Arti Dan Penjelasan COD Dalam Jual Beli Online

Bagi pemula yang baru saja mengenal dunia internet, mungkin masih belum mengerti dengan beberapa istilah yang sering ditemukan terutama pada saat akan melakukan transaksi jual beli online. Salah satunya yang sering di temukan adalah istilah COD yang kepanjangannya adalah Cash On Delivery. Tentu masih banyak istilah-istilah lainnya yang juga akan membingungkan seorang pemula, namun pada artikel kali ini kita akan bahas bersama mengenai pengertian COD, manfaat serta untung rugi melakukannya.

Sering di temukan saat kita mencari dan ingin membeli suatu barang lewat internet di situs-situs jual beli dan toko online. Istilah COD ( Cash On Delivery ) yang jika di artikan adalah berarti membayar barang pesanan pada saat barang dikirimkan. COD sendiri merupakan salah satu sistim transaksi pembayaran dalam dunia online, disamping masih banyak cara pembayaran lain yang berlaku seperti transfer antar bank dan sebagainya.

Tidak seperti sistem pembayaran lainnya, transaksi dengan cara COD an di lakukan pada saat konsumen dan penjual bertemu secara bertatapan langsung di suatu tempat yang telah di sepakati sebelumnya. Jelas berbeda jika kita melakukan pembelian lewat internet dengan sistim transfer yang konsumen di wajibkan mentransferkan terlebih dahulu sejumlah uangnya melalui rekening bank, baru barang pesanan di kirimkan.

arti COD

Keuntungan Melakukan Transaksi Secara COD

Dalam transaksi ini, sebetulnya yang paling di untungkan adalah pembeli, karena dalam melakukan pembelian secara online seorang pembeli terbatas hanya bisa melihat barang yang akan di belinya, dan menganalisa kualitas atau spesifikasi dari barang tersebut hanya dari deskripsi, foto yang di tawarkan penjual, hal lain seperti kualitas material barang, bahan dan sebagainya tidak dapat di perkirakan.

Advertisement

Dengan melakukan transaksi pembelian secara COD, konsumen mendapatkan keuntungan karena barang yang di pesan bisa di periksa terlebih dahulu baru di lakukan pembayaran. Jikalau pun barang tidak sesuai dengan yang di deskripsikan sang penjual, pembeli bisa melakukan komplain secara langsung ataupun membatalkan pembeliannya.

Sedangkan bagi pebisnis online yang menjual produk, COD an juga bukan berarti merugikan. Pasalnya dengan memberikan opsi pembayaran dengan sistim COD juga membuka peluang untuk barang terjual menjadi lebih besar, asalkan pada saat melakukan penawaran kepada calon pembeli memberikan keterangan secara lengkap dan sesuai dengan produknya.

Baca juga artikel tips dipercaya konsumen dalam berjualan online

Kekurangan Melakukan Transaksi Secara COD

Pada sisi pembeli, COD an juga tidak selamanya memberikan keuntungan, terutama pada sisi kemudahan dan kepraktisan. Karena dengan sistim pembayaran seperti ini, akan berlaku keterbatasan jangkauan dari sang penjual untuk mengirimkan barangnya. Penjual yang berada jauh dari wilayah pembeli seperti di luar kota jarang akan menawarkan opsi ini karena terkendala jarak tentunya, dengan begitu pilihan barang bagi konsumen pun menjadi terbatas.

Sedangkan pada sisi penjual, kerugian yang mungkin diderita diantaranya saja perlu adanya penyediaan waktu ekstra, tenaga, serta biaya lebih yang harus siap di keluarkan terutama dalam hal pengiriman, belum lagi jika misalnya barang yang di pesan mendapatkan komplain dari pembeli karena berbagai sebab, atau bahkan jika barang yang di pesan tidak jadi di beli.

Baca juga arti sistem dropship dan reseller di bisnis online shop