Mengulas Bisnis Aquarium Air Laut Yang Menguntungkan

Aquarium dengan air laut sekarang ini tengah menjadi pilihan dibandingkan dengan air tawar. Pasalnya keindahan aneka biota laut jauh lebih menarik dan beraneka ragam jenisnya. Berbagai variasi ikan hias yang bisa menjadi isinya pun bermacam-macam, dan sebagaian besar mungkin masih jarang kita temui sehingga mengundang rasa penasaran bagi siapapun yang melihatnya.

Selain di gemari para penggemarnya dari kalangan penghobi, aquarium juga di gemari untuk di gunakan sebagai penghias sudut rumah. Maka oleh sebab itu permintaan akan produk ini tidaklah sedikit, jika dahulu aquarium dengan air tawar saja yang lebih mendominasi untuk dipilih, sekarang air laut menjadi pilihan baru yang trendnya terus meningkat, untuk itu maka bisnisnya pun sangat layak di lirik untuk dijalankan.

Apalagi jika dibandingkan harga aquarium air laut ini memiliki bandrol yang lebih mahal, dan selain itu membutuhkan perawatan yang juga tidak sederhana. Namun dari segi bisnis justru hal ini bisa menjadi ladang untuk menghasilkan keuntungan yang besar serta bisa berlanjut berkesinambungan.

Bisnis Aquarium Air Laut

Membangun Aquarium Air Laut Dan Peralatan Yang Di Butuhkan

Tidak seperti Aquarium air tawar yang untuk membangunnya hanya tinggal di isi air biasa serta menambahkan peralatan seperti filter air, lampu dan sebagainya. Aquarium air laut jauh lebih rumit untuk di bangun serta membutuhkan peralatan pendukung yang lebih banyak. Sebagai gambaran jika ingin mengenal bisnis Aquarium air laut ini lebih lanjut, berikut sekilas mengenai langkah membuatnya.

Advertisement

Pertama persiapan aquarium dengan ukuran minimal panjang 60 cm atau lebih tergantung kebutuhan, lalu susun dasar aquarium dengan pasir laut serta aksesoris lain seperti karang dan tumbuhan hidup lainnya. Selanjutnya di isi dengan air asin/air laut asli hingga penuh, dan biarkan selama 4 sampai 5 hari untuk memberi kesempatan terjadinya keseimbangan ekosistem seperti di habitat laut aslinya.

Peralatan yang diperlukan diantaranya lampu khusus sebagai pengganti sinar matahari yang sangat di butuhkan oleh berbagai mahluk hidup di dalam aquarium. Lalu memerlukan juga pompa untuk sirkulasi air, Skimmer untuk menyaring kotoran, Calcium Reactor untuk menyuplai kalsium yang di butuhkan hewan laut serta karang hidup dan lainnya, Coil Denitrator sebagai penyaring kandungan nitrat dalam air laut yang berbahaya bagi mahluk didalamnya, Chiller yang berfungsi untuk mendinginkan suhu air, dan beberapa alat pendukung lain seperti PH tester, Calcium tester, amoniak/nitrat tester, Thermometer dan lain sebagainya.

Setelah peralatan di terpasang seluruhnya masih juga memerlukan langkah yang di sebut dengan Recycling atau proses untuk menjalankan proses nitrogen berjalan dengan baik dan sempurna hingga kurang lebih 1-2 minggu lamanya.

Menjalankan Bisnis Aquarium Air Laut

Selain menjajakan berbagai ikan air laut, kita juga bisa menyediakan berbagai alat,aksesoris dan aneka peralatan pendukungnya. Umumnya perdagangan aquarium air laut di tawarkan juga dengan sistim paket yang siap pakai sehingga konsumen tidak di repotkan dengan berbagai persiapan yang rumit. Maka dari itu sebelumnya pengetahuan mendalam mutlak dibutuhkan bagi pelaku bisnis ini.

Harga paket yang ditawarkan umumnya ditawarkan mulai angka 2 jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung ukuran dan bahan furniture yang biasanya menjadi satu set dengan aquarium. Selain menjual berbagai produknya, jasa perawatan pun bisa di tawarkan, karena jenis aquarium air laut ini membutuhkan perawatan berkala agar kelangsungan hidup hewan didalamnya dapat terjaga.