Cara Beli di App Store dengan DANA

Bagi anda pengguna produk Apple seperti Mac, iPad dan iPhone sekarang bisa lebih mudah untuk menikmati layanan yang disediakan oleh Apple. Diantaranya adalah pembelian item di App Store, iTunes, iCloud, Apple Books dan lain sebagainya.

Kini pengguna Apple bisa membayar item incaran atau tontonan kesukaan dengan sangat mudah melalui eWallet (dompet digital) DANA. Sistem pembayaran digital tersebut sangat berguna bagi pemakai gadget buatan Apple tapi tidak memiliki kartu kredit atau kartu debit yang support oleh ID Apple.

Kita semua tahu bahwa untuk membeli di layanan Apple semua pengguna diharuskan untuk memiliki ID Apple, termasuk untuk melakukan pembayaran. Dan salah satu kelemahan sistem pembayaran layanan Apple adalah tidak didukungnya beberapa bank untuk melakukan pembayaran via kartu debit (terutama di Indonesia: sebelum adanya DANA, pembayaran hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit dan beberapa kartu debit saja).

Nah, dalam artikel ini kita akan berbagi cara bagaimana beli di App Store dengan DANA (termasuk juga untuk layanan Apple yang lain). Pertama kali yang harus kita lakukan tentu saja adalah menghubungkan ID Apple yang kita miliki dengan dompet digital DANA.

Disini kita berarti membutuhkan dua akun, pertama adalah ID Apple dan juga akun dompet digital DANA. Bagi anda yang belum membuat ID Apple anda bisa membuatnya dengan mudah baik via App Store dari ponsel ataupun via komputer. ID Apple ini bisa dibuat dengan gratis.

Tak kalah penting adalah aplikasi DANA itu sendiri. Anda bisa download aplikasi DANA via App Store. Aplikasi ini support untuk perangkat jenis iPhone, iPad dan iPod touch serta sudah terinstal perangkat lunak iOS versi 10.0.0 atau yang lebih baru.


Tentu saja aplikasi DANA bisa didownload dan di instal di perangkat seperti yang disebutkan secara gratis. Jika sudah berhasil terpasang di perangkat, langkah selanjutnya anda bisa membuat akun.

Setelah keduanya siap, agar bisa beli di App Store dengan DANA langkah selanjutnya adalah menghubungkan ID Apple dengan DANA. Berikut Caranya.

Cara Menghubungkan ID Apple dan Dana

  1. Pastikan anda sudah login di aplikasi DANA
  2. Di perangkat masing-masing silahkan cari menu Pengaturan, ketuk ID Apple / Apple ID.
  3. Pilih menu Pembayaran & Pengiriman. Ada dua opsi pembayaran dan pilih DANA. 
  4. Pilih Masuk ke DANA
  5. Secara otomatis anda akan dialihkan ke aplikasi DANA dan proses penghubungan tersebut akan dilakukan secara otomatis.
  6. Tunggu SMS verifikasi dari pihak DANA. Jika berhasil maka anda akan mendapatkan klarifikasi bahwa DANA sudah terhubung dengan ID Apple.
  7. Langkah selanjutnya anda sudah bisa beli di App Store (atau layanan Apple lainnya) dengan sangat simpel menggunakan sumber saldo yang ada di akun DANA.

Untuk top up saldo DANA sendiri juga terbilang sangat mudah karena bisa dilakukan melalui beberapa cara:

  • Via ATM (BRI, BCA, BNI, CIMB Niaga, Mandiri, BTN, OCBC, Panin)
  • Minimarket (Indomaret, Alfamart, AlfaMidi)
  • M-Banking
  • Internet Banking

Memiliki dompet digital di jaman digital seperti sekarang ini cukup penting. Dan salah satu dompet digital terkemuka di Indoneisa adalah DANA. Kita bisa berbelanja di ribuan merchant partner, bayar tagihan apa saja, transfer saldo, dan melakukan pembayaran cashless lainnya.

Mulai sekarang anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menikmati semua layanan yang ditawarkan oleh Apple, karena cara bayarnya sudah sangat mudah. Oh ya janga lewatkan promo dan diskon pembelian aplikasi atau layanan lainnya dari Apple dengan membayar pakai DANA.