Apa itu Bisnis Sistem Pre Order? Bagaimana Cara Menjalankannya?

Sering mendengar istilah Pre Order atau tak jarang juga disingkat dengan sebutan PO ? Istilah ini utamanya sering kita temui dalam dunia bisnis online, belakangan bisnis sistem Pre Order seperti ini semakin banyak dipilih karena kelebihannya yang dapat dijalankan dengan modal terbatas.

Apa itu bisnis dengan sistem Pre Order ?

Bisnis dengan sistem ini berarti penjual memasarkan barangnya atas dasar pesanan pelanggan atau mereka belum memiliki produknya. Produk baru di kerjakan jika pelanggan telah pasti akan membelinya.

Dan hebatnya lagi, pemesan pun umumnya diwajibkan membayar sejumlah uang tanda jadi atau DP sebelumnya, hal inilah yang membuat  bisnis sistim pre order menjadi dapat dijalankan dengan modal yang kecil.

Terlihat menarik untuk dijalankan bukan ? Tentu saja, pasalnya uang DP yang didapat bisa kita manfaatkan sebagai modal tambahan. Ditambah lagi kita jadi tidak dipusingkan dengan pemasaran karena barang yang dibuat sudah ada pembelinya.

Meski begitu menjalankan bisnis dengan model seperti ini tidaklah semudah seperti kelihatannya. Sebabnya, menjual produk yang belum ada akan sangat membutuhkan kepercayaan dari konsumennya.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis dengan sistem pre order agar sukses diantaranya adalah sebagai berikut.

Bisnis Sistem Pre Order

Dapatkan Kepercayaan dari Calon Pembeli

Meski produk baru akan dibuat nanti setelah ada konsumen yang akan membeli namun bukan berarti kita tidak perlu mempersiapkannya sama sekali. Setidaknya kita perlu beberapa sample untuk diperlihatkan kepada calon pembeli, cara ini menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan kepercayaan dari mereka.

Akan sangat membatu juga jika kita memiliki portofolio hasil penjualan sistim pre order dari pembeli sebelumnya agar calon pembeli yang baru semakin percaya. Maka dari itu, setiap berhasil melakukan penjualan kita usahakan untuk membuat dokumentasi atau meminta testimoni dari pembeli.


Baca Juga Contoh Testimoni Yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Jelaskan Proses Pembelian dan Detail Pesanan dengan Jelas

Untuk menghindari kekecewaan dari konsumen nantinya, penting untuk kita jelaskan sejelas-jelasnya mengenai proses pemesanan hingga selesai dengan sistim pre order ini. Misalnya jadwal barang akan dibuat, sistem pembayaran, hingga jangka waktu proses pembuatan.

Penting juga untuk menggambarkan secara jelas kepada konsumen bagaimana detail barang saat nanti selesai dibuat untuk menghindari komplain dikemudian hari. Permintaan terkait spesifikasi produk yang diinginkan konsumen wajib kita penuhi jika sebelumnya kita telah menyanggupi.

Sesuaikan Jumlah Pesanan dengan Kemampuan

Sebaiknya jangan asal menerima banyak pesanan tanpa adanya kontrol kemampuan kapasitas produksi. Karena ahirnya dapat berujung dengan produk dibuat dengan asal-asalan tanpa mempertimbangkan kualitas atau tidak mampu menepati jadwal jangka waktu pembuatan yang sebelumnya telah disepakati.

Hal seperti ini dapat merusak reputasi bisnis yang sudah susah payah kita bangun. Akan lebih baik jika kita buat batasan jumlah pesanan yang sesuai dengan kemampuan. Dan selalu menghasilkan produk dengan kualitas maksimal serta menepati jadwal yang sudah dijanjikan.

Berikan Nilai Lebih Pada Produk

Untuk menarik minat pembeli, upayakan juga untuk memberikan nilai lebih pada produk yang kita buat dibandingkan dengan membeli produk ready stok. Misalnya saja jika kita membuka pre order pembuatan kaos, konsumen dapat menambahkan desain sesuai keinginannya dengan bebas, dan lain sebagainya. Dengan cara tersebut, produk ahirnya akan memiliki keunggulan yang tidak bisa didapatkan pada produk lain dipasaran.

Baca Juga Beberapa Arti PO Dalam Dunia Bisnis Online

Itulah beberapa tips untuk anda yang saat ini sedang atau akan menjalankan bisnis dengan sistem Pre order. Semoga dapat memberikan manfaat…