Apa Itu Promosi ? dan Apa Jenis-jenisnya

Berkecimpung di dalam dunia bisnis dan pemasaran pastinya sudah tidak asing mendengar kata promosi, namun secara jelas kemungkinan besar tak banyak orang yang mengetahuinya.

Sebetulnya apa itu promosi ?

Pengertian promosi adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pebisnis atau perusahaan dalam rangka mengenalkan produk atau brandnya kepasaran dengan tujuan agar produknya bisa laku terjual.

Meteri dari promosi umumnya memberikan berbagai macam informasi terkait produk dan dorongan untuk menarik minat calon konsumen agar mau membelinya.

Adapun mengenai langkah menjalankan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sesuai trend yang sedang berkembang di masyarakat cara berpromosi pun di upayakan mengikuti trend yang ada, sehingga dapat lebih mudah diterima.

Apa Itu Promosi

Beberapa Tujuan Promosi

Promosi dianggap sukses jika telah mencapai tujuan tertentu sebagaimana yang ditargetkan oleh pelakunya. Pada umumnya beberapa tujuan-tujuan promosi adalah sebagai berikut :

  • Mengenalkan produk baru atau merk ke pasaran agar diketahui oleh banyak masyarakat.
  • Meningkatkan penjualan suatu produk
  • Menjaring calon pelanggan baru
  • Mempertahankan eksistensi nama perusahaan atau ke populeran suatu produk
  • Untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor
  • Menciptakan pandangan tertentu terhadap suatu produk

Pada dasarnya semua tujuan dari promosi yang dilakukan oleh salah satu perusahaan adalah untuk meningkatkan pendapatannya.

Baca Juga 5 Kata-Kata Promosi Paling Menjual Yang Disukai Pelanggan

Jenis dan Cara Promosi

Jenis-jenis promosi yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan sangat beragam, dapat dipilih sesuai dengan kondisi perusahaan atau produk yang akan ditawarkan di saat itu.


Begitu pula dengan cara berpromosi, seiring perkembangan tenaga pemasaran sebuah perusahaan selalu berlomba menciptakan langkah berpromosi yang efektif dan menguntungkan.

Jenis promosi yang umumnya banyak dilakukan saat ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Promosi Menggunakan Intenet

Media internet saat ini menjadi salah satu tempat berpromosi yang cukup efektif sebabnya pengguna internet yang terus bertambah sejak beberapa tahun kebelakang.

Promosi di internet dapat dilakukan menggunakan media website ataupun media sosial, banyaknya pengguna internet yang dapat ditarget memungkinkan penjualan dapat terjadi dengan pesat ataupun brand baru dapat dikenal masyarakat dengan lebih cepat.

Jangkauannya yang tidak terbatas bahkan jika mau dapat kita targetkan calon konsumen dari belahan negara lain, sehingga tentunya lebih efisien dari segi biaya dibandingkan dengan jenis promosi non internet.

Meski begitu, karena kelebihannya yang bisa didapat berpromosi di media internet juga dikenal ketat akan persaingan.

Untuk itu perusahaan harus pandai membuat konten atau materi promosi yang unik dan menarik agar dilirik penggunanya.

Baca Juga Tips Sukses Menjalankan Promosi Via Sosial Media

Promosi Secara Fisik

Jenis promosi secara fisik dapat dikatakan juga sebagai promosi secara konvensional, misalnya saja dengan beriklan di media massa seperti koran dan majalah, beriklan di televisi, memasang spanduk, membagikan brosur, dan lain sebagainya.

Contoh lainnya adalah seperti mengikuti berbagai acara pameran atau event tertentu sesuai dengan bisnis yang dijalankan, atau bisa juga dengan memberikan diskon khusus kepada pelanggan.

Jenis promosi ini memiliki kelebihan dapat lebih mudah berinteraksi dengan calon konsumen karena pihak penjual dan pembeli dapat bertatap muka secara langsung.

Dengan begitu berbagai informasi dapat tersampaikan dengan lebih jelas dan mendetail.

Itulah sedikit penjelasan dari kami mengenai apa itu pengertian dari promosi dan juga jenis-jenisnya. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.