Bisnis Gula Merah, Hasilkan Keuntungan Melimpah

Gula merah sebagai pemanis tambahan aneka makanan dan minuman, kebutuhannya tidak kalah tinggi dibandingkan dengan gula putih atau gula pasir. Untuk beberapa makanan tertentu malah wajib menggunakan pemanis dari gula yang satu ini untuk mendapatkan hasil rasa yang maksimal. Tidak hanya sebagai pemanis tambahan, bagi beberapa orang gula merah dikonsumsi langsung sebagai camilan karena rasanya yang disuka.

Dari sisi Industri, gula merah atau ada yang menyebutnya dengan gula aren, tidak menjadi produk unggulan hasil perusahaan besar. Melainkan kebanyakan hasil dari para pengrajin kelas UKM atau Usaha Kecil dan Menengah. Di berbagai daerah biasanya terdapat pengrajin-pengrajin yang berpengalaman menghasilkan gula merah berkualitas. Hasil dari produknya pun memiliki kelebihan masing-masing, tergantung dari teknik produksi serta bahan baku yang di gunakan.

Diantara bahan baku yang sering digunakan untuk menghasilkan gula merah yang berkualitas adalah cairan atau sering disebut nira, asal dari pohon kelapa dan pohon aren. Gula merah hasil dari pohon kelapa memilki warna yang lebih gelap. Sedangkan gula merah hasil dari nira pohon aren berwarna coklat agak terang, dan dipercaya memiliki aroma yang lebih khas.

Bisnis Gula Merah

Dari kedua jenis gula merah tersebut, selain sering kali di serap pasar rumah tangga, para pelaku usaha pembuatan kecap, dodol, kue dan sebagainya secara rutin menyerap produk ini dengan jumlah yang besar setiap hari.

Salah satu contoh daerah penghasi gula merah terkemuka dari daerah jawa barat ada di wilayah bernama Ujung Genteng Sukabumi Selatan. Ketersediaan ribuan hektar kebun kelapa membuat daerah ini mampu memproduksi berton-ton gula merah setiap harinya.

Ratusan pengrajin pun setiap hari mendapatkan penghasilan yang cukup dengan memproduksi gula merah dan memasarkannya kepada para pengepul yang memasarkan ke wilayah kota Sukabumi dan sekitarnya.

Selain Di Jawa Barat sentra gula merah juga banyak di temukan di Banyumas, Purbalingga dan masih banyak wilayah di Indonesia lainnya. Hebatnya lagi, tidak hanya melayani pasar lokal saja, pasar mancanegara dari negara-negara di Asia hingga Eropa pun terpenuhi.

Memulai bisnis gula merah dapat dimulai dengan beberapa cara, diantaranya dengan bertindak menjadi tengkulak atau pengepul gula merah jika di wilayah kita terdapat sentra pengrajin gula merah. Bahkan beberapa pelaku usaha juga ada yang berhasil sukses menjadi perantara yang mempertemukan pembeli gula merah partai besar, dengan pengepul didaerahnya. Langkah yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi internet yang tidak terbatas oleh wilayah untuk jangkauan pemasaran.

Baca juga artikel menarik :

Ingin menjadi pengrajin gula merah secara langsung pun bukan menjadi salah satu hal yang tidak mungkin. Tentu dengan syarat keterampilan yang harus dimiliki dengan maksimal. Selain itu, lokasi tempat melakukan usaha juga harus memungkinkan untuk menjangkau tempat bahan baku yang diperlukan.