Cara Bijak Berhemat Pengeluaran Bulanan

Pernahkan anda merasa biaya pengeluaran bulanan terasa begitu besar, bahkan hingga penghasilan tidak sanggup lagi untuk memenuhinya. Bisa jadi hal itu diakibatkan dari kurangnya menejemen pengeluaran yang kita terapkan, sehingga tidak terasa banyak pengeluaran untuk membiayai keperluan yang kurang begitu diperlukan.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah terapkan pola berhemat pada biaya pengeluaran setiap hari, terlebih jika kita masih dalam tahap merintis usaha ataupun bekerja. Karena pada tahap ini umumnya penghasilan atau gaji bulanan yang kita dapatkan belum begitu besar, maka jalan satu-satunya adalah menyesuaikan pengeluaran dengan penghasilan yang kita dapatkan agar kondisi keuangan kita tetap terjaga.

Namun bukan berarti jika telah memiliki penghasilan yang besar kita tidak perlu melakukan langkah penghematan, sebaiknya tetap secara bijak kita mengatur pengeluaran, mana yang benar-benar di butuhkan dan mana yang kurang di butuhkan, Sebabnya perencanaan keuangan untuk masa depan harus kita perhitungkan.

Baca juga kiat merencanakan tabungan keuangan untuk masa depan

Berikut ini beberapa tips dan cara berhemat yang bisa kita terapkan :

1. Rubah Gaya Hidup

Jika kita merasa gaya hidup yang kita jalankan sudah benar sebaiknya lakukan evaluasi kembali, apakah benar-benar telah dilakukan dengan maksimal. Merubah disini bukan berarti kita harus hidup “bersusah-susahan”, namun kita harus tinggalkan pola hidup konsumtif, yang berdasarkan gengsi, hobi yang tidak sesuai dan lain sebagainya.

cara bijak berhemat

Contoh kecil misalnya, perlukah kita meminum kopi di cafe setiap hari sambil ngobrol bersama rekan kerja, sementara hal itu bisa di lakukan di rumah sambil berkumpul juga. Atau, pantaskah jika kita hobi mengkoleksi barang mewah sementara uang yang dipakai untuk membelinya adalah hasil dari kredit pinjaman. Lalu, apakah pantas kita membelikan gadget berspesifikasi tinggi untuk anak yang masih di kelas SD, hanya karena gengsi oleh teman-temannya, sedangkan kita tahu gadget tersebut hanya akan di gunakan bermain game.

Advertisement

Gaya hidup seperti ini yang harus kita hindari dan lakukan langkah yang bijak dalam berhemat dengan cara membeli sesuatu sesuai dengan keperluan dan peruntukannya.

2. Kartu Kredit ?

Kebanyakan orang membuat kartu kredit adalah untuk membantu mendapatkan tambahan keuangan yang dapat di pergunakan dengan bebas, ini adalah kurang tepat. Jika membuat kartu kredit untuk mempermudah mengatur pembelanjaan sehingga bisa dibayarkan sekaligus perbulan, barulah itu langkah yang tepat.

Namun jika ingin melakukan hal ini terlebih dahulu poin pertama harus sukses anda laksanakan, karena seringkali dengan memiliki kartu kredit gengsi kita semakin bertambah karena berbagai kemudahan yang di tawarkan.

3.  Catat Pendapatan Dan Rencanakan Pengeluaran

Seringkali tidak terasa pendapatan yang kita miliki tidak mencukupi biaya pengeluaran pokok akibat kurangnya perencanaan. Maka buatlah terlebih dahulu rencana pengeluaran dengan berdasarkan pendapatan yang ada, jangan sampai selalu menggunakan uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan yang jauh melewati pendapatan, sebab jika hal itu terus berlangsung, akan dapat mengancam kondisi keuangan anda.

4. Evaluasi Biaya Rutinan

Pernahkan kita memeriksa kembali penggunaan alat-alat yang ada di rumah sudah digunakan sesuai dengan keperluannya, misalnya saja televisi tetap menyala meski tidak ada penontonnya, banyak waktu di habiskan untuk menelefon rekan membicarakan hal yang tidak ada gunanya. dan lain sebagainya.

Hal ini penting untuk di perhatikan karena membayar listrik, biaya telefon dan lain-lain sifatnya rutin di lakukan, meski nilai penghematannya akan kecil, namun jika di kalikan berhari-hari, angkanya akan cukup besar mencengangkan.

5. Belanja Sesuai Dengan Kebutuhan

Sering kali dalam berbelanja terutama di swalayan kita mengambil barang yang tidak sama sekali direncanakan untuk di beli sebelumnya, Padahal belum tentu barang yang di beli tersebut benar-benar di butuhkan. Agar tidak terjadi ada baiknya buat catatan daftar barang yang akan di beli sebelumnya, dan jika memungkinkan lakukan belanja secara sekaligus untuk jangka waktu beberapa minggu atau bulan, untuk mengurangi frekuensi mendatangi swalayan.

Demikian beberapa tips yang bisa diterapkan agar kita memiliki cara untuk berhemat dengan bijak. Semoga bisa menginspirasi kita semua…

Baca juga artikel 3 langkah penting untuk meningkatkan omset penjualan