Peluang Bisnis Barang Bekas Online (Second Hand Stuff)

Bisnis barang bekas online sekarang ini cukup diminati, karena pangsa pasarnya sangat luas. Barang bekas yang kami maksudkan disini adalah barang-barang bekas yang masih layak pakai atau yang biasa dikenal dengan second hand stuff, istilah lainnya sering di sebut juga barang preloved

Contohnya adalah pakaian bekas, komputer bekas, mobil bekas, motor bekas, peralatan rumah tangga bekas, dan lain sebagainya.

Market dari second hand stuff cukup banyak, hanya saja kurang trending di Indonesia. Sehingga jarang perusahaan-perusahaan kelas unicorn yang menggarap pasar ini.

Nah, jika anda tak ingin melewatkan moment emas ini, anda harus atur strategi atau minimal bisa meniru pihak-pihak yang telah sukses dengan bisnis barang bekas online.

Bagaimana Prospek Bisnis Barang Bekas Online?

Meskipun penjual barang bekas online ini rata-rata masih didominasi oleh kalangan personal (jualan barang milik pribadi), tapi secara logika ide ini bisa dijadikan bisnis (kulakan – jual).

Buktinya di dunia offline banyak juga pedagang barang-barang bekas yang tokonya ramai dikunjungi pelanggan setiap hari.

Masih Kurang Yakin? Coba intip situs-situs besar ini!

Yang sudah populer di Indonesia, sebut saja seperti Laku6, Prelo, Carousell dan Jualo. Berikut kupasan singkatnya.

Laku6.com

Laku6.com merupakan situs online khusus jual-beli handphone bekas.

Sifatnya yang lebih mirip mediator, Laku6.com mencoba menghubungkan antara pembeli dan penjual handphone bekas.

Disini konsumen diberi kepastian kualitas maupun harga. Kita cukup menyadari bahwa membeli handphone bekas memang cukup beresiko, dan disini Laku6.com mampu menjawab tantangan bisnis.

Prelo.co.id

Bisa dikatakan Prelo adalah marketplace barang-barang bekas. Jika anda berminat bisnis barang bekas anda bisa memasarkan di Prelo. Apa saja bisa bisa dijual disini asal masih layak pakai, mulai dari kompor gas hingga pakaian.


Carousell

Carousell adalah marketplace barang baru dan bekas yang beroperasi Indonesia, Hongkong, Australia, Malaysia, Taiwan, New Zealand, Canada dan Filipina. Kantor pusatnya sendiri berada di Singapura. Masyarakat Indonesia gemar belanja second hand stuff berupa pakaian, khususnya kaum hawa. Ada banyak barang-barang branded original dijual murah, meskipun kondisinya masih 80 – 90 %.

Jualo.com

Jualo merupakan website jual-beli barang yang tak kalah kondang di Indonesia. Meskipun ada banyak kategori barang yang bisa dijual di sana, Jualo lebih dikenal sebagai situs jual beli mobil dan motor bekas serta properti.

Jualo masih tergolong baru di Indonesia, didirikan pada Januari 2014 oleh Chaim Fetter yang juga tersohor sebagai pendiri Yayasan Peduli Anak.

(Tambahan) Forum dan Sosmed

Forum yang paling terkenal untuk aktifitas jual-beli barang-barang bekas pakai diantaranya adalah Kaskus dan OLX. Keduanya memiliki mobilitas pembeli dan penjual yang sangat tinggi.

Selain itu, sosial media seperti Facebook marketplace dan Instagram juga menjadi basis aktifitas jual-beli barang bekas pakai.

Jika anda ingin terjun ke media sosial ataupun forum untuk menjalankan bisnis barang bekas online, maka ada aturan-aturan yang harus di ikuti terutama aturan dari pemilik forum atau fasilitas yang anda gunakan di media sosial seperti group.

Baca Juga Tips Menjual Barang Bekas Via Online Di Internet

Platform Apa yang Paling Bagus Untuk Bisnis Barang Bekas Online?

Menurut kami semua platform seperti yang disebutkan di atas sangat bagus untuk jualan barang bekas layak pakai.

Satu alasannya karena bisnis ini sangat minim kompetitor. Bahkan barang yang anda jual bisa menjadi satu satunya pilihan.

Salah satu kunci keberhasilan bisnis barang bekas adalah strategi penentuan harga. Anda harus ingat meskipun yang anda jual adalah barang bermerek, tapi tetap saja statusnya sudah pernah dipakai. Jangan sekali-kali menetapkan harga yang tidak wajar, karena konsumen tidak akan melirik.