Arti Rekber Dan Manfaatnya Dalam Jual Beli Online

Dalam dunia jual beli online di internet terdapat istilah-istilah yang mungkin saja belum semua orang mengerti akan artinya, pasalnya sistim internet di negara kita pun baru di kenal beberapa tahun belakangan, pastinya masih belum secara merata di mengerti seluk beluknya oleh seluruh masyarakat di setiap wilayah. Salah satunya seperti istilah Rekber singkatan dari Rekening Bersama ini, lazim kita dengar saat bertransaksi online, sebetulnya apa itu arti dari Rekber ?

Arti dari Rekber adalah rekening bersama yang di gunakan kedua pihak yakni penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Rekber disini bertindak sebagai pihak ketiga yang bertugas menyimpan sementara pembayaran dari pembeli sebelum nantinya akan di teruskan kepada penjual. Lalu pertanyaan selanjutnya, mengapa dalam bertransaksi online kita memerlukannya ?

Arti Rekber Dan Manfaatnya

Manfaat Menggunakan Jasa Rekber

Seperti yang kita ketahui, membeli barang secara online sangat berbeda dengan membeli di toko offline seperti biasanya. Disini pembeli dan penjual tidak bertatap muka secara langsung saat bertransaksi melainkan menggunakan fasilitas seperti chating, email, sms ataupun bertelefon. Setelah kedua pihak sepakat maka pihak pembeli rata-rata akan di wajibkan untuk membayar terlebih dahulu dengan cara mentransfer

Maka dari itu, resiko sedikit lebih besar akan ditanggung pembeli, seperti resiko barang tidak dikirim, barang tidak sesuai pesanan, barang rusak, dan lain sebagainya. Demi memperkecil resiko tersebut munculah jasa rekber ini, dengan pembayaran dari pembeli tidak langsung di terima oleh penjualnya melainkan di simpan terlebih dahulu di rekening bersama, maka pembeli bisa menerima barang pesanannya lebih dulu untuk pemastiannya, lalu setelah barang di terima dengan baik pembayaran seketika bisa di cairkan kepada penjual.

Sistim seperti ini bisa menjadi jembatan yang menguntungkan bagi semua pihak, untuk pembeli sudah jelas manfaatnya seperti yang di utarakan di atas, sedangkan untuk penjual bisa membuka peluang untuk memasarkan produknya menjadi besar karena kepercayaan konsumennya meningkat.

Meski begitu perlu adanya kesepakatan juga antara penjual dan pembeli dalam menentukan jasa rekber terpercaya yang akan di gunakan.

Cara Bertransaksi Menggunakan Rekber

Walau untuk setiap jasa rekber akan terdapat cara dan syaratnya masing-masing sesuai ketentuan yang di buatnya, namun secara garis besar metodenya ialah sama. Pertama setelah pembeli dan penjual sepakat akan bertansaksi, pembayaran dari pembeli akan dilakukan dengan cara transfer yang ditujukan kepada jasa rekening bersama. Selanjutnya penjual melakukan pengiriman barang.

Setelah barang di terima pembeli dengan baik dan memastikan pesanan telah sesuai, maka pembeli di wajibkan mengkonfirmasi kepada jasa rekber, ataupun secara otomatis terkonfirm sendiri setelah beberapa waktu yang di sepakati dari saat pengiriman. Lalu proses terahir adalah jasa rekening bersama melanjutkan transferan kepada sang penjual. Dan selesai.

Untuk keamanan bersama setiap langkah pembayaran ataupun pengiriman biasanya di wajibkan di sertai bukti berupa foto slip yang harus di kirimkan kepada jasa rekber, bahkan ada juga yang mewajibkan mengirim foto transkrip chating atau pembicaraan saat bertransaksi. Perlu di ketahui juga jasa rekber ini tentunya tidak gratis alias memerlukan sejumlah biaya. Biasanya besarannya di tentukan dari besarnya nilai transaksi, dan pihak yang membayar rekber ini tergantung kesepakatan bisa penjual, pembeli atau di tanggung keduanya.

Dengan sistim seperti ini di harapkan transaksi online bisa berjalan dengan aman, nyaman dan menguntungkan semua pihak. Karena itulah beberapa marketplace yang populer sekarang inipun seperti misalnya Tokopedia dan Bukalapak juga menerapkan sistim pembayaran yang serupa kepada seluruh konsumen yang bertransaksi didalam sistemnya.

Baca juga artikel :

Itulah uraian mengenai arti dari Rekber serta beberapa manfaat yang bisa didapat dalam jual beli secara online, semoga bermanfaat…