Arti Endorse Dalam Dunia Bisnis Online

Dalam dunia bisnis online sering kita dengan beberapa istilah yang sebagian diantaranya masih terdengar belum familiar, dan mengetahui apa arti sebenarnya. Seperti istilah endorse atau endorsement yang satu ini, acapkali kita dengar terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang jual beli online baik itu melalui online shop atau mereka yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan.

Endorse adalah salah satu strategi promosi dengan memanfaatkan figur atau tokoh terkenal untuk mereferensikan produk yang akan di pasarkan, dengan harapan calon konsumen menjadi tertarik untuk membelinya.

Sistim ini mulai populer di negara kita saat demam media sosial menjalar keseluruh lapisan masyarakat, dan selanjutnya medsos pun tidak hanya di jadikan sarana untuk bersosial saja, melainkan mulai berkembang menjadi ajang yang dimanfaatkan untuk berjualan secara online.

Karena sangat banyak penggunanya, maka media sosial pun dapat di andalkan untuk meraup keuntungan. Tidak sedikit diantaranya pebisnis online yang berhasil sukses melalui media ini, salah satu langkah promosi yang di lakukannya adalah dengan sistim endorse.

Mengapa bisa demikian ?

Arti Endorse

Dalam dunia bisnis sendiri, figur-figur terkenal dan populer semacam artis, model dan sebagainya telah lama menjadi andalan dalam mempromosikan produk ataupun membangun brand agar di kenal di mata masyarakat luas. Contohnya setiap hari kita lihat di media televisi berbagai iklan secara rutin di tampilkan. Jika tidak demikian, produk sebagus apapun tentunya tidak dapat tersampaikan ke pasaran.

Sukses tidaknya promosi tersebut tidak lepas dari peranan sang bintang yang menjadi pemain utama dalam sebuah iklan. Semakin terkenal figur yang membawakannya maka akan menjadi magnet yang kuat untuk menjaring banyak calon konsumen.

Begitupun dalam dunia bisnis online, dengan mengendorse seseorang yang difavoritkan banyak pengguna internet, maka akan menjadi langkah promosi yang sangat efektif dan menguntungkan.

Salah satu media sosial yang mempopulerkan sistim endorse ini adalah Instagram. Pasalnya dalam media sosial ini foto dan video yang menjadi konten utamanya. Dengan begitu secara langsung para pengguna instagram dapat melihat para tokoh yang di gandrunginya. Para selebgram yang menjadi sebutan untuk figur-figur favorit tersebut, di tandai dengan banyaknya follower yang menjadi pengikutnya.

Saat salah seorang pebisnis di Instagram akan melakukan promosi dagangannya dengan sistim endorse, target selebgram akan di kirim secara cuma-cuma produk yang akan di perkenalkan, tentu dengan kesepakatan dan sesuai ketentuan yang di berlakukan. Selanjutnya produk akan dikenakan, dan fotonya akan mengisi konten akun selebgram yang di lihat oleh para followernya.

Seketika produk pun akan menjadi rebutan…

Pada umumnya produk yang sering di promosikan dengan sistim ini adalah barang-barang fashion sejenis pakaian, tas, sepatu, sendal dan sebagainya. Namun selain itupun ada juga produk seperti kuliner, camilan, aksesoris, dan banyak lagi yang lainnya.

Akan tetapi tidak serta merta sistim endorse ini selalu bisa sukses menjaring pelanggan. Tetap diperlukan berbagai strategi yang tepat untuk menjalankannya. Misalnya saja perihal dalam memilih figur yang harus tepat. Jangan sampai mengendorse figur yang kurang banyak followernya.

Lebih penting lagi sesuaikan figur dengan target market produk yang akan kita promosikan. Seperti misalnya untuk endorse produk tas sekolah anak, maka pilih figur yang di akunnya banyak terdapat konten foto dengan pose sang figur bersama anaknya.

Dengan menentukannya secara tepat, endorsement akan berpengaruh cukup besar untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga artikel tips laris manis jualan di instagram