Belanja Online atau Offline ? ini Kelebihan dan Keurangannya

Apakah anda pernah bingung menentukan pilihan antara berbelanja secara online atau berbelanja secara offline ?

Untuk menjatuhkan kepada salah satu pilihan tentunya bukan hal yang mudah apalagi jika barang yang di incar merupakan barang yang berharga atau memiliki nilai tersendiri.

Sebelum marak trend berbelanja online seperti sekarang, mungkin anda tidak akan dipusingkan mengenai hal ini, saat ada barang yang ingin dimiliki kita tinggal beranjak menuju toko yang dimaksud lalu bertansaksi.

Berbeda dengan jaman sekarang yang mana trend berbelanja secara online telah lumrah dilakukan. Berbagai macam barang tersedia di internet sehingga pembeli dapat membandingkan mana yang lebih baik untuk dibeli.

Dari kedua cara berbelanja ini tentunya memilki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi jika anda mengalami kesulitan menjatuhkan pilihan antara berbelanja secara online atau offline, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang menjadi kelebihan serta kekurangannya sehingga nantinya dapat menentukan pilihan dengan tepat.

Belanja Online atau Offline ?

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Berbicara mengenai kelebihan berbelanja secara online tentu saja paling utama adalah keperaktisan serta kemudahan yang tak dapat ditandingi dengan berbelanja secara offline.

Bagaimana tidak, untuk membeli suatu barang kita cukup duduk manis di manapun dengan menggunakan handphone saja barang sudah dapat dipesan dan dikirim ke tempat yang dikehendaki.

Sesudah keperaktisannya berbelanja online juga tidak terbatas waktu dan tempat, kapanpun selama 24 jam kita dapat memesan, online shop dimana pun bahkan di luar negara kita juga dapat di kunjungi.

Bagaimana dengan harga ?

Umumnya barang-barang yang di jajakan secara online justru bisa berharga lebih murah dibanding dengan barang yang di jajakan di toko fisik.

Pasalnya para pedagang online bisa lebih efisien dalam berjualan, mereka tidak perlu memiliki modal untuk memiliki tempat usaha, mereka pun dapat menjalankan bisnis lain karena berjualan secara online lebih fleksibel tidak menguras waktu.

Meski begitu berbelanja secara online juga menyimpan beberapa kekurangan yang harus di tanggung oleh pembeli.

Diantaranya saja belanja online saat ini masih rawan dengan penipuan, sistem yang mengharuskan pembeli membayar terlebih dahulu beresiko dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


Mengurangi resiko itu maka kita muncul sistim pembayaran yang lebih aman yakni uang yang di transfer pembeli di simpan terlebih dahulu oleh pihak lain yang bukan penjual, baru setelah barang diterima dengan baik dan sesuai pesanan uang akan diteruskan ke pihak penjual.

Sistim pembayaran ini umumnya diterapkan oleh marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

Kerugian lainnya yang harus di terima adalah adanya resiko kerusakan barang dalam pengiriman. Meski rata-rata perusahaan jasa pengiriman menyarankan menggunakan asuransi tetap saja biaya penggantian tidak akan ditanggung seluruhnya serta pembeli pun harus membayar jasa yang lebih mahal.

Kekurangan lainnya saat berbelanja secara online kita harus puas memilih barang hanya dengan melihat dari fotonya saja, sehingga bisa saja barang yang dipesan setelah sampai tidak sesuai harapan.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Offline

Beberapa kelebihan berbelanja secara offline yang tidak terdapat pada berbelanja online diantaranya kita bisa lebih puas saat memilih barang, karena tentunya sebelum dibeli kita dapat melihatnya secara langsung sehingga kemungkinan besar barang yang dibeli pasti sesuai harapan.

Selain itu kitapun dapat berkomunikasi secara langsung kepada penjual, dapat bertanya dengan jelas mengenai informasi barang, dapat menawar harga, meminta saran dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan kekurangannya ?

Tentu saja untuk berbelanja secara offline kita harus menyediakan waktu khusus untuk pergi berbelanja. Belum lagi untuk mencapai lokasi toko kita harus menghadapi perjalanan yang belum tentu lancar, karena pada umumnya jalanan-jalanan saat ini tidak luput dari kemacetan.

Ditambah lagi kita hanya akan mampu berbelanja secara offline ke toko-toko yang berada satu wilayah atau tidak terlalu jauh jaraknya. Tidak efektif jika kita pergi ke kota lain atau negara lain hanya untuk melakukan belanja, terkecuali jika dibarengi dengan kebutuhan tujuan lain.

Baca Juga Tips Cerdas Berbelanja Di Supermarket

Perbedaan mendasar antara belanja online dengan belanja offline adalah pada sisi keperaktisan dan kemudahan. Jika anda mendambakan yang praktis maka berbelanjalah secara online, jika anda memiliki waktu luang dan mengharapkan pemilihan barang dengan lebih jelas maka pergilah secara langsung ke toko offline.