Berikut Ini Beberapa Strategi Penting Di Awal Merintis Usaha

Saat awal-awal masa merintis usaha menjadi salah satu bagian yang harus di perhatikan oleh setiap pelakunya. Karena di saat tersebut kondisi usaha relatif masih belum stabil atau mungkin belum berjalan dengan baik. Padahal masa awal usaha tersebut cukup banyak menentukan sukses tidak nya usaha kita kedepan. Untuk itu beberapa langkah dan strategi mungkin harus kita persiapkan dengan matang agar usaha bisa berjalan maksimal.

Kenalkan Usaha Dengan Percaya Diri Yang Tinggi

Pertama kita harus yakin dan percaya diri saat merintis sebuah bisnis, misalnya dalam hal pemasaran, ketidakpercayadirian akan menyebabkan pemasaran terus tertunda sehingga bisnis tidak berjalan sempurna.

Tentu dari sebelum anda memutuskan menjalankan sebuah usaha langkah pemasaran ini telah anda analisis dengan seksama, sehingga hendaknya setelah di mulai jalankanlah dengan rasa percaya diri yang tinggi ke setiap target konsumennya.

Jika ada segelintir calon konsumen yang kurang merespon terhadap produk atau jasa yang di tawarkan, itu bukan berarti bisnis anda tidak akan berjalan. Kita harus tetap konsisten menjalankan dan mencari solusi untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi.

 

Baca juga waspada waktu rawan di 3 tahun awal berbisnis

Fokus Merintis Usaha

Di awal usaha pastinya akan banyak godaan dan rintangan yang mungkin akan di hadapi, semua itu harus kita lewati dengan selalu fokus merintis usaha yang sudah di pilih. Mungkin saja karena sulitnya melewati masa seperti ini kita tergiur dengan bidang usaha lain yang terlihat lebih menguntungkan, padahal jika kita terjebak berpaling ke bisnis yang lain ini hanya akan membuat bisnis kita kembali lagi dari awal, sehingga kesuksesan tidak kunjung tercapai.

Apapun yang sudah kita pilih hendaknya di jalankan terlebih dahulu dengan sepenuh hati, fokus selalu untuk mengembangkannya jangan tergiur bidang lain yang belum pasti.

Belajar Dari Pengusaha Sukses

Untuk bisa sukses saat merintis sebuah usaha kita tidak mungkin bisa berjalan sendirian, perlu adanya bimbingan atau masukan yang bermanfaat dari para pelaku usaha lainnya yang telah lebih dahulu berhasil melewati masa yang kritis ini.

Advertisement

Pembelajaran tersebut bisa kita upayakan untuk mencarinya sendiri atau pun melalui mentor yang membimbing kita secara langsung, baik dari orang lain atau pun kolega terdekat. Saran mereka akan sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang sedang di hadapi.

Cari Sumber Daya Yang Berpengalaman

Saat kemampuan atau keterampilan kita pada bidang usaha yang di jalankan kurang memadai, jangan ragu untuk mencari sumber daya lain yang lebih berpengalaman. Ini harus di lakukan demi didapatkan hasil yang maksimal.

Mungkin saja dengan mencari sumber daya yang berpengalaman ini akan diperlukan biaya tambahan, namun hal tersebut masih lebih baik dari pada nantinya usaha berjalan tersendat akibat produk-produk yang di hasilkannya kurang berkualitas.

Jangan Lewatkan Setiap Kesempatan

Termasuk jika terbentur masalah modal, sedangkan pesanan terus berdatangan. Artinya mau tidak mau untuk meladeni orderan yang datang kita perlu dapatkan modal tambahan. Untuk mendapatkan keuntungan dari kesempatan ini, jangan ragu untuk mempertimbangkan langkah meminjam modal, asalkan sebelumnya harus kita pastikan hitungan kalkulasi dengan seksama.

Pilih-pilih sumber tambahan modal juga menjadi penting yang harus di perhitungkan, dimulai dari yang paling ringan seperti relasi, rekan atau saudara terdekat baru selanjutnya ke lembaga penyedia modal yang lainnya.

Baca juga modal yang harus dimiliki pebisnis selain uang

Bergabung Bersama Komunitas

Untuk lebih mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat ada baiknya juga jika kita mencari komunitas-komunitas bisnis yang banyak anggotanya. Dengan begitu akan banyak pengalaman yang bisa kita pelajari untuk mendorong kemajuan usaha. Saat ini cukup banyak berbagai komunitas yang terbentuk di berbagai wilayah, paling mudah kita manfaatkan media online atau media sosial untuk mencarinya.

Selamat Berjuang…

Baca juga artikel jadi pengusaha wajib miliki mental berikut ini