Beberapa Arti PO Dalam Dunia Bisnis Online

Kata-kata PO sebagai singkatan yang sering kita temukan dalam bisnis online sebetulnya memiliki beberapa arti dan pengertian yang berbeda-beda bergantung pada bidangnya masing-masing. Jadi istilah ini tidak selalu memiliki maksud yang sama.

Istilah yang sering di singkat menjadi PO ini diantaranya Pre Order, Pay Out dan Purchase Order, mungkin di luar itu masih banyak istilah lain yang juga menggunakan singkatan ini.

Bagi pengguna internet pemula bisa saja hal ini menjadi membingungkan. Agar tidak salah mengartikan, maka dalam ulasan berikut kami coba jabarkan beberapa arti PO dalam dunia bisnis online.

Arti PO Dalam Dunia Bisnis Online

Pre Order

Istilah Pre order yang di singkat menjadi PO ini sering kita dengar dalam bidang jual beli online dan toko online, maksudnya disini PO adalah menandakan produk yang di jual tidak ready stok atau tidak langsung tersedia, melainkan di jual dengan sisitim pesan terlebih dahulu.

Biasanya produk yang menggunakan sistim penjualan seperti ini seperti barang-barang yang di pesan dari luar negri, atau juga barang yang di buat berdasarkan permintaan atau custom. Penjual akan menerangkan jika ada barangnya yang di tawarkan dengan sistim Pre Order, dan siapapun konsumennya dapat ikut menjadi list pemesan.

Biasanya dalam sistim PO ini juga di berlakukan beberapa ketentuan, seperti mewajibkan membayar DP terlebih dahulu, perjanjian pelunasan, juga batas waktu pemesanan.

Pay Out

Berikutnya ada juga istilah PO yang berarti Pay Out, yang ini biasanya di temukan dalam bidang bisnis online seperti program periklanan atau advertising, affiliasi dan sejenisnya. Maksud PO disini dapat diartikan juga dengan pencairan dana komisi yang didapat oleh peserta dari penyedia program.

Purchase Order

Ada pula istilah PO yang menjadi singkatan kata Purchase Order, istilah yang satu ini tidak hanya di gunakan pada bidang bisnis online namun pada bidang bisnis apapun istilah tersebut umum juga di gunakan.

Pengertian PO disini adalah merupakan surat pemesanan dari konsumen yang bermaksud ingin membeli satu produk. Purchase order juga menjadi sebuah bukti bahwa konsumen telah menyetujui produk yang di pesan, sehingga tidak dapat dilakukan perubahan setelah barang di kirimkan.

Selain itu dalam Purchase Order juga biasanya disertakan bagaimana rincian cara pembayaran yang dipilih konsumen.

Baca juga artikel arti endorse dalam dunia bisnis online

Itulah beberapa arti dari PO dalam dunia bisnis online di internet. Semoga bisa menjadi masukan yang bermanfaat untuk pembaca semuanya.