Budidaya Semangka Kotak Yang Bernilai Tinggi

Buah semangka yang umumnya kita kenal dengan bentuk bulat, kini terdapat bentuk baru yaitu kotak. Terlihat lebih unik dan menarik sehingga membuat orang penasaran. Buah ini mulai populer di Indonesia, dan bisa menjadi ladang usaha budidaya yang cukup bernilai tinggi.

Awal terciptanya buah semangka kotak ini datang dari petani negara Jepang yang terkenal kreatif menciptakan produk-produk baru. Mereka tadinya akan mengakali cara penyimpanan semangka yang menyulitkan dan tidak efisien karena bentuknya bulat. Sehingga tercetuslah ide untuk membuat semangka dengan bentuk kotak, agar lebih memudahkan penyimpanannya di gudang. Dan cara tersebut terbukti sukses di aplikasikan, hasil panen yang melimpah dapat dengan mudah di tata di gudang penyimpanan.

Namun pada perkembangannya semangka tersebut menjadi memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat di sana, mereka menganggap bentuknya yang unik menjadi nilai tambah buah semangka, tak ayal buah tersebut pun menjadi populer di sana, bahkan harga jualnya menjadi melambung tinggi.

Meski bentuknya sama sekali berbeda dengan kebanyakan semangka lainnya yang bulat, akan tetapi rasa dari buah ini sama saja seperti biasanya. Jadi tidak memerlukan bibit khusus untuk dapat memproduksi buah ini, intinya hanya mencetak buah agar menjadi bentuk yang kita kehendaki.

Budidaya semangka kotak

Baca juga Jenis Usaha Pertanian Yang Sukses Di Tahun 2015

Perkembangan Di Indonesia

Budidaya semangka kotak pun sampai di Indonesia kini, mulai banyak petani semangka yang ikut membuat jenis buah ini. Diantaranya di daerah kabupaten barru Sulawesi Selatan, Heri Candinegara sukses mendampingi petani disana untuk membudidayakan semangka kotak dari tahun 2012 hingga kini.

Advertisement

Karena tampilannya yang unik semangka kotak ini laku di jual dengan harga yang lebih tinggi dari semangka bulat biasa, pada waktu itu harga semangka berkisar antara 10 ribuan per butir, namun yang berbentuk kotak bisa mencapai 16 ribu rupiah perbutirnya, sehingga usaha budidaya tersebut bisa menjadikan petani di sana lebih maju.

Cara Budidaya Semangka Kotak

Anda tertarik untuk membudidayakan jenis semangka ini? secara garis besar tidak begitu sulit untuk dilakukan, karena intinya hanya mencetak bentuknya saja. Hanya alat yang perlu di persiapkan yaitu cetakannya yang berbentuk kubus atau kotak, bisa dari bahan kayu atau kebanyakan petani menggunakan bahan akrilik. Pada saat buah ini mulai berkembang kita hanya perlu memasukan pada cetakan tersebut lalu di rawat seperti biasanya.

Beberapa hari sebelum panen biasanya cetakan di buka, dan kita sudah bisa melihat perubahan pada bentuk semangka tersebut, lalu di biarkan hingga 5 harian agar terkena udara bebas. Setelah itu bisa kita panen seperti biasanya.

Selain semangka cara ini juga bisa kita terapkan untuk usaha budidaya buah lainnya seperti melon, labu dan sebagainya, bahkan bisa juga kita berkreasi dengan memproduksi bentuk lainnya selain kotak.

Pemasaran

Langkah memasarkan buah ini tidak akan sulit karena pastinya banyak konsumen yang tertarik dengan melihat bentuknya yang unik. Selain itu buah ini bisa di pasarkan seperti biasa untuk konsumsi masyarakat karena rasa dari buah ini tidak ada yang berbeda, juga manfaat buah semangka bisa di dapatkan seperti semangka biasa pada umumnya. Selain itu kebanyakan dari konsumen kita pun menyukainya. Nilai tambah berupa bentuknya yang unik juga bisa di jadikan berupa souvenir atau hadiah.