Analisa Usaha Ternak Burung Murai Batu

Ternak Murai Batu – Burung murai batu menjadi salah satu peliharaan favorit para pecinta burung kicauan di indonesia. Populer sudah cukup lama dan hingga kini penggemarnya terus bertambah, sehingga ketersediaannya terus di butuhkan. Murai batu juga menjadi salah satu burung yang memiliki harga jual yang terbilang mahal, meski begitu karena nyanyiannya yang terbilang merdu burung ini tetap diminati para penghobi di berbagai penjuru wilayah.

Pada artikel kali ini, kami sedikit akan membahas dan menganalisa usaha ternak murai batu yang kabarnya dapat memberikan keuntungan yang cukup besar dibandingkan dengan ternak burung lainnya. Semoga saja bisa membuka inspirasi para pembaca semua yang sedang mencari dan menggemari bidang usaha peternakan. Karena selain bisa menguntungkan, kebanyakan para peternak murai ini di jalankan oleh para penggemarnya juga, sehingga menjadi sebuah peluang usaha yang sesuai dengan hobinya.

analisa ternak murai batu

Potensi Ternak Murai Batu Di Indonesia

Seperti yang sudah di singgung tadi, harga murai batu ini memiliki nilai yang cukup tinggi. Tercatat di pasaran saat ini rata-rata untuk harga anakan yang baru berumur 2 hingga 3 bulan saja bisa mencapai 2 hingga 3 jutaan per ekornya. Harga tersebut berlaku untuk jenis murai batu medan yang merupakan jenis yang paling populer dan yang paling mahal dibandingkan dengan jenis murai lainnya.

Sedikit tergambar besaran keuntungannya bukan ? Jika dari satu pasang indukan yang rata-ratanya bisa menelurkan 2 sampai 4 ekor anakan murai batu medan dan laku terjual misalnya saja dengan harga 2,5 juta, maka angka 5 sampai 10 juta saja sudah pasti bisa di dapat. Dan itu baru dari satu pasang indukan saja, saat ini para peternak yang telah menggeluti bidang ini dalam jangka waktu yang lama bahkan bisa memiliki puluhan pasang indukan, terbayangkan berapa besaran keuntungan yang bisa di hasilkan…?

Bagaimana dengan pasarnya ? apakah pembelinya juga cukup banyak ? mungkin itu yang menjadi pertanyaan selanjutnya, karena percuma saja jika hasil ternakan tidak ada atau kurang peminatnya. Pada awal artikel tadi sudah sedikit di singgung, murai batu ini memiliki peminat yang cukup banyak terutama untuk jenis medan yang paling di buru di pasaran.

Pasalnya burung ini di kalangan penggemar burung kicauan bisa dikatakan sebuah simbol “kemewahan”, di ibaratkan jika pada sebuah mobil, murai batu ini berada di kelas mobil mewah yang pemiliknya tidak sembarangan, itu di sebabkan karena burung ini memiliki banyak kelebihan, seperti ekor panjangnya yang paling menjadi ciri khas serta banyak di katakan juga merupakan salah satu burung kicauan terbaik yang ada di Indonesia. Dengan demikian, hampir setiap penghobi burung menjadikan murai batu ini salah satu burung impian yang harus di miliki sebagai koleksi di rumahnya.

Dan selain itu, yang menjadikan burung ini terus bertambah peminatnya juga adanya arena lomba burung kicauan yang sering diadakan di setiap daerah. Karena selain bisa di nikmati suaranya di rumah, burung ini akan mengeluarkan sifat bertarung kicauan pada saat bertemu murai batu lainnya, sehingga arena lomba menjadi sarana ajang tempat pertunjukan para penggemar mempertontonkan jagoannya, dan pemenang pun akan di anugrahi predikat juara yang tentunya akan membanggakan.

Baca juga artikel solusi merintis usaha ternak kenari

Dengan adanya demikian, maka permintaan akan murai batu ini terus bertambah di pasaran, yang secara otomatis akan menguntungkan para peternak yang menangkarkan jenis burung ini. Ditambah juga dengan semakin menipisnya ketersediaan murai batu di habitat aslinya sehingga banyak di himbau untuk menjaga kelestariannya dengan disarankan memelihara murai batu hasil tangkaran, membuat semakin menambah alasan bahwa usaha ternak ini cukup berpotensi hingga kedepannya.

Namun begitu, analisa perhitungan keuntungan yang cukup menggiurkan pada usaha ternak murai batu tadi, tentunya tidak serta merta mudah untuk di dapatkan, karena tentu saja pada setiap bidang usaha terlebih pada bidang peternakan akan terdapat berbagai kendala yang menyertainya. Jika ada peternak murai batu yang cukup sukses itu tidak lepas dari keuletan, ketekunan dalam perjuangannya menjalankan usaha yang pastinya tidak mudah dan memerlukan pengalaman yang panjang.

Baca juga artikel peluang usaha budidaya sayuran organik