Cara Dan Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Ke Bank

Terkadang usaha yang kita jalankan mengalami kendala dalam masalah permodalan, misalnya saja saat permintaan pasar sedang naik sedangkan kita kekurangan stok barang, atau kita berencana mengembangkan usaha dengan cara membuka lebih banyak cabang, atau juga sebab pembayaran dari konsumen telat masuk, serta banyak lagi sebab lainnya.

Asalkan alasannya tepat untuk pengembangan bisnis, langkah mengajukan pinjaman ke bank tentu boleh dilakukan. Karena jika tidak begitu kita akan menyia-nyiakan kesempatan. Yang penting harus diperhatikan, pergunakan modal itu untuk hal yang bisa menghasilkan uang lagi, agar kita tidak kesulitan dalam proses pengembaliannya nanti.

Banyak pengusaha yang ahirnya terlilit utang dari akibat penggunaan modal panjaman dari bank yang kurang tepat sasaran, hal tersebut bisa di akibatkan dari kesalahan perhitungan sendiri atau pun sebab lainnya, seperti kurang berhati-hati dalam penggunaan sehingga uang modal lenyap entah kemana. Jika sudah begitu akan sulit untuk kembali normal, karena biasanya kita akan menutupi pinjaman yang macet tersebut dengan pinjaman ke tempat lainnya, dan begitu seterusnya.

Maka pertimbangkan dengan matang sebelum anda benar-benar mengambil langkah untuk mengajukan pinjaman ke bank, karena hal ini bisa menjadi suatu cara untuk meningkatkan keuntungan sekaligus juga bisa menjadi awal dari keterpurukan usaha yang kita jalankan.

Baca juga artikel Jenis Usaha Dagang Dengan Modal Kecil

Jika tekad anda sudah bulat untuk mengajukan kredit usaha ke bank, maka simak ulasan berikut ini mengenai cara dan tips mengajukannya :

Syarat-syarat pengajuan

tips mengajukan pinjaman modal ke bank

Kebanyakan para penyedia kredit usaha seperti bank atau lainnya, menerapkan berbagi syarat dokumen yang harus anda lengkapi terlebih dahulu, seperti Ktp,Npwp,Buku Nikah,Kartu Keluarga,Buku Tabungan,Bukti keluar masuk keuangan perusahaan, dan juga jaminan.

Jika syarat tersebut sudah di miliki, kita bisa menghubungi pihak bank mana yang akan kita pilih untuk memohon pengajuan kredit, umumnya syarat yang di terapkan hampir sama pada setiap lembaga penyedia modal, yang membedakan di antarnya adalah nilai bunga yang nantinya di terapkan pada pinjaman kita, dan juga batas nominal modal yang bisa di berikan sesuai dengan taksiran jaminan.

Advertisement

Baca juga artikel Cara Mencari Modal Usaha Kecil Tanpa Jaminan

Tips Sukses Dalam Pengajuan

Yang penting di perhatikan agar permohonan pengajuan pinjaman di kabulkan oleh bank diantaranya adalah, kita harus bisa menujukan bahwa anda adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengembalikan uang tersebut, caranya dengan :

  • Menunjukan Laporan Keuangan

Sangat penting untuk melampirkan berbagai slip atau nota pembelian bahan, atau pembelian stok barang, dan juga nota penjualan kepada konsumen. Akan lebih baik juga jika di sertai dengan laporan pembukuan yang jelas dan jujur, sehingga pihak bank bisa menilai apakah keuangan bisnis kita sanggup untuk menanggung beban cicilan pinjaman nantinya.

  • Buku Tabungan

Laporan keuangan di atas akan di perkuat dengan bukti keluar masuk uang di rekening tabungan yang anda pergunakan sebagai keuangan perusahaan. Bisnis yang sehat tentunya memiliki perputaran uang yang baik dan itu bisa di ketahui bank dari transaksi di buku tabungan.

Maka sebaiknya sedari awal usaha kita harus membiasakan menyimpan keuangan di rekening bank, karena ini merupakan poin yang cukup penting untuk mendapatkan penilaian yang positif saat akan mengajukan pinjaman.

  • Track Record Yang Baik

Bank atau penyedia kredit usaha lainnya dapat mengetahui nasabahnya jika memiliki track record atau riwayat pinjaman yang buruk sebelumnya, misalnya saja jika kita memiliki kredit macet,tunggakan kartu kredit,KTA,KPR dan sebagainya.

Selain itu jika anda sudah memiliki pinjaman lainnya yang sedang berjalan, akan di jadikan pertimbangan oleh pihak bank apakah total keseluruhan cicilan anda masih bisa terpenuhi, umumya patokan mereka total cicilan perbulan anda tidak lebih dari 30% pendapatan yang dihasilkan.

  • Ajukan Pada Beberapa Bank

Agar lebih berpeluang besar untuk mendapatkan pinjaman, ada baiknya mengajukan kepada beberapa bank atau penyedia kredit usaha lainnya. Selain untuk pertimbangan nilai bunga pinjaman, jika permohonan pinjaman tidak disetujui kita masih ada kesempatan dari pihak lainnya.

Baca juga artikel Modal Yang Harus Dimiliki Pebisnis Selain Uang