Cara Berjualan Online di Shopee Lengkap Untuk Pemula

Shopee memang merupakan marketplace baru. Namun meskipun jauh lebih muda dibandingkan dengan yang lain seperti Bukalapak dan Tokopedia, Shopee terbukti kini menjadi semakin populer. Karena popularitasnya yang bisa dikatakan melebihi marketplace lain, tak heran jika banyak sekali penjual online yang ramai-ramai menjual produknya di Shopee.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda tidak ingin mencoba berjualan online di Shopee? Apakah anda hanya akan melewatkan kesempatan emas dari Shopee?

Bagi yang belum menjadi penjual di Shopee karena belum paham mengenai cara berjualan di marketplace ini atau untuk anda yang pemula, anda bisa mempelajari cara berjualan online di Shopee secara lengkap di artikel ini.

Langkah-Langkah Mulai Berjualan Online di Shopee

Cara Berjualan Online di Shopee

Sebenarnya cara berjualan online di Shopee sangatlah mudah, bahkan dapat dengan mudah diikuti oleh para pemula. Prosesnya sebenarnya hampir sama seperti di Bukalapak maupun Tokopedia.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai langkah-langkah untuk mendaftar menjadi penjual di Shopee:

  • Membuat akun Shopee

Sebelum bisa membuka toko online di Shopee, anda wajib membuat akun terlebih dahulu. Proses pembuatan akun di Shopee juga cukup sederhana. Untuk membuat akun di Shopee, anda harus memiliki alamat email aktif dan juga nomor handphone. 2 hal tersebut akan selalu anda butuhkan, terutama ketika anda ingin menjual barang secara online.

  • Membuka toko

Setelah anda memiliki akun di Shopee, anda bisa mulai membuka toko dengan memilih menu khusus yang tersedia di dalam akun anda. Anda diwajibkan mengisi beberapa macam informasi mengenai toko online mulai dari nama toko dan deskripsi singkat mengenai toko online anda. Selain itu, anda juga disarankan untuk mengunggah foto profil untuk toko online anda.

  • Mengunggah produk

Jika anda sudah membuat toko online, selanjutnya anda bisa mulai mengunggah beberapa foto produk yang ingin anda jual di Shopee.

Dalam mengunggah foto produk ini, anda bisa menggunakan fitur mass upload. Fitur tersebut adalah fitur yang memudahkan anda mengunggah beberapa foto produk sekaligus.

  • Mulai promosikan produk anda

Setelah anda mengunggah foto produk, mengisi deskripsi produk, menentukan harga jual produk, selanjutnya anda bisa mulai mempromosikan produk anda. Shopee memberikan kesempatan untuk setiap penjual untuk mempromosikan 5 produk sekaligus dalam durasi 4 jam sekali.

Strategi Berjualan Online di Shopee Bagi Pemula

Anda sudah mengetahui bukan bagaimana cara berjualan online di Shopee? Sekarang anda juga perlu mempelajari lebih lanjut mengenai strategi agar toko online anda bisa segera mendapatkan konsumen pertama.

Cara berjualan online di Shopee itu sangatlah mudah, yang sulit adalah mendapatkan konsumen pertama. Pasalnya, ada banyak sekali penjual baru di Shopee setiap harinya. Namun tidak semua penjual baru tersebut mendapatkan pembeli pertama.

Bagi anda yang ingin segera bisa mendapatkan konsumen pertama setelah membuka toko online di Shopee, anda bisa mempratekkan strategi berjualan online berikut ini:

  • Segera aktifkan fitur gratis ongkir

Salah satu strategi berjualan online di Shopee yang sangat efektif untuk mendatangkan pembeli pertama adalah fitur gratis ongkir.


Pasalnya, dengan adanya fitur gratis ongkir, konsumen tidak akan merasa terbebani lagi ketika belanja online. Menariknya lagi, fitur gratis ongkir di Shopee ini baru bisa didapatkan oleh pembeli dengan syarat minimal pembelian.

Jadi selain konsumen untung, anda sebagai penjual juga akan mendapatkan keuntungan karena omset penjualan akan semakin meningkat dengan adanya fitur gratis ongkir tersebut.

  • Perbanyak produk

Salah satu penyebab kenapa penjual baru di Shopee sangat kesulitan mendapatkan konsumen pertama adalah karena jumlah produk yang dijual masih sangat sedikit. Jika produk yang anda jual hanya ada 2 macam, kemungkinan untuk mendapatkan pembeli jelas sangat kecil. Semakin banyak jenis barang yang anda jual, maka akan semakin cepat anda mendapatkan konsumen pertama.

  • Perbanyak jumlah follower toko

Shopee memiliki fitur follower seperti pada Instagram. Jumlah follower toko online di Shopee ini juga sedikit banyak mempengaruhi jumlah konsumen anda. Kenapa? Karena setiap follower toko online anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali anda mengunggah produk baru.

Oleh sebab itu, salah satu strategi berjualan online di Shopee yang cukup efektif bagi pemula adalah dengan memperbanyak jumlah follower toko online.

Lalu bagaimana cara meningkatkan jumlah follower toko online anda? Caranya cukup sederhana. Anda hanya perlu follow terlebih dahulu akun toko online lain di Shopee.

  • Ikuti program khusus dari Shopee

Gratis ongkir baru satu macam program khusus yang dimiliki oleh Shopee. Sebenarnya masih ada banyak sekali program khusus dari Shopee yang bisa membantu meningkatkan omset penjual.

Salah satu program khusus yang wajib segera anda ikuti adalah flash sale. Program khusus tersebut memang tidak bisa diikuti oleh semua toko online, namun jika sampai anda bisa mengikuti program tersebut, kemungkinan besar anda akan semakin cepat mendapatkan konsumen pertama.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara mengikuti program flash sale di Shopee, anda bisa membacanya lebih lanjut di artikel berjudul Flash Sale Shopee, Program Khusus Untuk Tingkatkan Omset Penjualan Seller.

  • Pilih produk yang banyak dicari pembeli

Cara berjualan online di Shopee yang juga sangat efektif untuk mendapatkan konsumen pertama adalah dengan memilih produk yang banyak dicari pembeli.

Dengan menjual produk yang banyak dicari orang, memang anda harus bersaing dengan penjual lain. Namun jika harga yang anda tawarkan cukup murah, kemungkinan anda bisa memenangkan persaingan dan juga segera mendapatkan pembeli pertama. Jika anda sudah berhasil mendapatkan pembeli pertama dan penjualan mulai meningkat, anda juga perlu segera menerapkan cara yang jauh lebih efektif lagi.

Cara berjualan online yang lebih efektif lagi di Shopee adalah dengan menjadi Star Seller. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Star Seller, anda bisa membacanya lebih lanjut di artikel berjudul Cara Menjadi Star Seller Shopee dan Keuntungannya Bagi Penjual.

Baca Juga Cara Cepat Dapat Uang Dengan Berjualan Di Internet

Bila anda bisa menerapkan semua cara berjualan yang sudah dibahas di artikel ini, sebenarnya anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa mendapatkan konsumen pertama di Shopee. Lalu kapan anda akan mulai mencoba mempratekkan berbagai cara yang sudah dibahas di artikel ini?