Bisnis Jasa Penitipan Hewan Cocok Jadi Sampingan

Memiliki hewan peliharaan menjadi kesenangan tersendiri bagi para penghobinya, tak jarang mereka memperlakukan hewan kesayangannya dengan perlakuan khusus hingga biaya perawatan yang diperlukan pun cukup besar.

Terutama pada kalangan menengah keatas, mereka tidak segan untuk mengeluarkan uang yang banyak agar hewan kesayangannya dapat hidup dengan sehat dan selalu menggemaskan.

Salah satu kendala yang sering dialami oleh para pemelihara binatang diantaranya adalah dimana saat mereka harus meninggalkan hewan peliharaannya selama berhari-hari dikarenakan mengerjakan berbagai keperluan ataupun liburan.

Tentu saja, hewan yang biasa dipelihara manusia di rumah akan sulit untuk bisa bertahan hidup mengurus dirinya sendiri, perlu adanya bantuan manusia untuk menyediakan makanan, mengurus kebersihan tubuhnya dan lain sebagainya.

Berangkat dari salah satu kendala tersebutlah bisnis jasa penitipan hewan mulai bermunculan. Mereka menawarkan layanan penitipan hewan kesayangan disaat pemiliknya harus meninggalkannya karena berbagai keperluan. Tidak hanya memberinya makan dengan teratur selama masa penitipan, layanannya juga termasuk merawat kesehatannya agar selalu bersih dan sehat.

Tak ayal tempat penitipan hewan pun menjadi solusi terbaik bagi para penghobi yang kebetulan harus meninggalkan hewan kesayangannya pergi selama berhari-hari. Tak heran di moment liburan seperti saat libur lebaran atau tahun baru, pelaku bisnis penitipan kucing atau bisnis penitipan anjing akan sibuk menerima order pelanggan.

Bisnis Jasa Penitipan Hewan

Bisa Jadi Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

Karena dibutuhkan pada waktu tertentu saja, bisnis penitipan hewan dapat kita lirik untuk dijadikan sumber pendapatan sampingan. Jika ingin dijadikan bisnis utama sepertinya kita harus melengkapi layanan seperti dengan berjualan aneka produk keperluan hewan seperti pakan, aksesoris, ataupun menjual hewannya sendiri.


Meski hanya menjadi sampingan, jangan dahulu berfikiran keuntungan yang bisa dihasilkan hanyalah sedikit.

Sebagai contoh, kami mengutip dari sebuah portal berita di detik.com, sebuah tempat penitipan hewan di Jakarta yang menyediakan kamar penitipan berjumlah 64 kamar ukuran sedang, 35 kamar berukuran besar, dan 2 kamar vip, satu bulan menjelang moment liburan sudah habis di booking pelanggan.

Jika tarif rata-rata untuk menitipkan hewan diperkirakan sekitar 50 ribu rupiah perhari saja, dapat dibayangkan berapa jumlah rupiah yang dapat diraup dari bisnis ini.

Baca Juga Artikel :

Tips Menjalankan Bisnis Penitipan Hewan

Bisnis penitipan hewan kesayangan seperti ini sangatlah bergantung kepada kepercayaan sang pelanggan, pasalnya seseorang yang memiliki hewan kesayangan tidak akan mungkin sembarangan menitipkan peliharaannya ke tempat yang belum terpercaya.

Oleh karena itu sebisa mungkin harus kita tunjukan profesionalitas kita dalam menjalankan bisnis ini, akan menjadi poin tambahan jika pelaku usaha jasa penitipan hewan merupakan orang yang memiliki hobi yang sama, sehingga pelanggan pun tidak akan meragukan layanan yang kita tawarkan.

Selain itu, konsumen bisnis ini pun sangat berpotensi untuk menggunakan jasa penitipan secara rutin. Maka dari itu kualitas layanan harus diberikan dengan maksimal agar pelanggan loyal menggunakan jasa kita.

Sebelumnya kita pun harus memastikan tempat usaha berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau pelanggan, seperti contohnya di lokasi komplek yang padat penduduk.

Untuk jenis hewan yang dapat dititipkan, umumnya yang paling banyak diterima pada bisnis ini adalah kucing atau anjing. Anda bisa memilih salah satunya ataupun keduanya jika anda memiliki pengalaman memelihara kedua hewan tersebut.

Sedangkan untuk upaya mempromosikan bisnis ini, cukup efektif jika kita memanfaatkan media internet untuk mengenalkannya kepada calon pelanggan. Dalam dunia internet dapat kita temui banyak forum-forum pecinta hewan peliharaan, dengan bergabung bersama didalamnya kita dapat dengan mudah mendapatkan pelanggan.