Bisnis Jamur Crispy, Analisa Modal Dan Keuntungan

Sedang mencari sebuah bisnis yang dapat dilakukan dengan mudah dan modal yang kecil, coba lirik bisnis jamur crispy ini. Makanan ringan yang satu ini cukup banyak peyukanya dari mulai anak-anak hingga dewasa. Biasa di jadikan sebagai camilan ringan di rumah hingga jajanan di sekolahan.

Kelebihan yang dimiliki makanan ringan ini adalah disukai karena selain rasanya yang lezat dan renyah, jamur juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh serta rendah kolesterol, sehingga bisa menjadi pilihan untuk siapa saja.

Untuk membuatnya pun boleh di katakan sangat mudah, tidak perlu adanya keterampilan khusus dan cara yang rumit. Hanya sediakan bahan baku utamanya berupa jamur tiram serta tepung crispy, lalu proses dengan cara di goreng, maka produksi pun telah selesai dilakukan, tingga lakukan pemasaran.

Apalagi bahan-bahan baku utamanya juga termasuk mudah untuk di dapatkan dimana saja. Dan paling penting usaha ini sudah bisa berjalan hanya dengan memiliki modal di bawah 5 juta saja. Selain untuk kebutuhan produksi, modal selebihnya bisa di gunakan membuat grobak atau booth modern untuk menjajakan di lokasi strategis pilihan.

Jika ada yang tertarik, sebelum mulai benar-benar terjun menjalankannya, berikut beberapa analisa modal dan juga keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan bisnis jamur crispy.

Modal Produksi Dan Keuntungan Bisnis Jamur Crispy

Secara perkiraan, perhitungan biaya produksi jamur crispy serta perkiraan keuntungan yang mungkin bisa di dapat adalah sebagai berikut.

 Jamur tiram 10 Kg ( 13.000 x 10kg ) Rp. 130.000
Tepung Crispy 2 Kg Rp. 40.000
Bumbu tabur aneka rasa Rp. 40.000
Minyak Goreng 2 Kg Rp. 25.000
Sauce tomat dan sambal Rp. 20.000
Gas Rp. 25.000
Kemasan ( 200 x 100 bks ) Rp. 20.000
Total Modal Produksi Rp.  300.000
Harga Jual Rp.5000 x 100 Bungkus Rp. 500.000
Keuntungan (Produksi – Total Harga Jual) Rp. 200.000

Jika kita bisa menjual 100 bungkus jamur crispy seperti perhitungan di atas dalam setiap hari, maka jelas dalam satu bulan yang dikalikan 25 hari saja keuntungan sebesar 5 juta rupiah bisa didapatkan. Jika tidak bisa dilakukan sendirian tinggal persiapkan sejumlah biaya untuk menggaji karyawan yang diambil dari keuntungan.

Beberapa Tips Menjalankan Usaha Jamur Crispy

Sebagai pembeda dengan para pelaku usaha jamur crispy lainnya, kita bisa berkreasi dalam penambahan bumbu tabur yang bervariasi. Seperti misalnya sekarang ini sedang trend camilan pedas, maka kita bisa tawarkan beberapa tingkat kepedasan yang dapat di pilih para pembeli. Ataupun dengan kreasi dan inovasi cara lainnya. Terpenting berikan sentuhan yang baru kepada calon pembeli, agar mereka tidak bosan menikmati jamur crispy dengan rasa yang itu-itu saja.

Selain itu, kita juga perlu lakukan riset sebelumnya dalam menentukan lokasi berjualan. Karena faktor ini sangat penting dan menentukan berjalan tidaknya usaha ini. Beberapa contoh lokasi yang strategis ialah seperti wilayah sekolahan, dalam pusat perbelanjaan atau mall, dalam acara-acara bazar, lokasi car free day dan lain sebagainya.

Selamat Mencoba…