Boom Like Facebook, Trik Sesat yang Merugikan Penjual Online

Salah satu hal yang biasanya dijadikan patokan oleh orang-orang yang berjualan online di Facebook adalah jumlah like. Semakin banyak jumlah like yang didapatkan untuk setiap postingan, akun Facebook tersebut dianggap berpotensi digunakan untuk jualan produk secara online.

Karena begitu pentingnya jumlah like pada sebuah akun Facebook, terutama yang digunakan untuk tujuan promosi, mulailah banyak orang yang mencoba menggunakan trik boom like Facebook.

Dengan menggunakan trik ini, anda memang bisa mendapatkan like yang cukup banyak untuk setiap postingan di Facebook dengan cara yang sangat mudah. Namun apakah dengan trik tersebut memang benar-benar bermanfaat untuk mendukung promosi atau penjualan produk di Facebook?

Faktanya, trik boom like Facebook justru sangat merugikan bagi para penjual produk online di Facebook. Kenapa trik tersebut justru sangat merugikan? Cari tau lebih lanjut penjelasannya di artikel ini.

Boom Like Facebook, Trik Sesat yang Merugikan

4 Alasan Kenapa Trik Boom Like Facebook Justru Akan Merugikan

Kebanyakan orang yang jualan di Facebook memang memikirkan mengenai jumlah like yang didapatkan setiap melakukan posting produk. Ya, jumlah like memang merupakan parameter apakah produk anda disukai atau tidak oleh orang lain di Facebook.

Namun demikian, bukan berarti anda harus fokus meningkatkan jumlah like saja, apalagi sampai menggunakan trik curang seperti boom like Facebook. Taukah anda bahwa sebenarnya trik tersebut justru sangat merugikan anda sebagai penjual? Berikut beberapa kerugiannya.

  • Jumlah Like yang Anda Dapatkan Sudah Tidak Bisa Lagi Dijadikan Patokan

Karena didapatkan dengan cara curang, sudah pasti jumlah like di setiap postingan akun Facebook anda sudah tidak bisa dijadikan patokan.

Bagaimana anda bisa menggunakannya sebagai patokan mengenai sedikit banyaknya orang yang menyukai produk yang anda jual? Bukankah anda sendiri yang memberikan like sebanyak mungkin untuk postingan anda tersebut dengan menggunakan trik licik?

Banyak orang yang sebenarnya belum paham mengenai fungsi like di Facebook. Ketika anda memanipulasi jumlah like, secara otomatis andapun akan kehilangan fungsi dari fitur tersebut.

  • Jumlah like banyak tapi sama sekali tidak ada penjualan

Selain sudah tidak bisa dijadikan sebagai patokan, penggunaan trik boom like Facebook untuk meningkatkan jumlah like di setiap postingan juga sama sekali tidak memberikan manfaat dalam hal penjualan.

Kenapa? Karena meskipun banyak yang like postingan mengenai produk yang anda jual di Facebook, namun pasti tidak ada satupun yang membeli produk yang anda tawarkan. Lalu untuk apa anda repot-repot meningkatkan jumlah like jika tidak ada satupun yang membeli produk yang anda jual?

  • Tampak Mencurigakan di Depan Calon Konsumen

Sebuah akun Facebook yang digunakan untuk jualan produk memang sekilas tampak begitu meriah jika mendapatkan banyak like untuk setiap postingannya. Namun konsumen jaman sekarang itu sudah sangat cerdas. Anda tidak bisa menipu mereka dengan trik-trik murahan seperti ini.

Calon konsumen pasti juga memperhatikan hal lain selain jumlah like di setiap postingan anda. Akan tampak sangat aneh jika setiap postingan anda mendapatkan ribuan like, namun hanya ada beberapa orang saja yang berkomentar. Selain itu, lebih aneh lagi jika postingan anda mendapatkan banyak like namun sama sekali tidak ada interaksi apapun antara penjual dan juga calon pembeli di setiap postingan anda.

Kebanyakan konsumen jelas akan semakin bertanya-tanya dan mungkin saja menjadi enggan untuk membeli produk yang anda tawarkan setelah melihat kejanggalan di akun Facebook anda.


  • Akun Facebook Rawan Diblokir

Alasan terakhir kenapa penggunaan trik boom like Facebook sangat merugikan bagi penjual adalah, karena trik tersebut tidak disukai oleh Facebook sendiri. Facebook sangat tidak mentoleransi tindakan manipulasi di dalam sistemnya. Oleh sebab itu, mereka tidak segan-segan untuk memblokir atau bahkan menghapus akun Facebook anda yang mencoba memanipulasi jumlah like.

Jika sudah terblokir atau terhapus, mau tidak mau anda harus rela mengulang proses pembuatan dan juga mengembangkan kembali akun Facebook baru untuk jualan online.

Menyedihkannya lagi, sekarang lebih susah untuk membuat dan juga mengembangkan akun Facebook untuk jualan. Kenapa? Karena Facebook sudah mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan verifikasi nomor ponsel untuk mengurangi tindakan spam.

Baca Juga Jualan di Facebook, Apakah Masih Berpotensi di Jaman Sekarang?

Trik Meningkatkan Jumlah Like yang Lebih Efektif dan Bermanfaat Dibandingkan Boom Like Facebook

Ya, memang trik boom like Facebook adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan jumlah like di setiap postingan anda. Namun jika dilihat dari manfaatnya, trik tersebut sama sekali tidak memberikan manfaat, dan bahkan justru sangat merugikan.

Jika dibandingkan dengan menggunakan trik ini, ada cara yang lebih efektif dan juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah like. Bagi anda yang ingin meningkatkan jumlah like di setiap postingan akun Facebook entah untuk tujuan promosi ataupun tidak, anda bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Buat Konten yang Benar-benar Menarik

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan like setiap kali anda posting di Facebook. Kunci utama agar orang-orang mau memberikan like untuk postingan anda adalah konten yang anda bagikan juga harus menarik. Konten yang menarik itu tidak sulit untuk dibuat. Konten-konten lucu saja sudah bisa dikatakan menarik dan pasti mendapatkan banyak like.

Namun demikian, jika anda memang ingin mendapatkan like yang tertarget untuk tujuan promosi, anda bisa membuat konten yang lebih berbobot seperti contohnya konten yang menjelaskan mengenai fungsi atau kelebihan dari produk tertentu yang ingin anda promosikan.

Yang terpenting dalam membuat konten promosi agar mendapatkan banyak like adalah jangan pernah melakukan hard selling. Lakukan soft selling atau bila perlu cukup tunjukkan saja kelebihan produk yang anda tawarkan kepada calon konsumen.

  • Posting di Waktu yang Tepat

Oke, kebanyakan orang memang sudah membuat konten yang menarik tapi masih belum mendapatkan cukup banyak like di Facebook. Hal tersebut biasanya disebabkan karena konten tersebut diterbitkan pada waktu yang salah. Perlu anda ketahui, Facebook memiliki prime time tertentu.

Prime time tersebut disesuaikan dengan target market anda. Misalkan target market anda adalah pria atau wanita usia produktif, berarti jangan menerbitkan konten pada jam-jam kerja. Kenapa? Karena ketika anda menerbitkan konten, target market anda sedang sibuk-sibuknya bekerja. Konten anda akan tenggelam tertimbun konten-konten lain ketika target market anda membuka Facebook.

Oleh sebab itu, pelajari terlebih dahulu kapan prime time target market anda, terbitkan konten anda sesuai dengan prime time target market anda.

  • Gunakan Berbagai Macam Jenis Media

Satu lagi yang mempengaruhi jumlah like yang anda dapatkan untuk setiap postingan di Facebook adalah media yang anda gunakan. Teks memang media yang paling umum digunakan. Namun jika dibandingkan dengan gambar dan video, konten berbentuk teks jelas kalah disukai.

Manusia lebih suka segala sesuatu yang berbentuk visual dan juga berwarna. Oleh sebab itu, jika anda ingin mendapatkan like lebih banyak tanpa bantuan trik boom like Facebook, pastikan untuk mengkombinasikan beberapa media sekaligus ketika membuat konten di Facebook.

Baca Juga Trik Membuat Iklan di Facebook yang Berkualitas dan Berpotensi Viral

Sekarang anda sudah mengetahui bukan bahwa sebenarnya menggunakan trik boom like Facebook itu sama sekali tidak anda untungnya bagi anda? Setelah mengetahui apa saja kerugiannya, apakah anda masih mau menggunakan trik ini ?