Bisnis Batu Akik, Peluang Usaha Yang Menggiurkan

Sebuah peluang usaha yang semenjak  tahun 2014 kemarin sedang mengalami peningkatan permintaan adalah berbisnis batu akik. Bahkan di tahun 2015 ini pemintaan nya semakin membeludak, kabarnya keuntungannya pun sangat menggiurkan, sebabnya batu akik ini termasuk kedalam barang koleksi bagi sebagian masyarakat yang menggemarinya, berapapun harga sebuah jenis batu akik jika seseorang sudah menyukainya maka akan dibeli.

Barang koleksi dalam hal ini batu akik, untuk yang menggemarinya merupakan barang yang akan dicari jika jenis batu itu adalah incarannya, ini merupakan peluang yang besar bagi para pedagang di bidang ini, sebabnya harga sebuah batu akik terlebih itu dari jenis yang langka di pasaran, akan berharga sangat tinggi. Di pasaran sekarang ini harga batu akik berkisar dari 200 ribuan hingga ratusan juta rupiah tergantung dari jenisnya.

Jenis batu akik yang ada di pasaran sangat beragam macamnya, Batu bacan,kecubung,sulaiman,kalimaya,Red Raflesia dan banyak lagi lainnya. Disetiap jenis batu-batu tersebut ada penggemarnya, alasannya bermacam-macam dari yang sekedar suka dengan warna batunya hingga ada juga yang mengharapkan khasiat dari batu tersebut, karena kabarnya dari setiap jenis batu akik ada pengaruh kepada pemakainya, dalam hal ini tentu saja kita boleh percaya ataupun tidak.

Meraih Keuntungan Dari Bisnis Batu Akik

Terlepas dari kepercayaan sebagian masyarakat terhadap khasiat sebuah batu akik, kita yang akan menjalankan bisnis ini hendaknya tidak terlalu terpaku pada poin tersebut. Yang penting kita pandai-pandai jeli melihat tren di pasaran, jika ada salah satu jenis batu yang sedang banyak di incar, kita pun harus sebisa mungkin menyediakannya, karena dari situ kita bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Salah satu faktor yang harus kita kita jaga dalam bisnis ini adalah kepercayaan konsumen, dengan selalu menyedikan batu akik yang berkualitas asli, maka bisnis kita pun lama kelamaan akan dikenal baik di mata konsumen, hal ini tentu saja akan berujung kepada semakin banyaknya pelanggan yang mempercayai kita. Sekali saja kita mengecewakan konsumen akan berakibat buruk pada bisnis yang kita jalankan.

Advertisement

Tempat Kulakan Batu Akik Dan Perlengkapannya

Sebetulnya banyak di Indonesia ini tempat yang menyediakan batu akik untuk di beli secara grosir atau tempat kulakan. Sebagian tempat yang banyak dikenal dan termasuk kedalam skala grosiran terbesar adalah di Grand Cakung jakarta, di tempat ini banyak tersedia berbagi macam batu akik yang di jual secara grosir, baik itu berjenis lokal dan juga import. Di tempat ini juga banyak yang menyediakan batu yang basih berupa bongkahan sekaligus terdapat juga para penyedia jasa mengasah batu dan mengkilapkan dari batu bongkahan mentah hingga jadi siap pakai.

Selain di jakarta, tempat kulakan batu akik terdapat juga di jawa timur, tepatnya di pacitan-jogja, sama seperti tempat sebelumnya, di tempat ini juga menyediakan berbagai macam batu akik hingga perlengkapannya seperti ring cincin.

batu akik

Di tempat kulakan seperti ini para pedagang umumnya menerapkan harga lebih murah jika kita membeli secara grosir, dan kita juga bisa melakukan negosiasi harga kepada penjual. Harus anda perhatikan juga keaslian dari batu yang anda pilih, akan lebih baik jika kita membeli batu akik yang masih berbentuk bongkahan dan langsung di bentuk kepada yang menyediakan jasa asahan.

Pemasaran Batu Akik

Untuk pemasaran banyak cara yang bisa anda tempuh, jika kita memiliki modal yang cukup, kita bisa menyewa tempat atau showrom khusus untuk berjualan, namun jika kita tidak memiliki modal untuk menyewa tempat bisa juga dengan menjajakan dagangan kita secara online memanfaatkan media internet.

Sekarang ini banyak juga konsmen yang mencari batu akik di dunia maya, meski konsumen tidak dapat melihat secara langsung mereka biasanya mencari testimoni dari konsumen yang terlebih dahulu membeli, di sini kita sebagai penjual harus pintar meyakinkan konsumen bahwa produk yang kita jual benar-benar berkualitas. Selain dengan melampirkan berbagi testimoni kita juga bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, karena dengan media sosial konsumen bisa lebih leluasa membaca berbagai komentar dari komsumen lainnya.

Sistem penjualan bisa anda terapkan juga sistem tukar tambah, artinya kita menerima juga konsumen yang berniat menjual batu akiknya untuk di tukar dengan batu jenis lainnya. Dengan cara ini kita bisa lebih di untungkan karena selain mendapatkan keuntungan dari batu yang kita jual, kita juga mendapatkan lagi barang yang berpotensi menghasilkan keuntungan juga tanpa perlu repot-repot berbelanja ke tempat kulakan.