Bisnis Es Yoghurt Kian Yahud

Kita perhatikan sekarang ini produk es yoghurt semakin mudah di temui di warung-warung atau toko pinggir jalan, berupa es lilin yang dahulu lazimnya adalah berupa sirup aneka rasa. Kerap kali menjadi jajanan anak-anak, kini es lilin yoghurt ini juga bahkan di sukai orang dewasa.

Harga dari jajanan ini juga terbilang sangat murah untuk jaman sekarang, bahkan masih ada warung yang menjualnya dengan harga 500 rupiah perbuahnya. Tidak heran jika produk ini sangat di suka, karena bisa menjadi andalan pelepas dahaga di saat cuaca panas melanda.

Analisa Usaha Es Lilin Yoghurt

bisnis es yoghurt

Namun ternyata di balik harganya yang cukup murah tersebut, tersimpan keuntungan yang cukup lumayan bagi para pelaku usahanya. Dengan begitu banyak peminatnya, tidak begitu sulit untuk memasarkan produk ini ke pasaran. Dijalankan secara rumahan dan mengandalkan pemasaran dengan cara titip jual ke warung dan toko-toko sekitar pun sudah bisa menghasilkan keuntungan.

Selain itu di media internet yang sekarang ini lazim di gunakan untuk mendukung usaha juga cukup banyak para pelaku usaha es yoghurt ini bertebaran. Mereka saling bersaing menawarkan paket usaha es ini dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan hanya dengan kisaran modal di bawah 500 ribu sudah bisa mendapatkan seperangkat box untuk berjualan serta stok es yoghurtnya. Tentunya dengan modal yang kecil tersebut bisa cukup menarik rasa penasaran para pencari peluang usaha untuk menjadi reseller dan agen di daerah tempat tinggalnya.

Jika kita analisa lebih lanjut dari usaha es yoghurt ini maka dengan mudah kita mendapatkan angka perkiraan keuntungan yang bisa didapatkan. Rata-rata para produsen es tersebut menawarkan paket kurang lebih dengan harga 7000 hingga 8000 rupiah untuk setiap pack berisikan 10 es lilin yoghurt dengan berbagai rasa. Itu berarti harga untuk setiap es lilinnya berkisar 700 hingga 800 rupiah.

Advertisement

Jika harga jual kepada konsumennya 1000 rupiah atau 10 ribu/pack, berarti jika di rata-ratakan kita akan mendapatkan keuntungan 250 rupiah dari satu batang esnya, itu berarti dari 1 pack kita mendapatkan profit sebesar 2500, jadi dari total harga jual kita mendapatkan keuntungan kurang lebih 25% nya.

Mari kita hitung dengan skala yang lebih besar, taruh saja misalkan kita ingin menjual dalam satu hari hingga mendapatkan omset 1 juta rupiah, berarti keuntungan yang kita dapatkan adalah sekitar 250 ribu. Pertanyaannya berapa banyak es yoghurt yang harus kita jual sehari ? Tepat…! 100 pack setiap harinya. Pertanyaan selanjutnya sanggupkah kita menjual sedemikian banyak es dalam satu hari tersebut ?

Langkah Pemasaran

Jawaban dari pertanyaan di atas hanya masing-masing dari diri kita lah yang bisa menjawabnya, tergantung bagaimana cara kita melakukan pemasaran nantinya. Tentunya jika di pasarkan sendiri 100 pack es yoghurt yang berarti 1000 pcs itu akan sangat sulit di lakukan. Namun jika kita bekerja sama dengan 10 warung atau toko di sekitar, atau menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, maka akan menjadi lain ceritanya.

Sebagai penyemangat, keuntungan 250 ribu sehari seperti hitungan di atas itu berarti dalam satu bulan kita bisa meraup kurang lebih hingga 7,5 juta rupiah, angka yang cukup menggiurkan bukan ?

Jika masih dirasa masih sulit, bisa kita coba untuk menjadi produsen dari es yoghurt langsung, kita bisa ikut bersaing mencari reseller atau agen-agen yang mau bekerja sama. Namun kita harus mempelajari dahulu cara membuat yoghurt untuk selanjutnya kita jadikan produk es, tentunya ini akan memerlukan beberapa kali percobaan untuk bisa membuatnya hingga bisa berhasil tergantung dari keterampilan yang kita miliki.

Semoga Menginspirasi….