Panduan Lengkap Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa udang merupakan salah satu sumber protein yang sangat populer, pasalnya udang memang memiliki kandungan protein yang begitu tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa udang terdiri dari berbagai jenis, salah satumya adalah udang air tawar.

Sesuai dengan namanya, jenis udang yang satu ini tidak hidup di air asin atau air laut seperti kebanyakan jenis udang yang lain, namun udang air tawar bisa hidup di air yang tawar.

Sekarang ini udang air tawar menjadi salah satu komoditas hasil budidaya yang diminati oleh pasaran di mana konsumsi udang air tawar juga terus mengalami peningkatan secara signifikan.

Udang air tawar sendiri biasanya sering Anda temukan di daftar menu rumah makan mulai dari warung kaki lima hingga restoran bintang lima.

Permintaan terhadap udang air tawar yang tinggi seringkali tidak di imbangi dengan jumlah pasokan udang yang memadai sehingga bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk membudidayakan udang air tawar.

Baca Juga 5 Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Yang Menguntungkan

Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Langkah Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

Persiapan Media Aquarium

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan untuk membudidayakan udang air tawar adalah mempersiapkan media budidayanya yakni berupa akuarium.

Selain membuat akuarium sendiri, Anda juga bisa membeli akuarium yang sudah jadi jika ingin lebih praktis.

Anda bebas memilih ukuran akuarium, misalnya saja berukuran panjang 1 meter lebar 50 centimeter dan tinggi 30 centimeter. Dengan ukuran tersebut kurang lebih dapat menampung udang hingga 10 ekor.

Pilihlah akuarium dengan kaca yang tebal agar lebih kokoh dan tidak mudah pecah sehingga awet digunakan untuk jangka panjang.

Sedangkan untuk air yang di gunakan sebaiknya memiliki nilai pH sekitar 6-7 serta suhu air berkisar 25 sampai 27 derajat celcius. Jangan lupa juga gunakan pompa dan filter agar ketersedian oksigen dalam akuarium tetap terjaga serta air tidak mudah keruh.

Pemilihan Bibit Udang

Hal berikutnya yang juga harus Anda lakukan adalah memilih bibit udang air tawar, Anda harus memastikan bahwa bibit yang digunakan adalah bibit yang berkualitas agar dapat tumbuh dengan maksimal.

Anda bisa memilih bibit udang air tawar yang warna kulitnya cerah tidak kusam, aktif bergerak, serta tidak memiliki cacat fisik.

Selain itu sebaiknya Anda juga harus memilih bibit yang ukurannya seragam agar tidak terjadi perebutan pakan yang dapat menghambat pertumbuhan udang yang berukuran lebih kecil.

Pemeliharaan Udang Air Tawar

Seperti yang Anda ketahui bahwa pemeliharaan menjadi proses yang paling penting dan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam budidaya udang air tawar.

Anda bisa memberikan pakan berupa pelet sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi dan sore, sebaiknya Anda tidak terlambat dalam memberi makan. Selain itu Anda juga harus mengganti airnya jika keadaan air sudah tampak kotor.

Makanan lain yang bisa di berikan kepada udang diantaranya seperti ketela pohon, jagung, serta beberapa macam sayuran. Pemberian makanan lain seperti ini berguna untuk menekan biaya pemberian pakan pelet.

Panen Udang Air Tawar

Udang air tawar memiliki masa panen yang tidak terlalu lama di mana Anda sudah bisa memanennya setelah mencapai usia 6 bulan hingga 8 bulan, atau ada juga yang berpatokan dengan berat udang dimana dalam satu kilogram berisi 10 hingga 12 ekor udang.

Proses pemanenan bisa Anda lakukan dengan mengambil udang air tawar menggunakan tangan atau seser kecil dan memasukannya ke dalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya.

Umumnya wadah yang digunakan berupa styrofoam yang di isi dengan es batu agar udang didalamnya tetap awet sampai tempat tujuan. Anda bisa menyortir udang berdasarkan ukurannya dan memisahkan udang berdasarkan kualitasnya.

Baca Juga Tips Mudah Usaha Ternak Lobster Air Tawar

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan usaha budidaya udang air tawar dengan menggunakan media akuarium, semoga panduan singkat diatas dapat membantu memberikan informasi yang bermanfaat.