Bisnis Dari Kertas Daur Ulang Yang Menguntungkan

Menjalankan sebuah peluang usaha yang bahan bakunya berasal dari sampah dalam hal ini kertas yang di daur ulang, pastinya akan sangat menguntungkan. Tentu saja karena bahannya didapatkan dengan gratis tidak membeli, sedangkan setelah menjadi produk bisa menjadi berharga, bayangkan keuntungan yang didapatnya bisa sebagaimana.

Tetapi tentu saja akan membutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk dapat melakukannya, kertas yang sudah menjadi sampah di sulap menjadi kertas yang baru kembali dan dapat digunakan menjadi bahan produk yang berharga seperti tempat tisu, vas bunga, bingkai foto celengan dan berbagai macam hiasan lainnya.

Untuk menjalankan bisnis daur ulang kertas ini di perlukan dua langkah produksi, pertama membuat kertasnya lalu berikutnya kertas hasil daur ulang tersebut di proses menjadi sebuah produk yang berguna dan memiliki nilai ekonomis. Mari kita bahas langkah-langkahnya :

Cara Membuat Kertas Daur Ulang

Persiapkan sejumlah sampah kertas yang bisa dengan mudah kita dapatkan di mana-mana, bisa berupa koran bekas, kertas bekas kemasan, dan semacamnya. Cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Kertas bekas sebelumnya harus di cacah kecil-kecil dan direndam selama kurang lebih 12 jam agar benar-benar lunak.
  2. Setelah itu kertas tadi blender dengan di campur air, sehingga menjadi bubur kertas. Proses pemblenderan hanya di lakukan beberapa detik saja, dan di ulang beberapa kali hingga benar-benar rata.
  3. Bubur kertas tadi lalu kita pindahan kedalam wadah untuk proses selanjutnya yaitu mencampur dengan serbuk kayu agar tercipta tekstur pada kertas dan tambahkan perekat yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur air. Pada proses ini juga kita bisa tambahkan pewarna jika di butuhkan, Lalu aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya proses pencetakan, adonan kertas di ratakan pada bingkai screen untuk mencetak kertas dengan ketebalan sesuai yang di inginkan, lalu angkat bingkai cetakan sehinngga adonan terbentuk menjadi lembaran kertas yang masih basah.
  5. Tinggal kita jemur lembaran kertas tersebut hingga kaku dan kering.

bisnis kertas daur ulang

Baca juga Peluang Usaha Dari Barang Bekas Dan Rongsokan

Membuat Produk Dari Kertas Daur Ulang

Setelah jadi kering proses selanjutnya adalah membuat produk dari bahan kertas daur ulang tersebut. Disini kita harus bisa kreatif dan berkreasi membuat karya yang berguna, seperti contoh yang sudah disebutkan diatas yaitu membuat tempat tisu, bingkai foto dan lain sebagainya.

Jangan terpaku hanya menggunakan bahan kertas daur ulang buatan kita tadi, kita bisa memadukan dengan barang-barang lainnya seperti kayu, kaca untuk bingkai foto, dan benda lainnya. Cari ide membuat produk baru yang unik dan menarik sehingga nilai jualnya bisa tinggi, contoh barang lainya seperti kotak kado,kotak hantaran pernikahan, kotak perhiasan, dan sebagainya.

Bekal utama untuk dapat menjalankan bisnis dari kertas daur ulang ini adalah kreatifitas, karena barang yang di hasilkan umumnya memiliki nilai seni atau handicraft. Maka kita harus pandai-pandai mengamati trend yang sedang di gemari dan selalu mencari inspirasi dari berbagai media informasi.

Baca juga artikel Usaha Daur Ulang Penggilingan Botol Plastik Bekas