Apa itu Pengertian Internet Marketing serta Kelebihan Kekurangannya

Beberapa tahun silam saat internet belum sepopuler seperti sekarang dinegara kita, mungkin saja istilah ini sangat jarang kita dengar atau bahkan belum ada sama sekali. Saat ini istilah tersebut menjadi lebih sering kita temukan terlebih oleh anda yang tengah mempelajari bagaimana caranya cari uang di internet.

Tidak salah jika kita mengartikan apa itu pengertian internet marketing adalah upaya memasarkan suatu produk secara online lewat internet. Namun lingkup pekerjaannya tidak hanya seputar pemasarannya saja, melainkan termasuk didalamnya juga mengupayakan langkah promosi hingga bagaimana mencari dan mempertahankan pelanggan.

Melihat perkembangan internet yang terus meningkat setiap harinya, maka memanfaatkannya sebagai ladang untuk meraup keuntungan bagi pengusaha baik itu online ataupun offline adalah langkah yang sangat tepat dan potensial. Untuk melakukannya seorang internet marketer atau sebutan untuk pelaku internet marketing, jasanya akan sangat dibutuhkan.

Internet Marketing

Kelebihan Internet Marketing

Sudah paham bukan jika akses internet tidak terbatas oleh wilayah alias setiap tempat diseluruh penjuru dunia dapat dijangkau dengan mudah. Itulah kelebihan pertama jika kita menempuh sistim marketing yang satu ini.

Untuk memasarkan suatu produk ke negara lain nan jauh disana, dengan internet tidak perlu lagi repot-repot harus datang ke negara yang dimaksud. Cukup dengan promosi tertarget atau banyak lagi beberapa cara lainnya, produk bisa terjual bahkan tanpa perlu bertatapan muka dengan pelanggan.

Dengan tidak perlunya kita bertemu pelanggan, itu berarti tidak di perlukan lagi sejumlah biaya. Inilah kelebihan internet marketing selanjunya, lebih hemat biaya untuk pemasaran serta berpromosi. Kelebhan ini juga  membuat para pelaku usaha kecil menengah dapat dengan mudah memperkenal brandnya.

Advertisement

Kekurangan Internet Marketing

Jika tadi disebutkan dalam kelebihan internet marketing biaya dapat lebih dihemat dibandingkan dengan model marketing konvensional, namun dalam tahap membangun marketing lewat internet membutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar. Biaya tersebut dibutuhkan diantaranya untuk mempersiapkan software dan hardware serta pemeliharaan, selain itu tenaga kerja dibidang ini pun relatif memiliki kelas yang lebih tinggi.

Kekurangan selanjutnya, untuk saat ini khususnya target konsumen lokal mungkin internet masih belum cukup populer dipergunakan untuk berbelanja, baru segelintir saja masyarakat kita yang gemar berbelanja secara online. Ditambah lagi, sistim keamanan di internet yang rentan dimanfaatkan pelaku penipuan juga menghambat pertumbuhan transaksi secara online. Kedua hal ini tentunya membuat upaya internet marketing masih belum bisa maksimal.

Baca Juga Email Marketing Untuk Promosi Bisnis Online

Sekilas Tahapan Menjalankan Internet Marketing

Bagi yang sudah akan berencana ingin merambah pemasaran via internet marketing, sekilas kami ulas beberapa tahapan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  • Persiapan Website Bisnis

Paling awal tentulah kita harus mempersiapkan sarana menjalankan bisnis di internet yaitu salah satunya dengan membangun website pribadi untuk bisnis anda. Lewat website ini nantinya pelanggan dapat bertransaksi melakukan pembelian ataupun sebagai tempat kita memperkenalkan produk atau jasa.

  • Riset Target Pasar dan Kompetitor

Selanjutnya kitapun perlu melakukan riset terhadap pasar yang akan ditarget, seperti melihat kebutuhan pasar, peluang serta bagaimana potensinya. Saat melakukannya jangan lupakan juga perhatian langkah yang ditempuh kompetitor, seperti melihat kekurangan kelebihan produk yang mereka tawarkan sebagai bahan evaluasi produk yang kita miliki.

  • Promosi

Setelah pasar yang dituju telah dibidik, selanjutnya kita dapat mulai promosikan bisnis. Langkah promosi di internet cukup banyak yang dapat dipilih, dari mulai yang gratisan, berbiaya rendah hingga kelas promosi premium.

Itulah penjelasan dari kami mengenai apa itu pengertian internet marketing serta beberapa kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat bermanfaat…