Berbisnis Di Kota Besar Atau Pedesaan ? Mana Yang Paling Menguntungkan ?

Anda yang sedang memiliki ide atau keinginan untuk membuka sebuah bisnis memang seharusnya memikirkan segala sesuatunya dengan baik. Hal ini tentu saja untuk memastikan apakah bisnis anda nantinya akan bisa berjalan atau survive dengan baik, mengingat banyaknya saingan yang anda miliki saat ini atau di masa yang akan datang.

Di antara banyaknya pertimbangan yang harus anda pikirkan, lokasi menjadi salah satu pertimbangan utama yang sering kali membuat seseorang merasa bingung untuk memilihnya. Misalnya, apakah sebaiknya anda memilih lokasi usaha di kota-kota besar atau malah pedesaan ?

Kedua lokasi tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri. Untuk mempermudah pertimbangan anda, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika membuka bisnis di kota besar dan pedesaan, berikut ulasannya.

Keuntungan Berbisnis Di Kota Besar

  1. Akses Menuju Sumber Daya

Kota besar tentu saja lebih menjanjikan bagi anda untuk mendapatkan sumberdaya. Baik dari pekerja hingga para investor, para supplier, kontraktor, hingga pihak lainnya yang nanti akan terkait dengan usaha anda. Hal ini akan memastikan lebih mudahnya operasional keseharian bisnis anda.

  1. Pekerja Yang Lebih Handal

Benar sekali, kota besar lebih menjanjikan pekerja-pekerja yang lebih handal dan terampil untuk bisnis anda. Hal ini bukan tanpa alasan, karena populasi yang besar di perkotaan mau tidak mau menuntut seseorang untuk bisa lebih terampil agar bisa hidup dengan layak. Alasan kedua tentu saja pendidikan yang lebih tinggi yang bisa didapatkan oleh mereka yang ada di kota besar.

  1. Jaringan atau Sosial

Kota besar juga menjanjikan jaringan atau sosial yang lebih besar bagi anda para pebisnis. Selain karena lebih banyak dan beragamnya orang yang bisa anda temui, kota besar juga memiliki akses yang lebih mudah untuk mencapai orang-orang meskipun dalam jarak yang tidak dekat. Itu sebabnya, anda lebih mudah untuk memperluaskan jaringan anda jika bertempat dikota besar.

Baca juga memilih lokasi usaha yang strategis

Advertisement

Keuntungan Berbisnis Di Pedesaan

  1. Saingan yang Sedikit

Yap, di pedesaan anda hanya akan mendapatkan sedikit saingan atau bahkan tidak memiliki saingan sama sekali. Hal ini membuat anda bisa menjalankan bisnis dengan aman karena ketakutan akan dikalahkan pesaing akan kecil sekali kemungkinannya.

  1. Masyarakatnya Yang Lebih Akrab

Mungkin anda masih belum memahami mengapa kedekatan masyarakat bisa menjadi penting bagi bisnis anda. Pertama, kedekatan tersebut bisa menjadi tempat promosi tersendiri bagi bisnis anda tanpa anda sadari.

Mengapa ?

Karena mereka akan dengan senang hati berbagi mengenai sebuah tempat yang bagus dan merekomendasikannya untuk di datangi kepada masyarakat lain.

Kedua, pelanggan anda akan lebih sering datang bersama dengan teman atau keluarganya. Misalnya, jika sebuah kafe di kota besar lebih sering di datangi oleh pasangan yang berpacaran, kafe di pedesaan akan lebih sering di datangi oleh segerombolan orang.

  1. Biaya Hidup Yang Murah

Anda mungkin bisa saja memiliki omset yang lebih tinggi jika berbisnis di kota besar, namun tentunya biaya hidup yang harus anda cukupi juga tidak akan sedikit. Berbeda jika anda berbisnis dipedesaan, meskipun omset yang anda miliki tidak terlalu besar, biaya hidup disini akan jauh lebih murah.

Terlebih, tempat-tempat yang bisa anda datangi untuk menghabiskan uang seperti shopping center jauh lebih sedikit atau bahkan tidak ada dipedesaan, sehingga anda akan lebih memilih untuk menabungkan uang anda.

Dari ketiga kelebihan pada masing-masing tempat diatas, tentu saja kini anda sudah bisa memastikan di mana sebaiknya anda membuka bisnis. Jika anda juga masih merasa kesulitan untuk memutuskannya, jangan segan untuk meminta pendapat orang dekat atau orang yang sudah membuka bisnis terlebih dahulu.

Baca juga artikel usaha di desa dengan modal kecil yang menjanjikan untung besar