Bekicot, Ternyata Kaya Manfaat Dan Bernilai Jual Tinggi

Bagi anda yang belum mengetahui, mungkin saja bekicot ini tidak lebih hanya menjadi salah satu hewan yang tidak berguna atau bahkan hanya dianggap sebagai hama yang sering menggangu terutama pada tanaman.

Padahal diluar itu, bekicot justu memiliki nilai yang tinggi baik dari segi bisnis ataupun sisi kesehatan bagi mereka yang gemar mengkonsumsinya. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa sahnya hewan berlendir ini juga dapat di makan oleh manusia, selain umumnya diberikan sebagai pakan tambahan untuk hewan ternak seperti bebek, lele atau ayam.

Bahkan tidak hanya menjadi makanan semata, bekicot jika dikonsumsi manusia ternyata banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan gizi-gizi penting dan kabarnya juga dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Bekicot, Kaya Manfaat Dan Bernilai Jual Tinggi

Jika dinegara kita daging bekicot ini memang belum lazim di konsumsi, berbeda dengan negara lain seperti Paris, Austria, Jerman hingga Amerika. Disana menu dengan bahan dasar daging bekicot cukup mudah ditemui. Karena hal tersebut juga, harga bekicot ini ternyata cukup bernilai tinggi. Terutama untuk target pasar ekspor ke negara-negara tadi.

Advertisement

Karena permintaannya yang terus meningkat, ketersediaannya pun tidak cukup jika hanya mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Maka dari itu budidaya bekicot pun mulai marak dijalankan para peternak di berbagai wilayah Seperti di Kediri Jawa Timur, Bogor Jawa Barat, Sumatra dan juga Bali.

Dengan adanya demikian, terdapat satu lagi peluang bisnis dari sektor peternakan yang dapat menjadi pilihan. Untuk mendapatkan indukan bekicot dapat dilakukan dengan beberapa cara, jika sedang dalam musimnya hewan ini bisa langsung diambil dari alamnya. Pilihan lainnya, sudah tersedia juga beberapa penjual indukan ataupun anakan bekicot untuk di budidayakan.

Sedangkan untuk medianya sendiri berternak bekicot ini dapat dilakukan dengan menggunakan kandang yang terbuat dari kayu berbentuk kotak, ataupun kandang yang terbuat dari bahan semen.

Untuk perkiraan proses panen, umumnya dari waktu yang diperlukan dari saat bekicot berbentuk telur, hingga dewasa siap panen adalah berkisar tiga hingga enam bulanan.

Baca juga budidaya belut dengan praktis dan mudah

Pemasaran yang umumnya berlaku sekarang ini adalah hasil panen dari para peternak ditampung secara rutin oleh pengepul khusus atau ada juga yang memasarkannya melalui kelompok peternak.

Industri berskala besar yang memproduksi daging bekicot beku, serta pelaku usaha kuliner yang mengolah daging bekicot menjadi aneka makanan pun siap menampung hasil panen dari para peternak ini.