Cara Berjualan Online di Etsy dari Persiapan Sampai Siap Jualan

Di jaman sekarang, anda tidak hanya bisa menjual barang secara online di marketplace lokal saja. Anda juga bisa menjual berbagai macam barang di marketplace luar negeri.

Salah satu marketplace luar negeri yang cukup ramai pembeli adalah Etsy. Sudah pernahkah anda mendengar tentang Etsy sebelumnya? Mau tau lebih banyak mengenai bagaimana cara berjualan online di Etsy tersebut?

Jika anda tertarik untuk mencoba berjualan di Etsy, anda sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara berjualan online di Etsy selengkapnya di artikel ini. Pasalnya, proses jual beli di Etsy sangat berbeda jauh dengan marketplace lokal seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee.

Syarat yang Perlu Anda Penuhi Agar Bisa Jualan Online di Etsy

Cara Berjualan Online di Etsy

Ya, berjualan online di Etsy memang sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Hal tersebut dikarenakan Etsy merupakan platform jual beli internasional. Karena kebanyakan pembeli yang datang ke situs Etsy dari berbagai negara, secara otomatis prosedur untuk menjadi penjual di Etsy juga lebih ketat.

Sebelum anda mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana cara berjualan online di Etsy, ada baiknya anda persiapkan terlebih dahulu beberapa syarat menjadi penjual di Etsy berikut ini:

  • Memiliki kartu kredit berlogo Visa

Setiap orang yang ingin mulai menjual barang secara online di Etsy diwajibkan untuk memiliki kartu kredit. Kartu kredit yang dibutuhkan adalah kartu kredit yang bisa digunakan untuk bertransaksi internasional.

Umumnya kartu kredit yang paling disarankan adalah kartu kredit yang memiliki logo Visa. Hampir semua bank lokal menyediakan kartu kredit berlogo Visa.

Kenapa anda diwajibkan untuk memiliki kartu kredit yang bisa digunakan untuk transaksi internasional? Setiap orang yang ingin menjual barang di Etsy diwajibkan memiliki kartu kredit untuk transaksi internasional untuk proses pembayaran biaya listing produk dan juga untuk penarikan dana di akun Etsy anda.

  • Memiliki akun Paypal yang sudah terverifikasi

Selain kartu kredit yang bisa digunakan untuk transaksi internasional, anda yang ingin mencoba berjualan produk di Etsy juga wajib memiliki akun Paypal.

Akun Paypal yang dibutuhkan bukan akun Paypal biasa. Namun anda wajib memiliki akun Paypal yang sudah terverifikasi.

Untuk melakukan verifikasi akun Paypal, anda membutuhkan kartu kredit yang bisa digunakan untuk transaksi internasional. Jika anda ingin menjadi penjual di Etsy, sangat tidak disarankan untuk melakukan verifikasi akun Paypal dengan menggunakan VCC atau virtual credit card.

  • Alamat email aktif

Selain kartu kredit dan juga akun Paypal, anda juga wajib memiliki alamat email aktif untuk bisa menjadi penjual di Etsy. Email nantinya akan menjadi salah satu alat komunikasi paling utama ketika anda menjual produk di Etsy. Setiap kali ada pembeli, Etsy akan memberikan informasi secara langsung melalui email.

Macam-Macam Fee yang Harus Anda Bayar Ketika Berjualan Online di Etsy

Sebelum melangkah kedalam pembahasan lainnya, anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa berjualan online di Etsy itu tidak gratis. Ada beberapa macam fee yang harus anda bayar untuk bisa berjualan online di Etsy. Namun demikian, biaya tersebut terbilang sangatlah murah.

Berikut ini adalah beberapa macam fee yang harus anda bayar untuk bisa berjualan di Etsy:

  • Fee listing

Etsy menarik biaya listing per produk sebesar $0,02. Dengan membayar fee listing tersebut, satu produk anda akan terus menerus diiklankan selama maksimal 4 bulan atau sampai produk anda habis terjual. Jika produk anda sudah habis terjual sebelum 4 bulan, maka anda diwajibkan untuk membayar fee listing kembali.

  • Fee komisi

Selain fee listing, Etsy juga menarik fee komisi dari setiap produk yang terjual. Besarnya fee komisi yang harus anda bayarkan untuk setiap produk yang terjual adalah sebesar 3,5% dari harga produk.

Jadi misalkan anda menjual produk seharga $10, maka komisi yang harus anda bayarkan kepada Etsy adalah sebesar $0,35. Fee komisi ini akan secara otomatis dipotong dari saldo akun anda.


  • Fee penarikan dana kedalam akun Paypal

Fee terakhir yang harus anda bayar ketika jualan online di Etsy adalah fee penarikan dana kedalam akun Paypal anda. Fee ini bukan merupakan fee dari Etsy melainkan fee dari Paypal.

4 Cara Sukses Berjualan Online di Marketplace Luar Negeri, Etsy

Etsy dengan marketplace lokal seperti Bukalapak, Shopee, maupun Tokopedia memang memiliki perbedaaan cara berjualan yang berbeda jauh.

Dari syaratnya saja, berjualan online di marketplace luar negeri dan marketplace dalam negeri sudah terlihat perbedaannya. Namun demikian, anda bisa mendapatkan margin keuntungan yang jauh lebih besar jika bisa menjual barang secara online di marketplace internasional.

Lalu bagaimana cara berjualan online di Etsy ? Berikut ini adalah 5 cara berjualan online yang bisa anda terapkan di marketplace Etsy:

  • Pemilihan produk

Etsy itu berbeda jauh dengan marketplace lokal. Oleh sebab itu, produk yang dijual juga berbeda jauh. Jika anda bisa menjual apapun di marketplace lokal, hal tersebut jelas tidak bisa anda lakukan di Etsy.

Etsy hanya menerima listing produk-produk hasil buatan anda sendiri (setidaknya tampak seperti produk buatan tangan, bukan buatan pabrik). Oleh sebab itu, jangan sampai anda menjual produk-produk seperti pakaian jadi yang anda beli di supplier.

Mayoritas produk yang laku keras di Etsy adalah seperti perhiasan handmade, berbagai macam busana handmade, dekorasi rumah handmade, dan juga bahan-bahan kerajinan tangan.

  • Penggunaan foto yang menarik

Berjualan di Etsy memang tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya, pangsa pasar Etsy adalah orang-orang luar negeri yang notabene jauh lebih maju. Oleh sebab itu, mereka tidak mudah tertarik dengan produk yang anda tawarkan jika foto produknya tidak menjual sama sekali.

Jadi cara berjualan di Etsy kedua yang wajib anda perhatikan adalah pada bagian foto produk. Buatlah foto produk sebaik mungkin tapi jangan melakukan editing yang terlalu ekstrim.

Sebisa mungkin buatlah gambar produk senyata mungkin, terutama dalam hal pencahayaan. Selain itu, jangan pernah mengambil foto dari Google untuk diunggah sebagai foto produk anda.

  • Menetapkan harga produk yang wajar

Sekali lagi, pangsa pasar Etsy itu adalah orang-orang luar negeri yang jauh lebih maju. Oleh sebab itu, anda yang ingin berjualan di Etsy juga harus berhati-hati dalam menetapkan harga produk. Menjual produk dengan harga yang tidak wajar bukanlah cara yang menguntungkan di Etsy.

Berjualan di Etsy bukan dengan cara perang harga. Kenapa? Karena mayoritas calon pembeli sudah sangat pandai membedakan mana produk yang berkualitas dan mana yang bukan dengan melihat harga jualnya.

Jadi untuk urusan harga produk, pastikan untuk menjual produk anda dengan harga sewajarnya. Bagi anda yang ingin menjual produk buatan sendiri dan masih bingung menentukan harga jual produk, anda bisa membaca cara menghitung harga jual produk yang wajar melalui artikel berjudul Tips Menentukan Harga Jual Produk di Etsy.

  • Melakukan promosi toko online anda

Etsy memang setiap hari didatangi oleh banyak calon pembeli. Namun demikian, ada banyak sekali orang yang juga menjual produknya secara online di Etsy. Oleh sebab itu, jika anda ingin cepat-cepat mendapatkan pembeli, ada baiknya anda juga melakukan promosi.

Melakukan promosi juga termasuk salah satu berjualan online yang tidak hanya dapat meningkatkan penjualan produk, namun hal tersebut juga dapat melambungkan brand anda di mata konsumen lain.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara melakukan promosi toko online Etsy yang anda miliki, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di artikel berjudul Cara Mempromosikan Produk yang Anda Jual Secara Online di Etsy.

Baca Juga Trik Lihai Berjualan Online Dengan Sistem Dropship di Tokopedia

Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya cara berjualan online di marketplace luar negeri seperti Etsy itu? Lalu kapan anda akan mulai mempraktekkan semua cara yang sudah dibahas di artikel ini? Jika anda sudah mulai berpraktek, jangan mudah putus asa ya. Ingat selalu bahwa tidak ada yang instan.