Beberapa Prilaku Konsumen Yang Harus Kita Pahami

Sebagai pengusaha tentu saja kita sering bertemu dengan konsumen yang memiliki karakter berbeda-beda setiap harinya, dari yang mudah menerima penawaran kita, hingga yang paling banyak menuntut. Sebagai pebisnis yang profesional haruslah kita dapat mengatasi berbagai prilaku konsumen tersebut dengan baik, artinya kita harus siap memberikan pelayanan yang maksimal meskipun itu terhadap konsumen yang kurang kita sukai prilakunya.

Sebuah bisnis bisa bertahan dan berkembang di karenakan memiliki banyak pelanggan, itu bisa kita dapatkan dari para konsumen yang membeli produk kita secara berkelanjutan. Jika kita tidak bisa memahami dan menerima prilaku konsumen terutama yang berkategori “sulit” di atasi, maka kita bisa kehilangan peluang untuk mendapatkan pelanggan, tentu saja itu akan merugikan usaha yang kita jalani.

Untuk membantu anda agar dapat lebih memahami, di bawah ini ada beberapa ulasan beberapa prilaku konsumen yang umumnya sering ditemui, dan beberapa tips untuk menghadapinya.

Konsumen Dengan Karakter Ramah

Tentu saja keinginan setiap pelaku usaha ingin selalu berhadapan dengan prilaku konsumen yang seperti ini, karena akan sangat mudah untuk mengatasinya, biasanya konsumen seperti ini dapat menjaga prilakunya agar tidak menyinggung perasaan sang penjual.

Lalu kita sebagai penjual, harus bisa menyambut keramahan yang mereka berikan dengan cara berusaha menjadi rekan bicara yang baik, pastinya agar kita bisa sukses memasarkan produk atau jasa yang akan kita jual. Konsumen seperti ini juga akan sangat berpeluang untuk menjadi pelanggan tetap kedepannya, maka berikan pelayanan yang terbaik kepada mereka.

Konsumen Tidak Aktif

Tidak aktif di sini artinya, konsumen ini cenderung diam dan “dingin” seperti tidak tertarik pada produk yang kita tawarkan, mereka juga tidak membuat permintaan kepada kita. Prilaku konsumen seperti ini biasanya enggan mengungkapkan keinginannya dan hanya menyimpannya didalam hati.

memahami prilaku konsumen

Advertisement

Untuk menghadapi karakter konsumen seperti ini kita sebisanya harus mengambil hati mereka, dan cari tahu apa yang sebenarnya mereka butuhkan, ini akan sedikit sulit di lakukan karena kita harus pandai membaca keinginan mereka, akan tetapi pada tahap awal sebaiknya tawarkan produk yang paling pokok terlebih dahulu, karena prilaku konsumen seperti ini biasanya tidak mencari produk yang neko-neko, melainkan produk yang menjadi kebutuhan utama mereka.

Konsumen Agresif

Kebalikan dari konsumen sebelumnya, biasanya konsumen yang agresif akan langsung mengutarakan keinginan mereka secara tegas, tidak buang-buang waktu dan menginginkan produk yang optimal. Biasanya konsumen seperti ini tidak ragu untuk memerintah dan membuat permintaan kepada penjual.

Karena itu untuk menghadapi prilaku konsumen yang seperti ini kita sebisa mungkin harus mengikuti alur mereka dengan cara tidak banyak berbasa-basi dalam memberikan informasi produk atau jasa yang kita tawarkan, langsung berikan pengertian dengan jelas dan pada intinya.

Biasanya karakter konsumen seperti ini juga akan mepertahankan pendapatnya dan menginginkan selalu menjadi pemenang dalam berkomunikasi, maka agar bisa berpotansi menjadi pelanggan tetap kita harus berusaha menjadi pendengar yang baik bagi mereka, jangan berdebat, dan terima apapun pendapat mereka.

Konsumen Yang Detail

Maksudnya adalah prilaku konsumen seperti ini cenderung mencari terlebih dahulu informasi mengenai produk yang diperlukannya secara detail dan lengkap, bahkan mereka juga akan sering membandingkan antara penjual satu dan lainnya.

Karakter seperti ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai transaksi pembelian, kita sebagai penjual harus bisa sabar menghadapinya, meski tidak jarang pada ahirnya mereka mengurungkan niat untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Semoga Sukses..

Baca juga artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya