Bisnis Kontrakan Rumah Yang Mudah Untuk Pemula

Bisnis kontrakan – Memiliki bisnis yang satu ini barangkali menjadi impian banyak orang, pasalnya bisnis rumah kotrakan dapat memberikan hasil yang berkelanjutan dalam jangka panjang tanpa harus bekerja setiap harinya.

Terlebih lagi properti yang digunakan untuk bisnis kontrakan nilainya juga bisa terus meningkat, sehingga bisnis ini cocok juga dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Tidak mengherankan kini semakin banyak didirikan bangunan-bangunan untuk kontrakan ataupun rumah-rumah yang sengaja di sewakan. Di lokasi-lokasi tertentu tempat seperti ini bisa sangat dibutuhkan dengan harga sewa yang menggiurkan setiap bulannya.

Bisnis Kontrakan Rumah

Menjalankan Bisnis Rumah Kontrakan Untuk Pemula

Kabar baiknya bisnis ini juga cukup mudah dijalankan siapa saja bahkan mereka yang pemula sekalipun. Cukup mengetahui beberapa hal berikut ini maka usaha ini pun sudah dapat berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Lokasi yang Strategis

Paling menentukan dalam menjalankan usaha rumah kontrakan ialah pemilihan lokasi yang harus strategis dan memiliki target konsumen yang banyak disekitarnya.

Dalam memilih lokasi untuk kontrakan pertama kita harus memahami peruntukan rumah kontrakan di daerah tersebut. Misalnya apakah lokasi tersebut dekat dengan kampus ? jika iya maka akan banyak para mahasiswa yang membutuhkan kamar untuk di sewa.

Contoh lainnya seperti daerah industri yang kemungkinan juga akan banyak para karyawan yang membutuhkan kontrakan untuk tempat tinggal sementara mereka bekerja di sana.

Atau lebih mudahnya lagi dapat kita lihat apakah terdapat bisnis rumah kontrakan yang sudah buka di lokasi tersebut, jika ada maka kitapun dapat ikut mendirikan bisnis yang sama.

Kemudahan Untuk Pengontrak

Selanjutnya kita juga harus memikirkan kemudahan yang bisa didapatkan oleh para pengontrak untuk mendukung kegiatannya sehari-hari.

Misalnya akses yang dekat dengan tempat berkegiatan para pengontrak, rumah kotrakan mudah dijangkau kendaraan umum dan pribadi, dekat dengan tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari, dan lain sebagainya.

Tentunya semakin banyak kemudahan yang dapat dinikmati oleh para penghuni kontrakan maka bisnis kita akan lebih diminati dan pastinya harga sewa dapat ditawarkan lebih tinggi.

Fasilitas Rumah Kontrakan

Dengan dukungan fasilitas yang lengkap maka akan lebih banyak calon pengontrak yang tertarik untuk tinggal ditempat kita. Apalagi jika disertai dengan pelayanan yang maksimal serta adanya keamanan yang terjamin.

Fasilitas pendukung rumah kontrakan sepert ini misalnya saja seperti akses wifi yang cepat dan stabil, layanan laundry, catering makanan, tempat parkir yang aman dan nyaman dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sebaiknya pertimbangkan juga ketersediaan fasilitas yang dapat memudahkan penghuni kontrakan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Biaya Sewa Kontrakan

Biaya sewa yang dibebankan kepada konsumen sebaiknya sebanding dengan fasilitas dan kemudahan yang bisa didapatkan oleh mereka.

Misalnya saja tidak mengapa mematok harga sewa yang lebih tinggi dibanding kontrakan lain karena tempat kita lokasinya paling dekat dengan tempat mayoritas penyewa berkegiatan, atau karena fasilitas pendukung yang ada di kontrakan cukup lengkap.

Berlaku pula sebaliknya, jika kotrakan kita tidak memiliki kelebihan itu semua maka harus rela menyewakan tempat dengan harga yang lebih terjangkau. Pertimbangkan pula harga sewa yang diterapkan oleh bisnis kontrakan lain atau kompetitor di sekitar kita, dengan memberikan harga sewa yang dapat bersaing dengan mereka.

Baca juga Tidak Mau Rugi Dalam Bisnis Kos-kosan, Hindari Hal ini


Modal Bisnis Rumah Kontrakan

Berbicara mengenai modal untuk bisnis rumah kontrakan tentu saja akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Untuk mendirikan bangunan sebagai rumah kontrakan, pertama kita dapat menggunakan dana tunai pribadi yang sudah dimiliki. Pastikan jika menggunakan sumber dana ini uang tersebut tidak diperuntukan sebagai dana kebutuhan sehari-hari karena akan digunakan dalam jangka yang panjang.

Cara lainnya anda bisa menggunakan dana Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sebagai modal untuk usaha rumah kontrakan. Untuk menggunakan kredit ini anda hanya membutuhkan uang untuk DP yang pada umumnya bernilai sebesar 30 persen dari harga properti.

Jika memilih menggunakan dana KPR sebelumnya perhitungkan terlebih dahulu berapa hasil yang bisa dihasilkan bisnis ini.

Misalnya harga properti sebesar 750 juta dengan sistim pembiayaan KPR anda harus membayar cicilan sebesar 6 juta setiap bulannya selama 10 tahun.

Jika properti tersebut dapat di jadikan 10 kamar kontrakan dengan harga sewa 1 juta perkamar perbulan, maka dalam satu bulan anda dapat mengantongi hasil sebesar 10 juta rupiah. Setelah di potong biaya cicilan KPR maka hasil bersih yang didapatkan adalah sebesar 4 juta rupiah.

Dalam 10 tahun cicilan KPR dapat diselesaikan, selanjutnya anda dapat mengantongi hasil seluruhnya tanpa potongan cicilan dan memiliki properti yang nilainya jauh meningkat dari harga awal 750 juta.

Baca Juga Cara Mengajukan KPR Rumah Baru dan Bekas

Tips Sukses Berbisnis Rumah Kontrakan

Beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi masukan untuk anda yang akan menjalankan bisnis kontrakan rumah agar sukses menghasilkan keuntungan.

Lakukan Seleksi Kepada Pihak Pengontrak

Maksud dilakukannya seleksi pihak pengontrak tiada lain agar tidak terdapat gangguan baik terhadap bisnis kita sendiri ataupun terhadap pengontrak lainnya. Sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar dan para penguni kontrakan pun betah tinggal dalam waktu yang lama.

Maka ada baiknya setiap ada calon pengontrak sebaiknya kita telusuri beberapa hal seperti latar belakang serta identitasnya dengan lengkap. Ketahui juga apakah pengontrak berstatus lajang atau menikah, dan terapkan peraturan tata cara membawa tamu kedalam kontrakan agar tempat kita tidak digunakan sebagai tempat kejahatan.

Selanjutnya kita juga harus mengetahui dengan pasti tujuan mereka mengontrak di tempat kita, apakah untuk keperluan tempat tinggal, keperluan menuntut ilmu ataupun bekerja.

Sewa Pertahun Dibayar Dimuka Lebih Menguntungkan

Menerapkan sistim pembayaran langsung untuk sewa kontrakan selama pertahun bisa melindungi kita dari kegagalan bayar sewa yang diterapkan bulanan. Namun begitu pada umumnya kontrakan dengan sistim sewa perbulan lebih di sukai calon pengontrak karena beban biaya yang tidak terlalu besar.

Agar sama-sama di untungkan tidak ada salahnya jika kita coba tawarkan bonus sewa selama satu bulan jika ada yang mengontrak dengan pembayaran setahun dengan pembayaran di awal.

Dengan sistim pembayaran seperti ini kita juga tidak akan terlalu direpotkan dengan harus menagih setiap pengontrak dalam setiap bulannya.

Lakukan Perawatan Bangunan Secara Rutin

Agar kontrakan kita tetap digemari, perawatan rutin pada bangunan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Misalnya saja melakukan perbaikan jika ada genteng yang bocor, pengecatan tembok setelah beberapa tahun pemakaian, perbaikan dan perawatan fasilitas seperti air, listrik dan sebagainya harus dijadwalkan secara rutin.

Selain itu kebersihan sekitar kontrakan diluar kamar yang di kontrak umumnya menjadi tanggung jawab kita, sehingga sebaiknya persiapkan tenaga kerja yang dapat melakukannya setiap hari.

Baca Juga 20 Peluang Usaha Untuk Pemula

Bisnis rumah kontrakan seiring waktu akan semakin dibutuhkan seiring bertambahnya jumlah penduduk setiap saat, terlebih lagi harga properti tempat tinggal saat ini sudah semakin mahal sehingga banyak masyarakat yang memilih tinggal di kontrakan untuk kebutuhan yang bersifat sementara. Oleh karena itu memilih bisnis ini untuk jangka panjang merupakan salah satu langkah yang sangat tepat.