Cara Budidaya Ikan Koi Agar Bisa Menguntungkan

Koi, jenis ikan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa nama koi berasal dari bahasa Jepang yakni nishikigoi yang memiliki arti ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Koi juga merupakan simbol cinta dan juga persahabatan karena kata koi memiliki homofon yang juga berarti cinta atau kasih sayang dalam bahasa Jepang. Ikan koi memang sangat populer untuk dijadikan sebagai ikan hias karena jenis ikan ini memiliki ornamen sisik yang sangat indah.

Selain disukai karena keindahan fisiknya, ternyata ikan koi juga populer dijadikan sebagai hewan peliharaan karena ada banyak orang yang mempercayai bahwa ikan koi bisa mendatangkan keberuntungan.

Ikan koi sendiri dikenal sebagai jenis ikan hias air tawar yang harganya cukup mahal sehingga bisa dijadikan sebagai sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk melakukan budidaya ikan koi agar memperoleh keuntungan besar, jika Anda tertarik melakukannya, berikut ini akan kami ulas cara budidaya ikan koi agar bisa menguntungkan.

Cara Budidaya Ikan Koi

Langkah Membudidayakan Ikan Koi

Menyiapkan Media Budidaya

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum melakukan budidaya koi adalah menyiapkan media budidayanya terlebih dahulu, Anda bisa membuat kolam semen atau kolam beton dengan ukuran paling tidak 3 x 5 meter dengan kedalaman sekitar 150 cm. Anda bisa melengkapi kolam dengan aerator dan filter dengan tujuan untuk menambah kadar oksigen dan juga menjaga kualitas air.

Beberapa peternak ada juga yang menggunakan media kolam terpal untuk membudidayakan ikan koi. Bahkan dengan menggunakan media ini, ada yang menyebut lebih memiliki beberapa kelebihan. Seperti diantaranya, modal yang diperlukan lebih sedikit, suhu air bisa lebih stabil, pemanenan lebih mudah dan juga lebih aman dari serangan hama dan penyakit.

Memilih Benih Ikan Koi

Hal berikutnya yang juga harus dilakukan dalam usaha budidaya ikan koi adalah memilih benih ikan koi, tentu saja Anda harus memilih benih ikan koi yang berkualitas agar proses pertumbuhannya cepat. Benih ikan koi yang layak untuk dibudidayakan adalah yang usianya telah menginjak satu bulan, Anda bisa memilih benih ikan yang warnanya cerah, tidak memiliki cacat fisik, serta gerakannya lincah.


Selain beberapa faktor di atas, kita juga sebaiknya memilih benih ikan koi dari keturunan indukan yang unggul, sehingga nantinya ikan yang kita pelihara memiliki kualitas yang baik mendekati indukannya.

Penebaran Benih

Setelah mendapatkan benih ikan koi, Anda tidak boleh langsung memasukkannya ke dalam kolam. Benih ikan koi ditebar dengan cara aklimasi yakni dengan memasukkan plastik berisi benih ikannya ke dalam air kolam selama 10 hingga 15 menit agar ikan bisa beradaptasi dengan suhu kolam, setelah itu bukalah ikatan plastik dan biarkan benih ikan koi keluar dari plastik dengan sendirinya.

Pemeliharaan Ikan Koi

Langkah keempat yang harus dilakukan dalam budidaya ikan koi adalah proses pemeliharaan yang mana akan menentukan keberhasilan budidaya. Anda harus melakukan pengecekan terhadap kondisi air dan segera menggantinya jika air sudah terlihat keruh, pastikanlah suhu air berada di kisaran 22 hingga 25 derajat celcius, selain itu berilah pakan berupa pelet dengan kandungan protein tinggi.

Makanan ikan koi berupa pelet disarankan memiliki kandungan protein minimal 30 persen dan kandungan lemaknya tidak lebih dari 5 persen. Umumnya kandungan nutrisi lengkap dapat kita lihat pada label luar kemasan pelet.

Ada yang menyarankan peberian pakan pada ikan koi lebih baik dengan proses merendam pelet terlebih dahulu selama kurang lebih 1 menit. Proses ini dipercaya dapat menjaga keamanan organ pencernaan ikan koi agar terhindar dari resiko tersumbatnya saluran cerna.

Baca Juga Artikel :

Pemanenan Ikan Koi

Hal terakhir yang harus dilakukan dalam usaha budidaya ikan koi adalah pemanenan yang mana merupakan saat yang paling ditunggu. Pada umumnya ikan koi sudah bisa dipanen pada saat usianya menginjak 3 hingga 5 bulan setelah ditebar ke kolam, namun tentu saja Anda harus mengambil ikan koi dari kolam secara perlahan dan hati-hati agar ikan tidak stres dan tidak mengalami luka di tubuhnya.

Meski begitu, memanen ikan koi tidak dapat dilakukan sekaligus dalam satu waktu. Pasalnya pertumbuhan ukuran badan ikan tidak akan berlangsung dengan seragam. Di pasaran harga jual ikan koi juga sangat di pengaruhi faktor ukuran, sehingga kita harus bisa memperkirakan saat tepat untuk memanennya berdasarkan harga jual.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan usaha budidaya ikan koi, maka tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa cara sederhana di atas.