Bisnis Rugi Terus ? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Tidak ada pebisnis yang mau mengalami kerugian namun membangun bisnis adalah bukan hal yang mudah, pada perjalannnya akan sangar membutuhkan upaya dan kerja keras. Tak jarang kita akan dihadapkan dengan berbagai kesulitan bahkan hingga kerugian.

Terlebih dangan semakin banyaknya pebisnis baru membuat persaingan di pasar terjadi semakin sengit, adakalanya kita harus mau rela mengambil keuntungan yang tipis atau mungkin rugi sedikit asal bisa memenangkan persaingan.

Akan tetapi jika bisnis mengalami kerugian secara terus menerus itu bukanlah hal yang wajar, tentu saja lama kelamaan ahirnya bisnis bisa tumbang.

Jika anda saat ini mengalami bisnis yang rugi terus, mungkin beberapa hal dibawah ini bisa menjadi penyebabnya

Bisnis Rugi Terus

Biaya Produksi Membesar

Jika anda sedang menjalankan usaha yang memproduksi suatu produk bisa cek kembali biaya produksi apakah nilainya saat ini semakin membesar.

Terkadang kita tidak menyadari berbagai harga bahan baku mengalami kenaikan, umumnya karena kenaikannya yang kecil maka tidak begitu kita perdulikan. Padahal jika kita menggunakan beberapa item bahan baku dan banyak yang mengalami kenaikan meski nilainya kecil namun jika diakumulasikan totalnya menjadi besar.

Tentunya biaya tersebut akan mengurangi nilai keuntungan atau bahkan menjadi tidak menyisakan keuntungan sama sekali.

Sistem Kerja Tidak Optimal

Selain harga bahan baku, kita pun harus mengevaluasi kembali biaya gaji untuk para karyawan. Apakah biaya tersebut sudah di kalkulasikan dengan cukup kedalam harga produk.


Selanjutnya perlu kita evaluasi kembali bagaimana sistem kerja yang biasa dilakukan, bisa jadi selama bisnis rugi di sebabkan karena para karyawan tidak bekerja dengan semestinya sehingga hasil produksi tidak sesuai dengan perhitungan.

Penjualan Tidak Sesuai Target

Tentunya setiap bisnis memilki target penjualan produknya baik dalam hal harga jual ataupun omset penjualannya.

Harga jual produk yang tidak sesuai harapan bisa membuat pendapatan tidak dapat menutup biaya produksi dan oprasional perusahaan. Begitu pula jika produk yang di jual setiap bulan jumlahnya tidak mencapai minimal target penjualan.

Jika faktor ini yang menyebabkan bisnis rugi terus, kita perlu mencari tahu apa yang menyebabkan penjualan produk tidak maksimal dipasaran.

Bisa jadi karena faktor produknya itu sendiri yang kurang berkualitas, atau mungkin karena tidak mampu bersaing dengan produk sejenis di pasaran.

Baca Juga Peluang Usaha Berpotensi Yang Minim Persaingan

Besar Pengeluaran Daripada Pemasukan

Cukup sering menjadi penyebab kerugian yaitu besar pengeluaran yang tidak terkontrol sehingga nilainya menjadi lebih besar dibandingkan dengan apa yang mampu di dapatkan.

Umumnya dikarenakan pengeluaran pribadi yang tidak disadari semakin hari semakin konsumtif, tidak sejalan dengan pendapatan perusahaan yang tidak kunjung meningkat.

Jika faktor ini yang menjadi penyebabnya, sebaiknya lakukan segera langkah penghematan pengeluaran pribadi hingga nilainya tercukupi oleh keuntungan yang didapat sebelum kerugian yang di alami menjadi lebih besar.

Baca Juga Peluang Usaha Yang Memiliki Resiko Kerugian Kecil

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat untuk bisnis anda…