Berjualan Aneka Takjil Ramadhan

Karena waktu menuju bulan ramadhan sudah tinggal beberapa saat lagi, maka akan kita bahas lagi usaha-usaha yang biasanya ramai di jalankan di bulan ini. Kali ini akan kita ulas mengenai berjualan aneka makanan ataupun minuman untuk takjil di bulan puasa.

Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, di kala hari menjelang sore atau pada saat menjelang buka puasa, banyak pedagang yang menjajakan aneka ragam takjil sebagai makanan pembuka. Makanan dan minuman semacam aneka kolak, es buah,bubur sum-sum,bubur candil,gorengan,kurma dan makanan tradisional lainnya, serta setiap jenis makanan ringan yang bercita rasa manis dan berporsi sedikit cocok untuk di tawarkan di waktu ini.

Usaha yang berkategori musiman ini bisa kita jalankan sebagai sampingan, atau bagi ibu rumah tangga bisa dijadikan pengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka, karena sifatnya yang mudah di jalankan akan tetapi bisa memberikan keuntungan yang lumayan.

Karena di saat semua anggota keluarga menjalankan ibadah puasa, seringkali merasa lelah untuk menyediakan makanan, solusi untuk mereka tentunya adalah dengan membeli aneka takjil sebagai santapan berbuka. Dengan begitu maka usaha julanan ini tidak pernah sepi pembeli setiap harinya.

Mudah Dijalankan Dan Menguntungkan

Karena pangsa pasarnya sangat luas, untuk berjualan aneka takjil tidak memerlukan lokasi khusus. Dengan memanfaatkan halaman rumah saja, pembeli sekitar bisa menjadi konsumennya. Apalagi jika kita menempatkan dagangan di pusat-pusat jajanan seperti pasar,alun-alun kota, dan daerah keramaian lainnya, stok jualan pastinya harus di sediakan lebih banyak.

Tidak perlu semua dagangan hasil buatan sendiri, karena tentunya akan merepotkan. Kita bisa berbelanja secara grosir kepada pembuatnya langsung, atau bisanya ada juga yang menjajalan secara grosir aneka jajanan ini untuk di jual lagi kepada pedangang yang menjual secara eceran.

Advertisement

berjualan aneka takjil ramadhan

Atau bisa juga kita tempuh cara menjadi produsen yang membuat aneka makanan takjil tersebut, selanjutnya tinggal mencari pedagang yang akan menjualnya kepada konsumen. Namun cara ini akan di perlukan keterampilan untuk memasak, akan tetapi bagi ibu rumah tangga yang sering menghabiskan waktunya di dapur, tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah.

Baca juga artikel Es Pisang Ijo Sebentar Lagi Bakal Naik Peminatnya

Tips Sukses Berjualan Takjil Ramadhan

Perlu di perhatikan, waktu konsumen untuk membeli aneka takjil yang terbatas hanya pada saat menjelang waktu berbuka, kita harus sesuaikan stok barang dagangan agar tidak tersisa terlalu banyak. Karena pastinya setelah waktu berbuka lewat, pembeli pun akan berkurang secara signifikan.

Selain itu, kebanyakan dari jenis takjil ini adalah makanan yang tidak dapat disimpan lama, maka demi menghindari kerugian yang di akibatkan dari makanan yang basi karena tidak terjual, kita harus perhitungkan sesuai kebutuhan. Salah satu cara yang bisa di lakukan adalah dengan menganalisa penjualan pada hari-hari sebelumnya.

Karena moment ini akan banyak pelaku usaha yang memanfaatkannya, maka biasanya persaingan sesama penjual tidak dapat di elakan. Untuk mengatasi hal ini kita bisa berupaya dengan menjajakan aneka takjil yang tidak pasaran, pikirkan ide-ide sajian baru yang sekiranya masih minim pesaing agar penjualan bisa maksimal.

Baca juga artikel Cemilan Unik Dan Murah Inspirasi Untuk Usaha