Bisnis Penginapan Homestay Yang Kini Menguntungkan

Industri pariwisata yang kini semakin meningkat membuka peluang bisnis yang terbilang mudah untuk di jalankan. Salah satunya adalah bisnis penginapan Homestay yang kali ini akan kita bahas. Bisnis Homestay sendiri pengertiannya adalah menyewakan rumah dalam jangka beberapa waktu tertentu, bisa harian, mingguan atau hingga bulanan.

Penginapan berjenis homestay ini biasanya di pilih sebagai alternatif masyarakat yang berwisata atau keperluan lain selain menginap di hotel, mengapa menjadi pilihan ? karena tentu sebab harganya yang lebih terjangkau. Jika untuk tarif hotel rata-rata saat ini paling murahnya sekitar 500 ribuan perhari untuk satu kamar, tarif menginap di homestay bisa hanya berkisar mulai 100 ribuan saja perkamarnya. Apalagi jika menyewanya secara keseluruhan full satu rumah bagi konsumen yang datang secara rombongan, tarifnya jika di hitung akan jauh lebih murah lagi.

Sehingga tidak heran, terutamanya di daerah wisata bisnis homestay ini akan semakin menjamur karena melihat keuntungan yang di hasilkannya bisa cukup besar. Terlebih lagi untuk menjalankannya pun tidak memerlukan strategi yang rumit, syaratnya hanya cukup dengan memiliki rumah di lokasi strategis yang sesuai untuk mendirikan usaha ini.

bisnis penginapan homestay

Sukses Menjalankan Bisnis Homestay

Memang, untuk bisa menjalankan bisnis ini tidak semua dari kita akan bisa melakukannya karena syaratnya tadi, hanya untuk anda yang kebetulan saja memiliki lokasi di tempat yang memungkinkan, misalnya saja di kota-kota pariwista semacam Yogyakarta, Bandung dan lainnya. Namun begitu jika kita bermaksud sambil berinvestasi di bidang properti, maka peluang usaha homestay ini pun bisa di pertimbangkan untuk di jalankan agar menjadi nilai tambah pada investasi yang dimiliki.

Baca juga cara memilih properti untuk investasi

Sebagai gambaran jika di jalankan di lokasi pusat wisata seperti yang di sebutkan tadi, akan ada saja pada setiap harinya para wisatawan yang datang untuk menyewa. Jika kita memiliki 2 atau 3 kamar homestay saja yang dapat tersewa, dalam satu bulan bisa cukup besar hasil yang di dapatkan, belum lagi jika menghadapi moment liburan yang biasanya tempat seperti ini tidak pernah sepi.

Promosi Internet Menjadi Andalan

Promosi harus tetap kita jalankan terlebih jika usaha homestay yang kita jalankan baru saja di mulai. Namun umumnya jika sudah cukup lama berdiri, homestay seperti ini akan memiliki pelanggan tetapnya masing-masing. Untuk berpromosi pun sekarang ini tidak terlalu sulit, kebanyakan para pelaku bisnis homestay yang sudah berjalan saat ini memanfaatkan kepopulerannya dunia internet.

Karena sekarang ini sudah lazim masyarakat kita sebelum melakukan perjalanan wisata, mereka akan mempersiapkan berbagai keperluannya termasuk tempat dimana nantinya mereka akan menginap. Dan informasi tersebut paling mudah didapatkan hanyalah lewat internet.

Maka dari itu media internet sekarang ini menjadi andalan sang pebisnis homestay untuk menjaring konsumen, cara yang di lakukan beragam dari mulai membuat website khusus dan memprosikannya, aktif di berbagai media sosial dan lain sebagainya. Dengan hanya menjalankan sistim promosi seperti ini bisnis homestay anda pun akan sudah bisa berjalan dan menghasilkan.

Baca juga artikel peluang usaha menguntungkan di tempat wisata