Bisnis Cafe Jamu, Ide Inovatif Yang Menjanjikan

Pastinya anda semua sudah tidak asing dengan warung-warung jamu yang biasanya ada di pinggir jalan, layout warungnya yang rata-rata serupa antara satu dan yang lainnya membuat kita familiar dengan usaha yang satu ini. Atau selain berupa warung, jamu juga lazim di dagangkan dengan cara berkeliling oleh penjajanya yang akrab kita kenal dengan sebutan “mbok jamu”.

Tetapi apakah anda familiar dengan istilah Cafe Jamu ? Masih terdengar asing bukan…,

Ya itulah salah satu ide bisnis inovatif yang pada ahir-ahir ini mengemuka, jamu yang biasanya di jual di warung-warung sederhana kini di kemas lebih modern dengan di tawarkan di tempat yang lebih mewah seperti di mall. Produk yang di jual di cafe biasanya berupa kuliner-kuliner berkelas semacam espresso coffee, late, milk shake dan sebagainya. Namun yang kini di tawarkan di sana adalah jamu yang berupa sebuah minuman tradisional.

Sekilas terpikir sepertinya hal ini adalah sebuah ide yang mustahil atau mengada-ngada. Bagaimana tidak, jamu selain juga sebuah minuman tradisional, produk ini pun terkesan sebuah minuman kuno yang ketinggalan jaman, di tambah juga biasanya penikmatnya adalah kalangan bapak-bapak atau ibu-ibu jaman dulu. Bagaimana mungkin jamu bisa sesuai di jual dalam sebuah cafe yang pengunjungnya adalah rata-rata kalangan anak muda yang bergaya hidup modern.

Dikemas Dengan Konsep Dan Cita Rasa Yang Lebih Modern

Pada kenyataanya ternyata sekarang ini bisnis cafe jamu mulai di lirik sebagai sebuah usaha yang menjanjikan, anggapan yang memperkirakan jamu ini tidak mungkin di jajakan dengan konsep cafe ternyata terbukti bisa di jalankan. Di beberapa kota besar, para pengusaha mulai banyak yang menggeluti bisnis ini dengan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit.

Untuk menarik minat pembeli yang rata-rata konsumennya adalah anak muda ini, cita rasa jamu pun tidak di biarkan seadanya. Melainkan di racik juga dengan lebih modern, seperti di kombinasikan dengan rasa strawberry, coklat, blueberry, susu dan sebagainya. Bahkan hingga cara penyajiannya pun mengikuti tema tempatnya yang sudah modern, dengan menggunakan gelas atau wadah minum khas cafe-cafe.

Baca juga membangun usaha cafe kecil kecilan dengan modal terbatas

Mengangkat Pamor Jamu Yang Semakin Meredup

Kehadiran bisnis cafe jamu yang sekarang ini bermunculan, cukup membantu mengangkat pamor jamu yang seiring waktu semakin meredup. Terlebih di kalangan anak-anak muda yang bisa dikatakan sudah jarang atau bahkan tidak pernah lagi mengkonsumsinya.

Padahal jamu ini adalah salah satu warisan berharga dari para nenek moyang kita terdahulu, dan juga bisa di katakan sebagai minuman khas asli Indonesia. Dan jangan lupakan juga jamu ini menjadi salah satu minuman berkhasiat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, sekaligus juga pastinya tidak memiliki efek samping karena di hasilkan dari bahan-bahan yang alami.

Tentunya kita semua tidak ingin kedepan jamu ini hilang sama sekali hingga tidak di kenal. Semoga terinspirasi…

Baca juga artikel makanan tradisional terkenal inspirasi berbisnis kuliner