Berikut Ini Rahasia Sukses Berbisnis Ala Rasulullah Saw

Cara berbisnis para pengusaha sukses sangatlah patut kita tiru sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis yang sedang kita rintis. Bagi orang muslim yang memiliki panutan agung yaitu rasulullah muhammad Saw, selain beliau ini menuntun kita dalam menjalankan agama islam yang baik dan benar, rosul juga memberikan contoh tauladan dalam menjalankan sebuah usaha, karena beliau juga pernah menghabiskan masa hidupnya untuk mencari rezeki dengan cara berdagang.

Bahkan rosul telah melakukan aktivitas bisnisnya ini sudah di mulai dari umur 12 tahun, pada masa itu beliau sering di ajak pamannya untuk berdagang ke negri syam. Dengan di mulainya aktifitas berbisnis beliau dari umur yang begitu belia, hingga beberapa sumber ada yang mengisahkan aktifitasnya tersebut di jalani hingga umur rosul 40 tahun, maka pengalamannya berbisnis yang hingga lebih dari 20 tahun tersebut tentunya tidak bisa di remehkan.

Dan bukan hanya itu, pengalaman rosullulah berdagang puluhan tahun tersebut bukannya sebagai pengusaha biasa saja, melainkan beliau cukup sukses menjalankannya, bahkan hingga mampu mengusai pusat-pusat pasar bisnis besar di masanya.

berbisnis ala rosulluloh

Dan berikut ini adalah rahasianya sukses berbisnis ala rasullulah saw yang patut kita ikuti :

Jujur

Gelar al amin yang beliau sandang berarti adalah “terpercaya”. Dengan begitu sifat jujur sudah benar-benar melekat pada dirinya, termasuk pada masanya berdagang. Sedangkan dalam dunia bisnis kejujuran adalah di atas segala-galanya, tanpa adanya hal tersebut pastinya bisnis yang di jalankan tidak akan pernah berhasil meraih kesuksesan.

Advertisement

Dalam menjalankan usaha bidang apapun kejujuran akan selalu di perhatikan konsumennya yang merupakan penentu dari berjalannya sebuah usaha. Sebuah usaha yang sudah memiliki reputasi sangat baik di mata konsumennya yang merupakan buah hasil dari kejujuran pemiliknya, maka usahanya akan mudah berkembang dan sanggup bertahan dalam persaingan.

Bertanggung Jawab

Tanggung jawab dalam berbisnis harus di lakukan baik itu dalam lingkungan bisnisnya seperti karyawan, rekan bisnis, konsumen dan yang paling rasullulah jaga adalah tanggung jawab terhadap sang pencipta yaitu allah swt. Hal ini lah yang membuat setiap pekerjaan sehari-harinya menjadi berkah dan bermanfaat.

Prinsip dagang beliau sangat berbeda dengan pedagang lain pada umumnya, beliau tidak hanya mementingkan keuntungan semata, namun hal tersebut harus di dapat dengan cara yang allah ridhoi, yang menjadi tujuan utamanya adalah keuntungan kelak di akhirat nanti.

Amanah Dan Memenuhi Janji

Terkait dengan kepuasan bagi konsumen, sifat amanah dan selalu menepati janji telah ada pada diri rosul termasuk dalam menjalankan roda bisnisnya, sehingga beliau cukup mendapatkan kepercayaan dari konsumennya. Hal-hal seperti menjual dengan kualitas barang yang sesuai dengan yang di janjikan, pengiriman tepat waktu, pembayaran hutang tidak meleset dari jadwal dan lain sebagainya membuat pelanggan serta partner bisnis mendapatkan kepuasan, dan juga akan berdampak kepada nama baik dari bisnis yang di jalankan menyebar luas dengan sendirinya.

Baca juga artikel ketahui manfaat sedekah untuk kesuksesan usaha

Beberapa cara berbisnis ala rosullulah saw di atas bisa kita jadikan tauladan dan pedoman agar bisnis bisa berjalan dengan baik sebagai mana mestinya serta berhasil mendapatkan kesuksesan.