Bisnis Dari Kerajinan Tangan Barang Bekas

Bisnis akan sangat menguntungkan jika kita mampu menghasilkan produk yang berasal dari jenis kerajinan tangan apalagi jika itu di buat dari barang bekas. Sebabnya tidak semua orang memiliki keterampilan untuk membuatnya, hanyalah orang terlatih dan kreatif yang bisa melakukannya. Ditambah dengan bahan baku pembuatannya dari bahan bekas yang kebanyakan sudah menjadi sampah, produk yang di hasilkan pastinya akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Namun keterampilan untuk bisa menghasilkan kerajinan tangan dari barang bekas ini bukan berarti sulit untuk di pelajari, setiap orang memiliki peluang untuk dapat mempelajarinya asalkan rajin, serius dan berani mencoba membuat kerajinan dari yang mudah dibuat terlebih dahulu.

Sebagai ide, berikut ini kami ulas beberapa produk bisnis kerajinan tangan dari barang bekas yang telah sukses di pasaran, meski dari bahan bekas produk-produk ini telah di sulap menjadi barang yang bernilai tinggi sehingga banyak konsumen yang meminati. Berikut beberapa di antaranya :

1. Kerajinan Dari Botol Kaca Bekas

kerajinan dari barang bekas

Botol kaca bekas bahkan yang sudah pecah sekalipun ternyata jika kita kreatif bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan berbagai hiasan rumah yang bernilai. Diantaranya dengan di buat menjadi berbagai miniatur menara bangunan terkenal atau pun bentuk lainnya. Serpihan-serpihan dari botol kaca bekas ataupun sisa-sia potongan kaca lainnya di potong dan di tata sesuai dengan bentuk yang di inginkan, dan di rekatkan dengan lem khusus untuk kaca. Lalu ada juga yang menambahkan pecahan kaca kepada barang lain yang berfungsi menjadi tambahan hiasan, seperti vas bunga dari tanah liat yang bagian luarnya di lapisi serpihan kaca.

2. Kerajinan Dari Kardus Bekas

kerajinan2

Kardus bekas yang sering kali memenuhi gudang atau kadang dibuang di tempat sampah, di tangan orang-orang kreatif bisa menjadi sebuah kerajinan tangan unik, menarik dan bermanfaat. Apalagi media kardus ini lebih mudah di bentuk untuk di jadikan berbagai produk yang bernilai. Diantaranya bisa di buat menjadi produk pigura untuk foto, aneka miniatur mainan yang unik, kotak serbaguna dan lain sebagainya.

3. Kerajinan Dari Kain bekas

kerajinan3

Selanjutnya ide produk kerajinan tangan dari barang bekas adalah, memanfaatkan kain-kain berupa potongan-potongan kecil yang sudah tidak di pakai untuk di jadikan barang fashion atau lainnya yang menarik. Kain seperti ini banyak bisa kita dapatkan dari para konveksi atau garment yang membuat aneka pakaian, potongan kain kecil yang tidak bisa mereka manfaatkan kembali akan di kumpukan untuk di jual dengan sangat murah. Produk yang bisa di buat dari bahan ini antara lain tas, dompet, bantal, taplak meja dan sebagainya.

4. Kerajinan Dari Kaleng Bekas

kerajinan4

Kaleng bekas banyak di temui di rumah sehari-hari, seperti bekas minuman soda, bekas susu dan makanan lainnya. Ada beberapa diantaranya pengusaha-pengusaha kreatif yang membuat produknya dari kaleng-kaleng bekas tersebut, diantaranya di olah menjadi miniatur mainan yang unik, lampu hias, hingga dijadikan kerajinan patung pajangan yang di minati hingga mancanegara.

5. Kerajinan Dari Botol Plastik Bekas

kerajinan5

Botol plastik bekas jika hanya di jual dengan sistim kiloan kepada pengepul rongsokan hanya akan menghasilkan sedikit keuntungan, akan lebih baik jika kita mampu mengolahnya menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki tampilan yang unik, itu tentunya akan bisa menghasilan keuntungan yang lebih besar. Diantaranya botol plastik bekas yang sukses di jadikan bisnis kerajinan tangan dari barang bekas adalah lampu hias, tempat pensil, vas bunga dan lain sebagainya. Semoga menginspirasi..

Baca juga artikel peluang usaha dari barang bekas dan rongsokan