Bisnis Produk Miniatur, Janjikan Keuntungan Maksimal

Meski hanya berupa produk pajangan atau hiasan, aneka produk miniatur ini bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan untuk di jalankan. Berbagai contoh produknya seperti miniatur kendaraan, kapal-kapalan, pesawat, hingga rumah-rumahan dan banyak lagi yang lainnya, kerap di buat unik dan menarik, hingga banyak calon konsumen yang ingin memilikinya.

Disebut miniatur karena memang produk ini di buat dalam skala ukuran yang lebih kecil dari produk aslinya. Karena saking uniknya selain hanya menjadi barang pajangan semata, tidak jarang produk ini pun di buru pembeli dari kalangan kolektor yang gemar mengumpulkan barang-barang seperti ini.

Biasanya untuk miniatur dengan target pembeli para kolektor ini, produknya harus memiliki kriteria tersendiri, seperti misalnya di buat secara terbatas, memiliki detail bentuk yang sama dengan aslinya, dan lain sebagainya. Dan sudah barang tentu, miniatur yang memiliki kriteria seperti ini akan dapat laku terjual dengan harga yang cukup tinggi.

Selain itu, miniatur-miniatur ini juga sering di tawarkan sebagai barang souvenir atau cinderamata yang mewakili salah satu daerah yang umumnya adalah tempat wisata. Di daerah seperti ini, produk miniatur sangat berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar karena akan cukup banyak para wisatawan yang memburu produk ini untuk di jadikan oleh-oleh saat pulang ke daerahnya masing-masing.

Bisnis Produk Miniatur

Advertisement

Pembuatan Membutuhkan Kreatifitas Yang Tinggi

Karena produk ini kebanyakan dibuat dengan mengandalkan keterampilan tangan (handmade), maka tentu saja hasil yang maksimal akan sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi dari sang pembuat. Tidak sedikit bahkan para pengusaha produk miniatur ini keterampilannya di dapat secara turun menurun dari beberapa generasi. Namun ada juga pembuat bisa menghasilkan miniatur apik hasil dari kreatifitas bakatnya yang terus di asah dari waktu-kewaktu.

Bahan utama yang di gunakan untuk membuat miniatur ini pun cukup beragam, yang umum di temui di pasaran biasanya di hasilkan dari kayu, kuningan, besi, hingga kaca. Dari berbagai bahan tersebut memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri setelah jadi di bentuk menjadi sebuah produk miniatur.

Seperti miniatur dengan bahan kayu yang ada di produksi menjadi replika sepeda-sepedaan, motor harley hingga mobil klasik, hasil karya pria asal jepara yang di kenal dengan nama Khoirur Rozikin ini mampu menghasilkan omset hingga puluhan juta rupiah menurut berita yang di lansir tribunnnews.com. Bahkan untuk satu unit produknya saja yang dibuat secara eksklusif serta membutuhkan waktu pembuatan hingga beberapa bulan secara sabar dan teliti, ada yang di bandrol hingga 20 juta rupiah per unitnya.

Bisa berharga sedemikian fantastis karena memang beliau membuatnya sangat detail menyerupai aslinya dan bagian mesin pada replika yang menurutnya paling sulit di lakukan. Pemasaran beliau lakukan melalui internet dan juga di gerai miliknya di Jepara.

Berbeda lagi dengan produk yang di produksi Walidi Craft asal Yogyakarta, disini miniatur di buat dari bahan kuningan yang di bentuk menjadi aneka produk seperti becak-becakan, sepeda, dokar dan sebagainya. Usaha kerajinan di sini telah di lakukan secara turun temurun sejak tahun 80an hingga kini telah mencapai generasi yang ke empat. Orderan bahkan telah secara rutin datang dari mancanegara salah satunya Singapura dan Belanda. Menurut sang pemiliknya saat ini omset hingga 20 jutaan dapat di kantongi setiap bulannya, kabar ini kami kutip dari Liputan6.com.

Semoga saja ulasan di atas bisa menginspirasi kita semua…