Belajar Berwirausaha Dari Presiden Jokowi

Bapak Joko Widodo yang akrab kita kenal dengan nama Jokowi, sebelum menjabat sebagai presiden Indonesia sekarang ini merupakan seorang pengusaha yang cukup sukses di bidangnya. Hal ini sudah tidak menjadi rahasia lagi, telah banyak berbagai media yang memberitakan kisah-kisah beliau dalam mencapai kasuksesannya.

Pak Jokowi mengawali usahanya di Solo, Waktu itu memulai usaha mebel dari nol sampai berhasil mengekspor ke luar negeri. Pastinya ada banyak bekal pengalaman bisnis yang bisa diambil dari perjalanan karir beliau selama menjadi seorang pengusaha, dan tentunya hal tersebut bisa menjadi masukan untuk kita yang sedang mulai menjajaki dunia wirausaha.

“Kebanyakan orang berkata dibutuhkan modal dulu untuk memulai usaha. Namun, menurut saya tidak karena yang penting adalah jangan takut” 

Belajar Berwirausaha Dari Presiden Jokowi

Begitu ujarnya…. menurut Jokowi, agar bisa menjadi wirausaha sukses tidak mesti harus memiliki modal finansial kuat. Adapun yang penting yaitu keberanian memulai usahanya. Kebanyakan dari kita seringkali mengeluh kekurangan modal saat akan memulai sebuah usaha, padahal hal tersebut tidak selamanya benar, banyak diantaranya modal yang harus di persiapkan selain keuangan saat akan memulai usaha, seperti pengalaman, mental yang kuat, juga strategi berbisnis yang baik dan lain sebagainya.

Berikutnya sebagai pelaku usaha Jokowi pastinya memiliki berbagai tips yang bermanfaat dalam menjalankan bisnisnya. Adapun berikut ini beberapa diantaranya tips sukses berwirausaha ala Jokowi yang bisa pelajari dan terapkan pada bisnis yang sedang kita jalankan :

Selalu Berinovasi

Kunci sukses pertama menurut Jokowi yaitu pebisnis harus mampu berinovasi pada setiap produk yang di pasarkannya. Seperti misalnya jika produk yang dihasilkan adalah berupa benda, maka bisa lakukan inovasi pada bentuk, kemasan, ataupun tampilannya. Berikan sentuhan baru dalam setiap produk yang dijual agar terlihat lebih unik dan memiliki nilai lebih di mata konsumennya .

Inovasi pembaruan selalu dibutuhkan agar pasar tidak jenuh dengan produk yang sudah ada. Dan selain itu, diperlukan pula cara agar produk kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar saat ini. Karena bila tidak akan sulit untuk bisa bersaing dengan produk lainnya di pasaran.

Tetap Semangat, Ulet Dan Bekerja Keras

Kerja keras, penuh semangat, dan ulet adalah modal utama seorang pengusaha. Tanpa modal tersebut bisa jadi bisnis gagal di tengah jalan, meski modal yang di keluarkan sudah melimpah. Bila kita memiliki 3 modal dasar tersebut, maka kesempatan untuk berkembang dan sukses pastinya hanya tinggal menunggu waktu saja.

“Kita mesti kuat, bekerja keras, untuk saya pribadi dari subuh hingga subuh, bila tidak demikian ya lupakan sukses”

Baca juga berikut ini rahasia cara sukses berbisnis orang tionghoa

Memanfaatkan Setiap Peluang

Sebagai wirausaha sudah seharusnya bersikap jeli melihat peluang. Namun, tidak cukup sampai di situ, kita juga harus cerdas memanfaatkannya sebaik mungkin. Karena tidak akan ada hasilnya apabila hanya pandai melihat peluang akan tetapi tidak bisa memanfaatkannya. Jika terjadi demikian, saat terdapat peluang namun tidak kita ikuti dengan aksi nyata, semuanya hanya akan bernilai percuma.

Pasalnya dalam dunia wirausaha berlaku hukum siapa cepat dia yang dapat. Maka saat terindikasi terdapat peluang yang berpotensi bisa menjadi sebuah keuntungan, sebisa mungkin dapatkan dengan cepat sambil tetap tempuh dengan langkah yang tepat.

“Jangan biarkan peluang Anda lepas, ingin jualan produk apapun itu kejar dan jangan lewatkan”

Jangan Takut Menghadapi Risiko

Setiap jenis bisnis pasti memiliki risiko, jadi tinggal bagaimana Anda menyikapi risiko yang ada, hadapi risiko tersebut, Tidak perlu panik dan kelola secara bijak. Terus berpikir dan ambil tindakan dengan tenang agar langkah yang di ambil bisa sukses mengatasinya. Karena niscaya di balik dari adanya resiko yang berat, akan terdapat sebuah kesempatan yang besar menunggu kita.

Konsisten Setiap Saat

Konsisten dalam segala kondisi sangat membutuhkan perjuangan untuk melakukannya. Terlebih saat bisnis tengah dalam kondisi terpuruk. Maka saat itu pula konsistensi kita sedang diuji keberadaannya. Hidup itu selalu menyuguhkan berbagai macam halangan dan rintangan, termasuk dalam kegiatan kita sebagai pengusaha, adapun menurut Jokowi setiap manusia mempunyai pilihan untuk lanjut menghadapinya atau tidak. Artinya pilihan untuk melanjutkan usaha atau tidak sepenuhnya ada di tangan kita.

Kemampuan bersabar agar tetap konsisten tidak dapat didapat begitu saja. Kemampuan tersebut dapat diasah dari hasil tekunnya kita memperkaya pengalaman. Saat berhasil konsisten menjalankan bisnis dengan baik meski di hadang berbagai rintangan, maka di masa depan pastinya akan terasa lebih mudah untuk di jalankan.

Bina Komunikasi Dan Kepercayaan Secara Baik dengan Relasi

Hanya dengan komunikasi yang baik dan saling menjaga kepercayaan dengan relasi, hubungan akan selalu terjaga dengan stabil. Tanpa komunikasi baik sekiranya akan sulit mendapatkan kepercayaan dari para rekan bisnis, dan hal ini tentunya bisa mengakibatkan tersendatnya bisnis yang kita jalankan. Tidak hanya perlu membina komunikasi dengan pihak luar dari perusahaan yang harus kita jaga, pada intern perusahaan pun seyogyanya harus selalu kita lakukan agar kinerjanya selalu maksimal.

Baca juga artikel berikut ini rahasia sukses berbisnis ala rasulullah saw