Bisnis Seragam Sekolah Hasilkan Untung Melimpah

Jumlah siswa yang sedang mengenyam pendidikan di sekolah jumlahnya tentu tidak sedikit dan hampir merata ada di setiap wilayah di Indonesia.

Oleh sebab itu bisnis seragam sekolah ini cukup menjanjikan untuk di jalankan, pasalnya selama menjalani pendidikan para siswa tentu akan selalu membutuhkannya.

Dari mulai jenjang sekolah dasar (SD), menengah (SMP) hingga atas (SMA), seragam akan selalu dikenakan ke sekolah, tak heran pada setiap pergantian tahun ajaran atau minimal satu tahun sekali setiap siswa membutuhkan seragam yang baru.

Memulai Bisnis Seragam Sekolah

Untuk memulai usaha yang satu ini tidaklah sulit.

Seragam sekolah umumnya dijajakan di sebuah toko khusus seragam beserta perlengkapan sekolah lainnya.

Terdapat beberapa cara untuk menyediakan stok seragam, pertama dan yang paling mudah ialah dengan cara membelinya secara grosiran kemudian dijual kembali secara eceran.

Cara lainnya yaitu dengan menggandeng konveksi pakaian sebagai vendor yang membuat seragam sesuai pesanan kita.

Dengan cara kedua ini kita bisa bebas menentukan bahan kain apa yang akan digunakan, menentukan model, hingga memasang merk sesuai yang kita inginkan.

Tentu dengan memesan kepada konveksi harga seragam bisa didapat lebih murah karena kita merupakan tangan pertama dan langsung menjualnya kepada konsumen.

Namun begitu modal yang diperlukan tentu akan jauh lebih besar, dari mulai pengadaan kain yang harus di beli secara partai dan membayar ongkos kerja konveksi pastinya membutuhkan modal yang besar.

Karenanya, sebelum memutuskan untuk mengadakan stok seragam melalui konveksi sebaiknya pastikan pasar konsumen sudah jelas.

Adapun jika menjalankan bisnis ini masih dalam tahap percobaan, ada baiknya dimulai dengan membeli secara grosiran.

Tips Menjalankan Bisnis Seragam Sekolah

Salah satu yang menjadi kendala dalam menjalankan bisnis seragam sekolah ini ialah sifatnya yang dibutuhkan hanya musiman.


Umumnya jika tidak dalam masa pergantian ajaran baru di sekolah, konsumen yang membutuhkan seragam pun akan menuruh drastis.

Untuk mengatasinya diantaranya dengan cara menyediakan peralatan dan perlengkapan sekolah lainnya. Misalnya buku dan alat tulis, tas dan sepatu sekolah dan lain sebagainya.

Dengan menyediakan perlengkapan lainnya tersebut diharapkan akan tetap ada penjualan untuk sehari-harinya.

Tips lainnya dalam menjalankan usaha seragam sekolah yaitu dengan mencoba menjalin hubungan kerja sama dengan sekolah yang berada di sekitar.

Pasalnya tidak sedikit juga sekolahan yang sudah menyediakan stok seragam untuk para siswa siswi yang bersekolah di tempatnya.

Dengan jalinan kerja sama yang baik, maka kita bisa berpeluang menjadi supplier seragam ke sekolah tersebut.

Untuk penentuan lokasi berjualan tentu sebaiknya toko seragam di buka di daerah yang berdekatan dengan sekolah, sehingga banyak target konsumen yang bisa di sasar.

Perhatikan juga kualitas seragam agar mendapatkan kepuasan dari para pelanggan, karena produk ini kemungkinan besar akan dibutuhkan kembali di tahun ajaran berikutnya maka pelanggan yang merasa puas tentu akan membeli kembali ke toko anda.

Baca Juga Artikel :

Bagaimana tertarik untuk menjalankan bisnis seragam sekolah ?

Perlu di sadari karena produk ini di perlukan hanya pada musim tertentu saja, maka tak perlu risau jika bukan pada musimnya omset penjualan dapat jauh berkurang. Lengkapi dengan produk lainnya yang masih berhubungan bisa membantu untuk menambah penghasilan di saat seperti itu.