Beberapa Tips Sukses Cara Mengatasi Hutang

Setiap orang pastinya sangat tidak ingin mengalami pengalaman terlilit hutang atau pinjaman. Apalagi pada umumnya saat hal ini terjadi hampir bisa dipastikan kondisi keuangan yang mengalami sedang dalam masa sulit-sulitnya. Sehingga selain pikiran akan terbebani tekanan untuk bagaimana melunasinya, ia juga harus memikirkan bagaimana membiayai hidup untuk kedepan.

Maka tidak mengherankan jika banyak orang yang tidak mampu menyesaikan kondisi seperti ini, hingga mau tidak mau beberapa aset atau jaminan yang digunakan ahirnya di ambil alih oleh pemberi pinjaman. Bahkan ada kondisi yang lebih ekstrim lagi seperti seseorang yang terlilit hutang rentenir, pasalnya hutang akan lebih sulit lagi untuk diatasi oleh sebab nilai bunga yang lebih mencekik.

Sedikit tips dari kami mengenai cara mengatasi hutang berikut ini mungkin saja dapat membantu memberi masukan, dan lebih jauhnya mudah-mudahan dapat mengeluarkan anda dari kesulitan.

Cara Mengatasi Hutang

Usahakan Jangan Membayar Hutang Dengan Hutang Baru

Hutang baru yang digunakan untuk membayar hutang sebelumnya tentu bukannya dapat mengatasi masalah. Meski mungkin saja dapat memberi waktu tambahan. Namun begitu, bunga yang di hasilkan dari hutang baru nantinya akan lebih membebani tanggung jawab kita. Jika dilakukan dalam jangka panjang bukan tidak mungkin nilai hutang secara total akan semakin membengkak.

Cari Sumber Pinjaman Tanpa Bunga Sebagai Talangan

Mungkin hampir mustahil dilakukan jika kita mengandalkan lembaga-lembaga pinjaman seperti bank dan sejenisnya. Namun bisa saja didapat jika kita mengupayakan pinjaman kepada rekan, saudara atau mungkin keluarga dekat. Jika berhasil, uang tersebut dapat gunakan untuk menutupi hutang secara sementara. Dengan cara ini setidaknya kita lebih leluasa untuk menyelesaikan hutang karena tidak dikejar dengan bunga pinjaman.

Meski begitu, sebelumnya hendaknya kita berikan penjelasan yang terbuka kepada sang pemberi pinjaman. Ceritakan sejujurnya bahwa uang yang dipinjam mungkin saja akan membutuhkan waktu pengembalian yang cukup panjang.

Advertisement

Upayakan Hidup Lebih Berhemat

Perlu disadari utang adalah tanggung jawab yang wajib kita selesaikan bagaimana pun caranya. Maka dari itu hendaknya dahulukan melunasinya dibanding dengan keperluan lainnya. Terlebih untuk kebutuhan konsumtif atau kebutuhan yang kurang bermanfaat.

Kumpulkan Aset yang Bisa Di Uangkan

Cara paling baik untuk mengatasi hutang tentu saja dengan menyelesaikannya meski kita harus menjual beberapa aset atau tabungan yang dimiliki. Meski pastinya akan terasa berat, namun yakinlah hidup dengan terlilit hutang akan jauh lebih tidak menyenangkan.

Konsultasikan Dengan Pemberi Hutang

Berkomunikasi dengan pemberi hutang merupakan langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Harapannya mereka mau lebih mengerti dengan kondisi pelik yang kita alami saat ini. Saat tidak adalagi aset, tabungan atau harta lain yang dapat digunakan untuk membayar, harus kita pastikan kondisi ini diketahui secara jelas oleh pemberi pinjaman tanpa ada yang dirahasiakan.

Dengan keterbukaan seperti ini sebagian besar para pemberi pinjaman baik itu berupa bank atau kreditur lainnya akan dapat memahami kondisi yang dialami. Asalkan, tentu saja kita sebagai pihak yang berhutang memberikan komitmen yang jelas langkah untuk melunasinya dalam jangka panjang. Misalnya, dengan mencicil sekemampuan yang ada terlebih dahulu.

Baca Juga Artikel :

Pada dasarnya hutang jika dikelola dengan benar dapat membantu meningkatkan finansial, seperti saat digunakan untuk mengembangkan cakupan bisnis agar lebih besar. Yang banyak terjadi hingga mengalami kondisi terlilit ialah karena salah dalam pengelolaan dan peruntukan hutang yang kurang tepat. Jika anda mengalaminya juga, jadikanlah pengalaman ini sebagai pembelajaran yang berharga sebagai bekal di masa depan. Itulah beberapa tips mengenai cara mengatasi hutang dari kami, semoga bisa memberikan manfaat…