Bisnis Hewan Kurban Yang Menggiurkan

Hewan Kurban – Moment menjelang idul adha seperti sekarang ini bagi sebagian pebisnis menjadi salah satu waktu yang paling di nanti-nantikan, tentu saja bagi mereka yang biasa berbisnis hewan kurban setiap tahunnya. Pasalnya kebutuhan hewan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim di hari raya ini setiap tahun sering kali meningkat, begitu pula untuk harga jualnya, meski di jual dengan harga yang beberapa kali lipat lebih mahal dari bulan-bulan lainnya, namun peminatnya tidak pernah berkurang.

Karena bagi umat muslim melaksanakan kurban di bulan idul adha ini adalah sabagai salah satu bentuk ibadah kepada sang pencipta yang bernilai sangat besar. Maka tidak heran, banyak masyarakat yang sengaja mempersiapkan keuangannya bahkan dari jauh-jauh hari sebelumnya untuk bisa membeli sapi ataupun kambing yang di akan digunakan sebagai hewan kurban.

Tidak sampai di situ, selain masyarakat muslim perseorangan yang antusias untuk berlomba-lomba mencari hewan kurban ini, banyak juga para kalangan pengusaha,pebisnis dari skala kecil, menengah hingga kelas perusahaan besar ternama, ikut berpartisipasi meramaikan hari idul adha dengan memotong hewan kurban. Karena dari keutamaan melaksanakan ibadah ini juga terdapat sebuah nilai sedekah dengan berbagi kepada sesama, yang sangat di anjurkan oleh agama agar segala sesuatu yang di kerjakannya mendapatkan kelancaran termasuk dalam menjalankan usaha.

Baca juga ketahui manfaat sedekah untuk kesuksesan usaha

bisnis hewan kurban

Peluang Usaha Yang Sangat Menggiurkan

Dengan begitu besarnya keperluan akan hewan kurban baik itu kambing dan juga sapi, maka keuntungan yang menggiurkan pun telah siap menanti pelaku usaha yang menjajakan kedua hewan tersebut. Meski bisnis ini masuk kedalam kategori musiman yang di sebabkan hanya bisa di jalankan dalam jangka waktu setahun sekali saja, namun tetap banyak pelakunya.

Bisa kita perhatikan di setiap daerah, terlebih di perkotaan, berbagai tempat di sulap berubah menjadi pasar hewan kurban ini, bahkan hingga trotoar yang di peruntukan bagi pejalan kaki pun tidak luput dari sasaran pedagang yang menjajakan hewan ini. Biasanya dari berminggu-minggu sebelum datang hari idul adha hingga tiga hari sesudahnya, pedagang selalu sibuk melayani pelanggannya.

Advertisement

Bagaimana tidak menggiurkan, meski bisnis berjualan hewan kurban ini hanya berjalan kurang lebih satu bulan, namun keuntungan yang bisa di peroleh ada yang hingga bisa mencapai puluhan juta rupiah, tergantung dari banyaknya stok yang dimiliki. Rata-rata harga hewan yang di tawarkan untuk kambing berkisar antara 2,5 juta hingga 5 juta rupiah tergantung dari postur badan kambing dan berat yang di miliki. Begitu pula dengan sapi, kisaran termurahnya sekitar 12 juta hingga ada juga yang mencapai puluhan juta rupiah.

Dari harga hewan kurban tersebut, rata-rata pedagangnya mendapatkan keuntungan paling minimal 500 ribu rupiah per ekornya, tentunya akan lebih tinggi jika hewan yang di jualnya berharga lebih mahal.

Sekilas Langkah Menjalankan Bisnis Hewan Kurban

Jika anda pun tertarik ingin menjalani bisnis ini, sebaiknya milikilah terlebih dahulu pengetahuan mengenai hewan yang akan di pasarkan, baik itu kambing ataupun sapi. Sebabnya ada kriteria tersendiri mengenai hewan yang boleh di kurbankan, misalnya saja dalam segi umur dan yang lebih penting lagi adalah faktor kesehatan dari hewan tersebut.

Langkah selanjutnya untuk menjalankan usaha ini adalah menyediakan stok hewan, akan sedikit sulit jika kita baru memulai mencari hewan kurban ini saat waktu sudah semakin mendekati idul adha. Karena pada umumnya para pedagang saling berlomba demi mendapatkan stok hewan, bahkan beberapa diantaranya berani membayar kepada peternak terlebih dahulu dari berbulan-bulan sebelumnya. Namun jika itu tidak memungkinkan, saat ini pun masih bisa untuk kita mendapatkan stok hewan kurban dari peternak asalkan kita mau membelinya dengan harga yang sedikit lebih mahal.

Sedangkan untuk jangka panjangnya jika kita akan serius terjun kedalam bisnis hewan kurban ini bisa tempuh cara bekerja sama dengan peternak, atau di kenal juga dengan istilah paroan. Cara ini umum di lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari usaha ternak dengan mudah tanpa harus repot-repot memelihara.

Baca juga peluang usaha ternak kambing dengan cara mudah

Untuk langkah pemasaran yang sekarang ini umum di lakukan adalah dengan membuka lapak di lokasi pinggir jalan, namun jika kita kesulitan untuk melakukan hal tersebut di karenakan berbagai hal, kini banyak yang menjalankan bisnis hewan kurban dengan sistim mendatangi langsung konsumennya, atau dengan bermodalkan brosur yang di sebar di beberapa perumahan, bahkan ada juga yang menjalankan bisnis ini dengan sistim online.