Apa itu Rekening Giro? Berikut ini Pengertian dan Jenisnya

Mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengetahui bahwa bank sebagai tempat menyimpan uang ternyata memiliki beragam jenis produk rekening tabungan yang bisa dipilih para calon nasabahnya.

Selain yang paling umum dipilih yakni berupa rekening konvensional biasa, ada juga yang namanya rekening berjangka, rekening investasi, rekening valas, rekening giro dan lain sebagainya.

Dalam artikel berikut ini kami akan bahas secara khusus mengenai rekening giro yang umumnya dipilih oleh para pengusaha untuk menyimpan saldo perusahaannya. Apa itu rekening giro ? berikut ini ulasan mengenai pengertian serta beberapa jenis rekening giro yang dapat dibuka di bank.

Rekening giro adalah sebuah produk tabungan di bank yang penarikannya menggunakan warkat cek atau bilyet giro untuk memindah bukukan saldo ke rekening bank yang di tunjuk.

Penarikan dana tersebut dapat dilakukan kapan saja dengan nominal jumlah yang dapat ditentukan serta dicairkan kepada nama nasabah yang sudah ditentukan.

Apa itu Rekening Giro

Tidak seperti tabungan konvensional seperti biasa yang nasabahnya diberikan buku tabungan untuk mencetak transaksi yang pernah dilakukan, pada pemegang rekening giro nasabahnya akan diberikan laporan rutin setiap bulan yang biasa disebut rekening koran.

Rekening koran tersebut berisi catatan transaksi yang dilakukan nasabah baik penambahan saldo ataupun pengeluarannya. Praktisnya laporan ini akan dikirimkan oleh bank langsung ke alamat pemilik rekening, sehingga lebih memudahkan.

Anda tidak akan menemui kartu ATM untuk melakukan penarikan dana saat membuka rekening giro. Satu-satunya alat untuk menarik dana pada rekening ini ialah dengan menggunakan cek dan bilyet giro.


Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, cek dapat di cairkan secara langsung menjadi uang tunai di bank. Sedangkan bilyet giro digunakan untuk memindahkan saldo ke rekening yang di inginkan.

Jenis-jenis Rekening Giro

Tabungan rekening giro di bank memiliki jenis-jenis yang berbeda, umumnya dibedakan berdasar jenis nama pemilik rekeningnya.

Yang pertama adalah rekening giro atas nama suatu badan. Sesuai namanya rekening giro ini dibuat untuk sebuah badan, baik sebuah badan usaha, badan pemerintahan, lembaga, yayasan, hingga untuk sebuah CV dan PT (Perseroan Terbatas).

Yang kedua adalah rekening giro atas nama perseorangan. Rekening giro yang satu ini dapat dibuka untuk pemilik perseorangan dengan nama pribadi, perusahaan perseorangan, toko, rumah makan, cafe, bengkel, dan lain sebagainya.

Baca Juga Kiat Merencanakan Tabungan Keuangan Untuk Masa Depan

Mengapa Memilih Rekening Giro ?

Terdapat beberapa kelebihan yang didapatkan oleh nasabah pemilik rekening giro, apalagi untuk mereka yang beprofesi sebagai pengusaha.

Diantaranya saja memudahkan saat akan melakukan penarikan uang, pasalnya kita tidak perlu lagi membawa uang secara tunai yang dalam jumlah besar bisa saja cukup beresiko.

Cek dan bilyet giro pun dapat dipergunakan untuk transaksi jual beli layaknya seperti uang tunai seperti biasa.

Tidak seperti tabungan biasa, transaksi penarikan umumnya dibatasi dengan limit tertentu dalam perharinya. Pada rekening giro kita bebas melakukan penarikan dengan jumlah berapapun sesuai saldo yang dimiliki.

Kelebihan lainnya, laporan transaksi pengeluaran dan pemasukan tabungan pada rekening giro bisa didapat dengan mudah melalui rekening koran yang dikirimkan ke alamat rumah. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi melakukan print buku tabungan ke bank untuk mengetahui apa saja transaksi yang dilakukan.