Tips dan Cara Bisnis Barang Rongsokan

Boleh dikatakan bisnis barang rongsokan ini tidak begitu banyak dipilih masyarakat, bisa jadi mungkin karena barang tersebut adalah berupa sampah yang indentik dengan kotor dan menjijikan.

Padahal jika tidak memperdulikan hal tersebut, usaha ini bisa sangat menguntungkan. Tidak sediki para pelaku usaha rongsokan yang berhasil membukuan omset hingga ratusan juta setiap bulannya.

Meski hanya berupa sampah, rongsokan dengan bahan berupa plastik, kertas, besi, karet, almunium hingga tembaga ternyata masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Beberapa diantaranya barang-barang tersebut dapat dilebur kembali sehingga dapat diproses menjadi material baru kembali. Oleh karenanya bisnis seperti ini bisa cukup menjanjikan jika dijalankan dengan benar.

Apalagi untuk menjalankan bisnis rongsokan juga terbilang dapat dijalankan dengan tidak terlalu sulit karena tidak perlu ada proses produksi yang rumit, kita hanya perlu mengumpulkan lalu slektif memilih mana sampah yang dapat laku dijual kembali.

Dilihat dari prosesnya cara bisnis barang rongsokan dapat dijalankan dengan beberapa tahapan berikut ini.

Bisnis Barang Rongsokan

Tahapan Menjalankan Bisnis Barang Rongsokan

  • Mengumpulkan Rongsokan

Untuk mengumpulkan barang rongsokan biasanya pelaku usaha ini menggandeng banyak para pemulung yang bersedia terjun langsung untuk mengumpulkan rongsokan dari berbagai tempat seperti kawasan rumah tangga, tempat pembuangan sampah, dan sebagainya.

Setiap hari para pemulung dapat menyetorkan hasil rongsokan yang didapatnya, lalu dibeli secara kiloan dengan harga yang bervariasi tergantung jenis barang yang didapatnya.

  • Menyortir Rongsokan

Karena rongsokan yang didapat biasanya masih bercampur aduk berbagai bahan. Misalnya saja rongsokan alat elektronik, botol bekas, kertas koran, plastik alat rumah tangga, ban bekas dan lain sebagainya.

Maka tugas kita selanjutnya adalah menyortir sampah-sampah tersebut berdasarkan bahannya masing-masing. Plastik dikumpulkan dengan plastik lain, dan begitupun bahan lainnya.

Mengapa memerlukan penyortiran, pasalnya harga untuk tidap bahan rongsokan tersebut berbeda-beda. Begitupun untuk target pemasarannya, ada tempat khusus yang menerima rongsok plastik, besi, kertas dan sebagainya.


Baca Juga Limbah Ban Bekas Bisa Hasilkan Keuntungan Melimpah

  • Memasarkan Rongsokan

Proses terahir adalah pemasaran barang rongsokan. Setelah sampah dipisah-pisah berdasarkan bahannya, selanjutnya kita pun dapat langsung memasarkannya kepada pengepul atau jika barang yang kita miliki cukup banyak bisa langsung memasarkannya ke perusahaan daur ulang secara langsung.

Perlu diketahui harga setiap bahan memiliki nilai jual yang berubah-ubah. Terkadang memiliki nilai yang sangat tinggi, namun tidak jarang juga nilainya menurun drastis. Maka dari itu, kita perlu pintar-pintar membaca situasi kapan saat yang tepat untuk membeli dan menjualnya kembali.

Tips Menjalankan Bisnis Barang Rongsokan

Sedikit tips dari kami untuk anda yang sedang berniat menjalankan usaha barang rongsokan. Mengumpulkan rongsokan dari para pemulung mungkin saja bisa sedikit sulit dilakukan, pasalnya kebanyakan dari mereka pastinya telah memiliki tempat langganan untuk menjual hasil rongsokan yang didapatnya.

Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan, hanya saja kita perlu pendekatan terlebih dahulu kepada mereka agar ahirnya mau menjual rongsokannya kepada kita. Caranya bisa ditawarkan menerima rongsokan dengan harga lebih tinggi, atau bahkan mungkin dengan memberi mereka modal terlebih dahulu lalu nantinya hasil wajib dijual kepada kita.

Perlu kita sadari, para pengumpul barang rongsokan ini adalah aset utama bisnis kita. Tanpa adanya mereka mustahil bisnis kita akan dapat berjalan. Maka dari itu, jalin kerja sama yang baik dan saling menguntungkan agar semua pihak dapat menjalankan usahanya dengan lancar.

Begitupula hubungan kepada pihak penampung hasil barang rongsokan yang kita dapat. Jalinan kerja sama yang baik juga perlu kita lakukan agar pemasaran bisa terus berjalan.

Baca juga artikel :

Meski setiap hari harus bergelut dengan sampah-sampah yang kotor, bisnis barang rongsokan layak kita pilih untuk menghasilkan rupiah. Karena selain dapat menghasilkan keuntungan, kita pun menjadi salah satu orang yang turut menjaga kelestarian lingkungan karena membantu membersihkan sampah untuk diproses kembali menjadi barang yang bermanfaat.