen baru untuk menawarkan produk baru anda. Namun perlu anda ketahui bahwa proses membangun loyalitas itu harus dilakukan sejak awal.

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan toko online, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di artikel ini.

Membangun Loyalitas Pelanggan

5 Cara Mudah Namun Efektif Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan Pada Toko Online

Jika anda ingin meningkatkan penjualan produk secara online, anda wajib memiliki konsumen yang loyal. Kenapa? Karena dengan adanya konsumen yang loyal, anda tidak akan kesulitan memasarkan produk-produk baru.

Bagi anda yang selama ini belum mulai membangunnya atau mungkin anda belum mengetahui bagaimana caranya, anda bisa melakukannya dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Ingat nama konsumen anda

Hal sederhana pertama yang bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan pada toko online anda adalah dengan cara mengingat nama mereka.

Mayoritas orang merasa dihargai ketika ada orang lain yang memanggil mereka dengan namanya. Oleh sebab itu, pastikan untuk bertanya siapa nama dari konsumen anda.

Pastikan untuk memanggil konsumen anda dengan nama mereka terutama ketika mereka membeli barang lagi dari toko online anda.

  1. Berikan bonus bagi pelanggan anda

Hal kedua yang juga bisa membantu meningkatkan loyalitas pelanggan pada toko online anda adalah dengan cara memberikan bonus kepada mereka.

Ketika anda memberikan bonus, ada baiknya tidak perlu diinformasikan secara langsung kepada konsumen anda. Biarkan hal tersebut menjadi kejutan ketika konsumen anda menerima produk yang anda kirimkan.


Bonus yang anda berikan tidak perlu barang yang setara dengan harga produk yang mereka beli. Anda bisa memberikan bonus berupa produk yang bisa digunakan bersamaan dengan produk yang pelanggan anda beli.

  1. Berikan harga khusus bagi pelanggan anda

Jika anda sudah memiliki beberapa konsumen yang sering membeli produk di toko online anda, anda juga bisa memberikan potongan harga khusus bagi mereka.

Membedakan harga konsumen biasa dengan konsumen yang sudah menjadi pelanggan juga cukup efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan toko online.

Metode ini sudah cukup banyak diterapkan di usaha-usaha konvensional seperti tempat cuci mobil maupun motor dengan cara memberikan kupon gratis cuci setelah anda menggunakan jasa mereka beberapa kali.

  1. Berikan penawaran khusus sebelum anda memajang produk terbaru di toko anda

Setiap orang pasti sangat suka jika diperlakukan sebagai yang paling istimewa. Hal ini juga berlaku bagi konsumen.

Oleh sebab itu, jika anda ingin meningkatkan loyalitas pelanggan, cobalah untuk menawarkan produk baru dengan harga lebih rendah sebelum anda memajang produk tersebut di toko online anda.

Selain memberikan keistimewaan bagi mereka yang sudah menjadi langganan, andapun bisa lebih mudah menjual produk-produk baru bukan?

Baca Juga Artikel :

  1. Berikan pelayanan semaksimal mungkin

Hal terakhir yang juga sangat besar efeknya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan semaksimal mungkin.

Setelah anda mengirimkan barang pesanan konsumen, apakah anda pernah bertanya kepada konsumen mengenai produk yang mereka beli? Apakah anda pernah bertanya apakah konsumen anda sudah menerima barang yang anda kirimkan?

Jika selama ini anda tidak pernah menanyakan hal tersebut, mulai sekarang rutinlah bertanya pada setiap orang yang membeli produk anda mengenai hal-hal tersebut.

Sekarang anda sudah paham bukan tentang bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan toko online? Lakukan cara-cara tersebut secara konsisten jika anda ingin membangunnya terhadap toko online anda.