Bisnis Penerjemah Online, Kian Menjanjikan Keuntungan

Keahlian berbahasa asing saat ini menjadi salah satu modal yang dapat diandalkan untuk meraup rupiah yang besar. Sebagian diantaranya melalui media internet dengan menawarkan jasa sebagai penerjemah online. Bisnis ini fleksibel untuk dijalankan karena dapat di pilih sebagai sampingan dan dikerjakan di sela-sela waktu luang. Sehingga dapat di pilih oleh siapa saja dari mulai ibu rumah tangga, karyawan hingga pelajar dan mahasiswa.

Bahasa asing yang di fokuskan utamanya adalah bahasa inggris yang telah menjadi bahasa internasional dan dapat diterima dinegara mana saja. Berbagai dokumen banyak di terbitkan oleh bahasa ini, maka cukup banyak tersedia permintaan baik itu terjemahan dari bahasa inggris ke indonesia ataupun indonesia ke bahasa inggris.

Namun sebelumnya untuk menjadi seorang translator atau sebutan bagi seorang penerjemah, pastilah dituntut untuk menguasai bahasa asing yang memadai. Karena hal ini yang akan bisa meningkatkan reputasi di mata klien. Jika keterampilan kurang dimiliki, dipastikan tidak akan ada kesempatan untuk sukses di bidang bisnis yang satu ini.

Untuk itu hendaknya ukur kemampuan dan pengalaman terlebih dahulu sebelum akan terjun menjadi seorang translator. Semakin tinggi skill berbahasa asing yang di kuasai, maka kesempatan untuk mendapatkan job terjemahan akan semakin mudah di dapatkan.

Bisnis Penerjemah Online

Selanjutnya bagaimana cara kita mendapatkan order permintaan terjemahan secara online ini ?

Advertisement

Cara pertama sekaligus yang paling mudah dilakukan adalah dengan bergabung dalam situs penyedia jasa penerjemah secara online. Sistim yang di berlakukan umumnya setiap peserta yang ingin mendapatkan job di haruskan mendaftar dan menyertakan keahlian bahasa yang dimiliki juga mentaati berbagai ketentuan yang berlaku.

Setelah itu, sistim situs akan mempromosikan secara otomatis jika ada klien yang mencari jasa penerjemah. Saat kita di terpilih akan ada notifikasi detail pesanan dan tenggat waktu maksimal yang sudah ditentukan untuk mengirim hasil terjemahan, jika kita memtuskan untuk menerimanya.

Beberapa contoh situs-situs seperti ini diataranya seperti Proz.com, Tomodes.com dan Translation Cafe. Pembayaran komisi umumnya akan secara langsung melalui akun pendaftar setelah job terselesaikan. Kisaran komisi bermacam-macam tergantung tingkat kesulitan dan panjang tulisan yang di terjemahkan, biasanya sekitar 10 hingga 50 Dollar untuk sekali pekerjaan.

Meski cara ini terbilang praktis untuk mendapatkan job terjemahan, bergabung dalam salah satu naungan situs penerjemah juga memiliki beberapa kekurangan, seperti tarif yang tidak mungkin kita tentukan sendirian dan banyaknya peraturan yang harus ditaati seluruh pesertanya.

Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat situs jasa penerjemah sendiri. Dengan menjalankan langkah ini maka diperlukan sebuah situs web khusus yang harus kita bangun terlebih dahulu. Selanjutnya setelah website dimiliki pun diperlukan adanya langkah promosi agar mendapatkan pelanggan.

Dengan cara ini maka tarif bisa kita tentukan lebih leluasa dan tidak ada lagi peraturan yang memberatkan karena segala sesuatunya kita jalankan sesuai kebutuhan sendiri.

Namun tentu saja meski lebih leluasa, tidaklah mudah membangun website hingga berpromosi dan mendapatkan klien ini sendirian.

Baca juga 5 manfaat menguasai bahasa inggris untuk bisnis dan wirausaha