Ide Bisnis Limbah Yang Menguntungkan

Bisnis limbah sudah banyak dilakoni masyarakat sejak jaman dahulu. Bisnis limbah ini jika dijalankan dengan benar mampu mengurangi tingkat pencemaran lingkungan sekaligus mendatangkan banyak keuntungan.

Jika anda saat ini sedang melirik bisnis ini, beberapa contoh bisnis limbah yang menguntungkan berikut ini sangat patut untuk dicoba. Oh ya, limbah yang kami maksud disini adalah barang apa saja yang sifatnya adalah sisa dari suatu kegiatan usaha (perusahaan) ataupun sisa hasil kegiatan skala rumah tangga.

Langsung saja berikut ini adalah beberapa contoh bisnis limbah yang dinilai sangat menguntungkan.

Ide Bisnis Limbah Yang Menguntungkan

Limbah Plastik Dan Contoh Bisnisnya

Manfaat plastik bagi kehidupan sangat banyak, meski dampak yang ditimbulkan akibat pemakaian juga sangat berbahaya khususnya bagi lingkungan jika dibiarkan begitu saja.

Plastik sangat sulit untuk terurai, sehingga butuh penanganan khusus. Contoh bisnis yang menguntungkan dari plastik adalah pengumpulan dan pengelompokan plastik bekas pakai berdasarkan karakternya untuk kemudian dijual kembali, daur ulang plastik, pembuatan biji plastik, pembuatan produk jadi atau setengah jadi dari plastik daur ulang.

Baca Juga Usaha Daur Ulang, Penggilingan Botol Plastik Bekas

Limbah Pertanian dan Contoh Bisnisnya

Limbah pertanian memiliki sifat organik. Dua hasil pengolahan limbah pertanian yang paling bernilai dan memiliki nilai ekonomi tinggi adalah pakan ternak dan pupuk.

Contoh limbah pertanian yang memiliki nutrisi tinggi dan cocok diolah menjadi pakan ternak adalah jerami padi dan kacang-kacangan, pelepah sawit, jerami jagung, kulit kopi dan kulit kakao.

Sementara itu limbah pertanian yang cocok diolah menjadi pupuk organik adalah segala jenis limbah yang memiliki kandungan nutrisi dan dapat dikonversi menjadi unsur hara melalui proses fermentasi.

Baca Juga Cara Membuat Pupuk Kompos, Mudah Dan Sederhana


Limbah Ban Bekas dan Contoh Bisnisnya

Seperti halnya limbah plastik, aktifitas jual beli atau daur ulang karet dari ban bekas bisa dikatakan sebagai bisnis limbah yang menguntungkan.

Karet dari ban bekas bisa diolah menjadi berbagai macam produk bernilai tinggi. Contohnya adalah bisnis pembuatan alas kandang dari ban bekas. Harga jual alas kandang berbahan karet ini ternyata cukup mahal, apalagi jika harus dibandingkan dengan harga bahan dan biaya operasional.

Baca Juga Limbah Ban Bekas Bisa Hasilkan Keuntungan Melimpah

Bisnis Limbah Elektronik, Banyak Harta Karun Didalamnya

Jika ingin terjun dalam bisnis limbah elektronik, anda harus jeli dan cermat dalam memilih jenis perangkat elektronik yang bernilai karena tidak semua perangkat elektronik memiliki limbah berharga.

Yang bisa ditambang dari limbah elektronik diantaranya adalah tembaga dan emas. Emas dan tembaga merupakan konduktor terbaik.

Contoh perangkat elektronik yang dapat digali emas atau tembaganya adalah mesin handphone, motherboard komputer, chipset komputer, komponen televisi, kabel dan lain sebagainya.

Limbah Kaca Dan Contoh Bisnisnya

Tak kalah menarik adalah sampah kaca. Untuk menjadikan sampah ini menjadi bisnis limbah yang menguntungkan tentu saja harus ada target hasil olahan daur ulang yang di inginkan.

Banyak orang telah menyulap limbah kaca menjadi produk menarik dengan proses peleburan dan pemurnian dari kontaminan. Produk akhir dari limbah kaca setelah dimurnikan memiliki kualitas sama bagusnya.

Limbah Konstruksi Juga Tak Kalah Menarik

Untuk membuat sebuah konstruksi dibutuhkan bahan-bahan yang harganya cukup mahal contohnya adalah batu, batu-bata, semen, dan besi.

Belum lagi soal ketersediaan bahan yang tidak bisa diproduksi pabrik dan masih mengandalkan alam. Jika bahan-bahan tersebut terus ditambang, maka ketersediaanya akan semakin menipis dan harganya pasti semakin mahal.

Di negara-negara maju seperti Australia, limbah dari bangunan yang dihancurkan ternyata bisa dimanfaatkan kembali melalui proses pemilahan. Harganya jauh lebih murah dari bahan baru dengan kualitas sama kuatnya.