Bisnis MLM Adalah, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Semenjak mulai ramai dari sekitar tahun 2000an lalu, hingga saat ini bisnis MLM popularitasnya terus meningkat. Ditandai dengan terus bermunculannya model bisnis yang dijalankan dengan sistim ini.

Sebenarnya apa itu bisnis MLM ? Mungkin masih banyak mereka yang belum mengenal secara mendalam apa arti bisnis MLM sebenarnya. Apalagi bagi anda yang saat ini sedang tertarik untuk menjalankannya, tentu saja sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dan juga bagaimana sistim kerjanya.

Definisi Bisnis MLM Adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan sistim mengambil keuntungan tidak hanya dari penjualan produknya saja melainkan juga dari hasil penjualan member yang berhasil di kumpulkan.

Oleh karena itu bisnis MLM juga sering disebut bisnis dengan sistim pemasaran berjenjang atau berantai.

Maka dalam bisnis MLM dikenal ada istilah Downline dan Up line, kedua istilah tersebut adalah sebutan untuk para member yang direkrut, semakin banyak tentunya akan semakin besar juga penghasilan yang bisa didapatkan.

Namun begitu seiring dengan berjalannya waktu karena ulah sebagian bisnis MLM abal-abal yang tidak bertanggung jawab, tidak sedikit masyarakat yang pesimis model bisnis ini masih bisa menguntungkan di jaman sekarang.

Padahal dengan semakin berkembangnya teknologi modern saat ini justru bisa meningkatkan potensinya menjadi lebih menjanjikan. Untuk itu beberapa ciri berikut mengenai bisnis MLM yang baik mungkin bisa menjadi masukan yang bermanfaat untuk anda ketahui.

Bisnis MLM

Ciri Bisnis MLM Berkualitas

  • Berbadan Hukum dan Bersertifikat Asosiasi Perusahaan MLM

Di negara kita perusahaan dengan skala menengah keatas yang profesional ditandai dengan memiliki badan hukum seperti PT atau CV dan juga memiliki dokumen perizinan resmi seperti SIUP, NPWP serta dokumen izin usaha lainnya.

Selain itu untuk bisnis MLM ada juga sebuah lembaga atau asosiasi yang mewadahi pada perusahaan MLM yang disebut dengan APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia).


Dalam lembaga tersebut terdapat berbagai aturan dan persyaratan yang harus dijalankan oleh sistim bisnis ini agar tidak merugikan konsumen. Setiap perusahaan MLM yang mampu memenuhi persyaratan tersebut maka berhak mendapatkan sertifikasi dari asosiasi ini.

  • Perusahaan MLM Berskala Besar

Perusahaan MLM saat ini cukup banyak jumlahnya, belum lagi yang baru bermunculan membuat keberadaannya terus bertambah.

Bagi anda yang minim pengalaman dalam menjalankan bisnis ini ada baiknya jika memilih perusahaan MLM yang benar-benar sudah dikenal secara luas agar mengurangi resiko penipuan.

Beberapa ciri perusahaan MLM yang berskala besar diantaranya memiliki produk yang sudah populer dipasaran dan memiliki member yang melimpah.

  • Memiliki Produk Berkualitas dengan Harga Bersaing

Meski dalam bisnis MLM fokus menghasilkan keuntungan tidak hanya dari penjualan produk saja, namun untuk melihat profesionalitas perusahaan dapat kita lihat dari produk yang ditawarkannya.

Tentunya perusahaan MLM yang baik akan memiliki produk-produk yang memang berkualitas bukan hanya dibuat agar terlihat menarik namun kualitasnya buruk.

Dan perhatikan pula harga jual produknya, perusahaan MLM membutuhkan profit yang besar dari penjualan produk untuk komisi para membernya, seharusnya biaya tersebut didapat dari banyaknya penjualan karena produknya laris dipasaran.

  • Memiliki Tempat dan Kontak yang Jelas

Dalam bisnis MLM segala cara kerja yang perusahaan terapkan sudah di atur sedemikian rupa agar menjadi tanggung jawab member menjelaskan kepada member bawahan yang baru direkrutnya.

Namun begitu bukan berarti perusahaan MLM tidak perlu memberikan support tambahan kepada para member-membernya.

Perusahaan yang baik akan selalu terbuka meladeni berbagai pertanyaan membernya, dengan menginfokan tempat yang bisa di datangi dan kontak service yang bisa diakses dengan mudah.

Baca Juga Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis MLM

Bagaimana apakah sudah mengetahui apa itu bisnis MLM dengan jelas ? Selanjutnya silahkan memilih perusahaan MLM yang paling cocok untuk anda jalankan dengan berpanduan beberapa ciri perusahaan MLM berkualitas yang juga sudah kami paparkan secara singkat dalam tulisan diatas.

Semoga Bermanfaat…