Jenis Bisnis Oleh-Oleh Yang Menguntungkan

Oleh-oleh atau buah tangan seringkali di bawa saat pulang setelah pergi berkunjung ke suatu tempat, baik itu dalam acara berlibur ataupun acara lainnya. Keluarga, rekan serta kolega yang menunggu di rumah umumnya sangat menantikannya, sehingga sepertinya tidak lengkap jika kita melakukan kunjungan ke suatu tempat dan pulang tanpa membawa apa-apa.

Produk oleh-oleh yang biasanya menjadi incaran adalah barang yang menjadi ciri khas dari tempat yang kita datangi, baik itu berupa kuliner atau barang cinderamata lainnya. Dengan menjalankan salah satu dari bisnis oleh-oleh ini tentunya akan menjadi suatu keutungan karena produknya cukup banyak peminatnya. Terlebih jika anda memiliki lokasi usaha di kota atau tempat yang sesuai, karena bisnis seperti ini sangat di pengaruhi oleh lokasi tempat berjualan.

Misalnya saja jika kita berdomisili di satu kota yang menjadi dastinasi kunjungan wisata, daerah seperti ini tentu saja sangat perpotensi untuk menjalankan bisnis oleh-oleh ini, karena target konsumennya akan tersedia cukup banyak yaitu para wisatawan yang datang untuk berlibur. Selain itu, jalur luar kota juga cukup bisa memberikan peluang yang menguntungkan untuk berbisnis oleh-oleh, sebabnya jalan ini akan banyak di lalui masyarakat yang bepergian antar kota.

bisnis oleh oleh

Terdapat beberapa jenis dari bisnis oleh-oleh yang banyak di jalani saat ini, anda bisa pilih salah satunya yang sesuai dengan minat dan lokasi yang di miliki :

Bisnis Oleh-oleh Khas Daerah

Daerah tertentu biasanya memiliki suatu produk yang menjadi ciri khasnya, misalnya kota Garut yang terkenal dengan kuliner dodolnya, buah nanas berkualitas yang banyak di hasilkan di kota Subang, sepatu dari Cibaduyut Bandung, dan lain sebagainya. Jika kita berdomisili di tempat yang terkenal dengan salah satu produknya seperti ini, maka bisnis oleh-oleh khas daerah ini bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan.

Advertisement

Jika kita tidak memiliki lokasi strategis untuk berjualan pun bisa di siasati dengan menjadi produsen dari barang yang menjadi ciri khas daerah yang anda tinggali, selanjutnya kita jalin kerja sama dengan para pedagang yang memiliki toko pusat oleh-oleh di lokasi yang strategis.

Baca juga usaha cireng bandung isi aneka rasa

Bisnis Oleh-oleh Haji

Sudah menjadi budaya sejak lama bagi masyarakat muslim yang pulang sehabis melakukan ibadah haji, membawa oleh-oleh untuk di bagikan kepada kerabat dekat, saudara dan juga anggota keluarga lainnya. Dan bagi mereka yang tidak mau di repotkan di perjalanan dengan harus membawa banyak aneka ragam barang untuk buah tangan ini biasanya mereka membeli oleh-oleh haji yang tersedia di tanah air.

Dengan begitu bisnis oleh-oleh haji ini juga cukup berpotensi untuk kita jalankan karena banyaknya para jamaah haji di Indonesia ini. Barang-barang seperti air zam-zam, kurma, tasbih, sajadah, peci dan banyak lagi lainnya akan diperlukan dengan jumlah yang besar karena untuk satu jamaah haji saja akan memiliki beberapa kerabat yang harus di bagi.

Bisnis Cideramata Wisata

Para wisatawan pastinya tidak akan melewatkan untuk membeli cinderamata di lokasinya berlibur, maka tidak heran di saat hari libur para pelaku bisnis cinderamata di tempat wisata ini akan kebanjiran konsumen. Namun syarat utama menjalankan bisnis ini tentunya harus di jalankan di tempat rekreasi yang di sukai, dan juga terbatas hanya ramai di hari liburan saja. Meski begitu jika kita berdomisili atau memiliki tempat usaha di daerah seperti ini, potensinya cukup besar dari bisnis oleh-oleh ini untuk bisa meraup keuntungan. Kita bisa siasati dengan menjalankannya sebagai sampingan atau musiman di beberapa moment tertentu saja.

Baca juga peluang usaha menguntungkan di tempat wisata