Apa Itu Telegram, Cara Menggunakan dan Fiturnya

Apa itu Telegram – Telegram adalah sebuah aplikasi Instant Messenger yang bisa berjalan pada berbagai platform dari mulai Android, Iphone, Windows Phone dan juga dekstop seperti Windows, Mac, Linux dan MacOS.

Layaknya WhatsApp, aplikasi Telegram digunakan untuk berkirim pesan atau chatting antar para penggunanya.

Telegram diciptakan oleh pemuda asal Rusia Pavel Durov dan diperkenalkan ke publik sejak 2013 bersama saudaranya Nikolai Durov.

Dari awal kemunculannya hingga sekarang pengguna Telegram terus mengalami peningkatan, di Indonesia sendiri kini sudah semakin dikenal karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan aplikasi saingannya.

Telegram menawarkan kecepatan serta keamanan dalam berkirim pesan, teknologi yang digunakan berbasis Cloud yang menawarkan kemudahaan saat pengguna menjalankan Telegram dari berbagai platform.

Dengan teknologi ini pengguna tidak perlu khawatir ruang penyimpanan perangkatnya tersita sangat besar, bekerja sama dengan fitur cache management memungkinkan Telegram dapat bekerja dengan pengunaan hardisk yang sangat minim.

Keamanan pada Telegram mengandalkan teknologi Enkripsi MTProto yang dikembangkan oleh Telegram sendiri. Pesan yang dikirim antar pengguna di klaim tidak dapat sadap pihak manapun sehingga privasi pengguna lebih terjaga.

Dan yang tidak kalah penting lagi, sejak awal Telegram meyakinkan tidak akan memungut biaya apapun dari para pengguna selamanya alias dapat digunakan secara gratis sampai kapanpun.

Kesan pertama yang kami rasakan saat pertama kali menggunakan Telegram di perangkat android, diantaranya aplikasi ini bekerja sangat ringan dan cepat dalam mengirim pesan ataupun berpindah antar menu didalamnya.

Saat di gunakan pada dua platform berbeda yaitu pada android dan dekstop windows, Telegram dapat berjalan secara bersamaan dan login secara lancar pada kedua perangkat tersebut, pesan pun dengan cepat tersinkronasi tanpa kendala apapun.

Fitur-fitur Aplikasi Telegram

Kecepatan serta keamanan menjadi dua fitur penting yang Telegram tawarkan, dan memang terasa benar perbedaannya apalagi jika anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi chat lainnya.

Selain itu Telegram pun masih menawarkan fitur-fitur lain yang juga sangat bermanfaat untuk penggunanya, beberapa diantaranya adalah :

Secret Chat

Meski secara bawaan aplikasi Telegram ini telah dilengkapi teknologi pengaman Enkripsi dalam mengirim pesan, namun didalamnya masih tersedia fitur keamanan yang dinamai Secret Chat.

Fitur yang satu ini dapat digunakan jika ingin privasi kita lebih terjaga dengan lawan chat.


Dalam mode Secret Chat pesan yang terkirim tidak dapat di forward atau disebarkan kembali dan bahkan tidak dapat di screen shoot, pesan yang terkirim juga dapat secara otomatis terhapus dalam waktu tertentu.

Channel Telegram

Hampir mirip dengan fitur grup yang ada pada Whatsapp, fitur Channel di Telegram memungkinkan kita berkomunikasi dengan banyak pengguna namun hanya pembuat Channel yang dapat mengirimkan pesan.

Fitur ini diperuntukan jika kita ingin melakukan penyiaran informasi (boardcast) berupa tulisan, video dan gambar untuk para pengikut di channel kita.

Dalam fitur ini juga kita tidak akan di batasi dengan jumlah pengikut channel, kita bebas menambahkan pengikut berapapun.

Grup Telegram

Seperti aplikasi Instant Messaging lainnya, di Telegram juga tersedia fitur grup untuk mereka yang menginginkan komunikasi secara bersama-sama dalam satu grup chat.

Kelebihannya pada grup Telegram adalah jumlah anggota yang bisa diajak bergabung hingga mencapai 200 ribu orang, atau lebih banyak dari pada aplikasi chat lainnya.

BOT Telegram

FItur menarik lainnya pada Telegram yaitu adanya BOT yang dapat membantu pengguna untuk melakukan berbagai hal dalam aplikasi tesebut.

Seperti misalnya bermain game, translate bahasa, mendownload video, bahkan hingga berjualan pulsa.

Bot ini berupa akun atau aplikasi yang bisa dibuat oleh siapa saja yang paham programing, fungsinya untuk mempermudah pengguna Telegram.

Baca Juga Mengenal Apa Itu WhatsApp Business dan Fiturnya

Cara Menggunakan Telegram

Seperti aplikasi pada umumnya, cara menggunakan telegram cukup dengan mencari aplikasi Telegram di berbagai platform yang anda gunakan lalu menginstalnya.

Selanjutnya anda diharuskan untuk mendaftar dengan menggunkan no telepon, seperti biasa nantinya no tersebut akan dikirimi kode verifikasi untuk mengaktifkannya.

Setelah no telepon terdaftar aplikasi Telegram dapat langsung digunakan, awali dengan melengkapi profil yang ingin ditampilkan.

Di dalam akun juga dilengkapi dengan username berupa link akun anda, dengan membagikan link tersebut anda dapat mengundang pengguna lain tanpa menggunakan no telepon.

Secara otomatis no telepon di kontak perangkat anda juga akan ditampilkan di kontak Telegram jika mereka memiliki aplikasi ini di ponselnya.

Bagaimana setelah mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu aplikasi Telegram apakah anda tertarik untuk menggunakannya sekarang  ?